Suka Kuliner Berkuah? Ini 5 Kuliner Berkuah Khas Sulsel yang Harus Kamu Nikmati

oleh -794 kali dilihat
Kapurung
Kapurung/foto-kuliner.ilmci.com
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Sulawesi Selatan selalu memiliki daya tariknya sendiri, baik budaya, alam maupun makanan atau kuliner khasnya. Jika kamu ke Sulsel dan penyuka kuliner berkuah. Kamu harus mencoba lima kuliner berkuah ini:

  • Coto Makassar

Jika menyebut kuliner Sulsel, pasti yang pertama terbayang adalah coto makassar. Kuliner ini tergolong populer dan menjadi salah satu ikon makanan khas Sulawesi Selatan. Bahan dasar membuat coto makassar adalah daging sapi, dan kuahnya terbuat dari berbagai macam rempah, dan kacang tanah sangrai.

Kuahnya yang kental akan komplit dengan tambahan irisan daun bawang, bawang goreng, dan perasan jeruk nipis. Dan biasanya coto makassar ini akan disantap dengan tambahan ketupat.

KLIK INI:  Walau Dikenal Berkolesterol Tinggi, Ini Manfaat Istimewa Daging Kepiting
  • Sop Konro

Sop konro juga termasuk salah satu kuliner populer khas dari Sulawesi Selatan. Kelezatannya juga tidak kalah dengan coto makassar. Bahan utama dari makanan ini adalah iga sapi. Sedangkan kuahnya sangat menggoyang lidah karena dibumbui berbagai rempah, mulai dari ketumbar, pala, kayu manis, cengkeh dan lainnya.

Citarasa masakan yang satu ini gurih  dan bikin nagih. Sama seperti coto makassar, sop konro ini juga biasanya disajikan dengan buras atau ketupat. Karena sangat populer, makanan ini bisa dengan mudah kamu temui di berbagai warung makan di Sulawesi Selatan.

  • Pallubasa

Kalau dilihat sekilas pallubasa ini mirip dengan coto makassar. Namun tentu saja isi dan rasanya berbeda. Bahan utama pallubasa adalah jeroan sapi atau kerbau, dan kuahnya dicampur dengan kelapa parut sangrai yang ditumbuk halus.

KLIK INI:  Tedong Pallubasa, Hidangan Bersejarah yang Menggoyang Lidah

Saat dihidangkan, biasanya pallubasa dilengkapi dengan telur yang direbus setengah matang, dan disantap dengan nasi. pallubasa memang tidak sepopuler coto makassar, tapi tetap menggoda selera

  • Sop Saudara

Nama makanan yang satu ini unik banget ya, sop saudara. Makanan ini merupakan makanan yang berasal dari Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Berbahan dasar daging sapi, yang dilengkapi dengan bihun, perkedel kentang, telur rebus, dan jeroan sapi.

Kuahnya tidak sekental kuah coto makassar, namun tidak kalah gurih rasanya karena kaya akan rempah-rempah. Masyarakat Sulawesi Selatan biasa menyantap makanan ini dengan nasi, dan ikan bolu (bandeng) bakar.

  •  Kapurung

Namanya mungkin masih cukup asing  di telinga kamu, karena memang makanan ini tidak sepopuler coto makassar atau sop konro. Kapurung adalah makanan khas masyarakat daerah Lawu, Palopo, Sulawesi Selatan.

Bahan dasar kapurung adalah tepung sagu dan ditambahkan dengan sayuran, jagung, Ikan, daging ayam, dan aneka seafood. Masyarakat Luwu biasa menyantap kapurung secara langsung atau memakannya dengan nasi.

Jika benar kamu berkunjung ke Sulsel, makanan di atas sangat mudah ditemui. Kamu tinggal memilih di warung mana akan mampir.

KLIK INI:  Sarasehan WALHI Sulsel, Serukan Kolaborasi Jaga Ekosistem Esensial