Taman Integritas, Ruang Tunggu Bernuansa Hijau di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar

oleh -41 kali dilihat
Taman Integritas, Ruang Tunggu Bernuansa Hijau di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar
Suasana di Taman Integritas, Kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar - Foto: Ist

Klikhijau.com – Matahari sedang terik sekira pukul 13.00 saat kami sedang menunggu antrian pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar, Senin (05/12/2022).

Tidak masalah, Kantor Imigrasi rupanya telah menyiapkan taman yang sekaligus jadi ruang tunggu. Namanya “Taman Integritas”. Di taman ini orang-orang dapat bersantai bahkan istirahat sejenak menunggu nomor antrian.

Tidak hanya itu, anak-anak juga dapat bermain di area taman yang telah disematkan karpet hijau, rumput sintetis. Jangan lupa berswafoto ria berlatar bunga warna-warni atau di gazebo mungil dengan property dedaunan hijau.

Suasananya cukup menyenangkan, meski matahari begitu terik di siang hari, pepohonan rindang di sekeliling taman jadi pelindung alami. Angin sepoi-sepoi menerpa lembut.

KLIK INI:  Ingin Cantik? Gunakan Rumput Laut untuk Perawatan Kulit

“Enak sekali di sini. Meski antrian lama, anak-anak menikmati bermain. Bagus sekali tempatnya. Menunggunya tidak terasaji,” kata Romlah (56) seorang pemohon paspor.

Selain untuk bersantai dan beristirahat, para pemohon paspor juga dapat menikmati akses internet gratis di taman ini tanpa password. Kecepatan intenetnya juga lumayan oke.

taman integritas
Suasana siang di Taman Integritas – Foto: Ist

Sembari menunggu, saya sempat membuka laptop dan mengerjakan beberapa pekerjaan. Kecepatan internet plus suasana taman yang sejuk memudahkan saya menuntaskan beberapa hal di laptop.

Oya, pengunjung juga dapat memesan makanan dan minuman dari penjual-penjual di samping kantor imigrasi. Tersedia segala rupa, mulai dari makanan berat, kue-kue hingga minuman. Makanan dan minuman ini bisa dibawa masuk dan dinikmati sembari duduk manis di taman.

KLIK INI:  Bagi Nadia, Memungut Sampah Adalah Bakti Cinta

Kamu bisa memilih melantai di karpet yang lumayan bersih, bersimpuh di gazebo atau duduk di kursi kayu. Ada pula kursi-kursi santai di tengah taman yang telah dicat warna-warni, tentu pas pula berswafoto.

Menariknya, taman ini menyiapkan tempat sampah yang cukup banyak. Bila dihitung-hitung jumlahnya, ada sekita 15 buah tempat sampah tersebar di segala titik taman. Meski begitu, masih ada pula pengunjung yang iseng membuang sampah sembarangan di atas karpet taman.

Taman integritas kabarnya diresmikan pemanfaatannya oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Razilu pada Jumat (25/03/2022). Taman ini bisa menginspirasi kantor-kantor layanan publik lainnya untuk juga menyiapkan taman atau ruang publik yang representatif.

Peran kantor pemerintah dan swasta memang sangat diperlukan untuk menumbuhkan Kawasan taman hijau demi memenuhi standar Ruang Terbuka Hijau (RTH). Seperti diketahui, RTH di Makassar masih di angka 9,1 persen, masih sangat jauh dari kewajiban akses RTH sebesar 30 persen.

KLIK INI:  Begini Pandangan Islam tentang Kolam Ikan Depan Rumah!