Tanam Pohon di Bogor Jadi Awal KLHK Rehabilitasi Lahan dengan Pendekatan Tapak

oleh -178 kali dilihat
Tanam-Pohon-di-Bogor-Jadi-Awal-KLHK-Rehabilitasi-Lahan-dengan-Pendekatan-Tapak

Klikhijau.com – Penanaman pohon di Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Rumpin Bogor menjadi awal upaya sistimatis KLHK untuk merehabilitasi lahan dengan pendekatan tapak.

Kegiatan penanaman ini juga merupakan rangkaian Peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-36, yang mengangkat tema “Hutan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat”. Peringatan Hari Bhakti Rimbawan kali ini juga sekaligus memperingati Hari Hutan Internasional ke-7 yang jatuh pada tanggal 21 Maret nanti.

“Tapak demi tapak kita tanami, sehingga tapak demi tapak pula ia akan menghijau, sampai akhirnya satu landscape besar akan menghijau karena tertanami seluruhnya,” ujar Menteri LHK Siti Nurbaya melalui sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, di Rumpin (16 Maret 2019).

Menteri Siti juga menambahkan bahwa menurutnya menanam pohon sama dengan sedang menanam doa, menanam harapan, dan menanam kerja kita semuanya untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang.

Dikatakannya juga jika menanam pohon adalah upaya manusia merawat alam dan kehidupan, maka jika kita asal dalam menebang pohon akhirnya bencana, seperti banjir yang datang dan akan menyusahkan kita, menyusahkan rakyat.

KLIK INI:  Hari Bakti Rimbawan Ke-36, Tanam Pohon Bersama di Taman Buru Ko'mara

Pada tahun 2019, KLHK mendapatkan mandat dari Presiden Jokowi untuk bekerja keras melakukan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL). Target yang ditetapkan jauh lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu mencapai luasan sekitar 688 ribu ha, yang terdiri dari 207 ribu hektar yang tangguh jawab dan dananya bersumber dari APBN, serta 482 ribu ha yang tanggung jawab dan dananya berasal dari Pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

“Sesuai pesan Presiden bahwa penanaman tidak hanya berhenti dengan menanam pohon, tetapi harus dipastikan hasil tanaman itu tumbuh menjadi hutan,” ujar Bambang Hendroyono saat diminta keterangannya usai memimpin kegiatan menanam di KHDTK Rumpin.

Bambang menambahkan, Presiden Jokowi menegaskan agar dilakukan reklamasi dan RHL secara besar-besaran mulai tahun 2019. Upaya ini harus dilakukan melalui gerakan penananam secara nasional di seluruh Indonesia.