Tak Sekadar Lucu, Film Kartun Ini Sisipkan Pesan Pentingnya Menjaga Lingkungan

oleh -520 kali dilihat
Film Happy Feet/foto-Microsoft
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Di rumah, ada dua ponakan saya yang masih kecil. Seperti kebanyakan anak kecil lainnya—hobinya nonton film kartun.

Film kartun bagi anak kecil kerap menjadi media untuk menenangkannya dari kerewelan. Namun, kita juga dengan mudah akan temukan orang dewasa menyukai film kartun.

Apalagi jika film kartun khas Jepang yang lebih dikenal anime. Penggemarnya sungguh banyak, mulai dari kecil hingga dewasa, bahkan barangkali ada juga orang tua menyukainya.

KLIK INI:  Trashed dan 4 Film Lainnya akan Ubah Sikap Cuek pada Lingkungan Jadi Cinta

Selain menghibur karena lucu, film kartun atau anime kerap pula disisipi pesan-pesan positif, bahkan ada beberapa film anime yang menyisipkan pesan menjaga lingkungan.

Berikut ini Hafida Indrawati mengulas beberapa film anime yang dipublikasikan di superkidsindonesia.com. Film kartun yang dianggap menyisipkan pesan agar memperlakukan alam dengan baik:

  • Happy Feet

Bagaimana kalau ikan di lautan terus berkurang? Apa akibatnya kalau polusi laut terjadi? Walau plot film “Happy Feet” adalah tentang penguin Mumble yang belajar menari, ada informasi dahsyat seputar kehidupan di laut Antartika.

Rantai makanan mulai terputus. Hewan pemakan ikan seperti penguin terancam bahaya kelaparan, bila semua ikan ditangkap para nelayan. Proses penangkapan besar-besaran dengan juga mencemari air di kawasan tersebut. Nah, kalau ikannya habis, penguin beserta hewan pemakan ikan lainnya, bakal ikutan punah. Mau?

  • Finding Nemo

Ini juga masih seputar ikan dan kehidupan bawah laut. “Finding Nemo” yang dirilis 12 tahun lalu menyampaikan pesan moral pada kita untuk nggak sembarangan memancing ikan, terutama yang tergolong langka.

Nemo si ikan badut nggak sengaja terjaring dalam jala para pemancing. Ayahnya berusaha keras mengejar dia kembali. Nemo yang malang dikirim ke akuarium seorang dokter gigi, memisahkan ia dari keluarga dan kelompoknya.

  • Wall-E

Bila manusia nggak juga menyadari bahaya sampah yang makin menumpuk mengotori Bumi, kelak semua harus menyingkir meninggalkan planet ini. Bumi masa depan nggak sanggup lagi menjadi hunian manusia.

KLIK INI:  Hari Kartini dan Hari Bumi, Begini Pesan Pendaki Muslimah Cantik Ini!

Dalam film “Wall-E”, robot kecil WALL-E (Waste Allocation Load Lifter-Earth-Class) diprogram untuk melakukan pembersihan global. Dia kesepian berada di tahun 2700, era saat setiap inci permukaan Bumi tertutupi sampah busuk. Jelas sekali kita diajak mengurangi sampah dan limbah lain yang membuat Bumi makin rusak.

  • Over the Hedge

Penebangan hutan sudah jadi isu yang tak ada habisnya sejak dulu. “Over the Edge” mengingatkan kita tentang ini sekali lagi lewat sisi berbeda, yaitu pandangan para penghuni hutan. Mereka kebingungan karena harus mencari tempat tinggal baru, karena hutan habis ditebangi dan diganti menjadi kawasan pemukiman manusia.

***

Jika sahabat hijau memiliki jenis anime yang mengandung pesan agar menjaga lingkungan, bolehlah dibagi.

KLIK INI:  Klik Ini, Pesan Siti Nurbaya Bagi Perempuan Pelestari Lingkungan