Tampil di Penutupan Gakkum Festival 2019, Begini Pesan Iwan Fals!

oleh -180 kali dilihat
Tampil di Penutupan Gakkum Festival 2019, Begini Pesan Iwan Fals!
Menteri LHK, Siti Nurbaya dan Iwan Fals

Klikhijau.com – Dalam penutupan Gakkum Festival 2019 yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), musisi legendaris Tanah Air, Iwan Fals menyampaikan pesan lingkungan bagi peserta yang hadir.

Pesan itu, Iwan serukan lewat lagu-lagunya yang kritis dan menggelitik. Iwan Iwan memberikan kesadaran untuk menjaga lingkungan.

Pada lagu pertamanya berjudul “hutan”, Iwan membuat penonton bersorak riuh. Mengenakan jaket coklat dan topi dan celana senada, ia pun melantunkan masalah pelestarian dalam lagu.

“Lestarikan hutan hanya celoteh belaka, lestarikan hutan kenapa tidak dari dulu saja,” potongan lirik lagu tersebut.

Dalam kesempatan itu, Iwan mengapresiasi langkah KLHK, terutama Polisi Kehutanan yang dibentuk untuk mengamankan hutan dan satwa liar.

“Saya tidak bisa membayangkan betapa sulitnya perjuangan polisi hutan ini luar biasa. Jauh dari keluarga, jauh dari mall. Karena saya lihat di media massa serem banget nih lihatnya, cerita-cerita tentang hutan ini,” ujarnya selepas membawakan lagu pertama di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Kamis (25 Juli 2019).

KLIK INI:  Program Adipura dan 5 Permasalahan Mendasar Soal Persampahan

Semua lagu yang dibawakan Iwan bertema lingkungan. Seperti lagu berjudul ‘Si Rimba dan dilanjutkan lagu berjudul ‘Pohon untuk kehidupan’. Lagu-lagu itu seolah mewakili masalah lingkungan saat ini.

“Bahkan Budha pun mendapatkan pencerahan dari pohon. Saya muslim, saya diajarkan bahwa kiamat itu sebentar lagi, pokoknya kita harus bisa tanam pohon walaupun sebibit saja. Kalau kita menanam percayalah pohon itu berzikir untuk kita. Dulu saya pernah ke mentawai, kepercayaan orang mentawai itu bahkan tuhan-tuhan itu ada di daun-daun. Jadi kebayang ya gimana perasaannya orang-orang mentawai itu, ” ujarnya di sela-sela lagu yang dibawakan.

“Andai besok kiamat tiba, tanam pohon janganlah ditunda, teruskanlah jangan berhenti alam lestari, ” potongan syair tersebut.

Tak cuma bertema lingkungan, Iwan juga membawakan lagu andalannya seperti Bento, Bongkar, dan juga lagu berjudul ‘kedamaian.

Kehadiran Iwan Fals memang menjadi spesial di penutupan rangkaian kegiatan Gakkum Festival 2019.

Dalam kesempatan itu hadir pula Menteri LHK, Siti Nurbaya yang turut naik ke atas panggung bernyanyi bersama dengan sang idola.

“Kesayangan juga ini Iwan Fals. Lagunya waktu dulu yang paling selalu berdengung dalam hati saya tuh (judul) ku menanti seorang kekasih, ” ujar Siti sambil meminta Iwan menyanyikan satu lagi lagu penutup.

KLIK INI:  Menanti Indonesia Bebas Merkuri Tahun 2030