Sobat Bumi Makassar Ajak Pengendara Ikut Aksi “Satu Menit untuk Bumi”

oleh -335 kali dilihat
Sobat-Bumi-Makassar-Ajak-Pengendara-Ikut-Aksi-Satu-Menit-untuk-Bumi

Klikhijau.com – Sobat Bumi Makassar menggelar aksi “Satu Menit untuk Bumi”. Aksi ini berlangsung di sekitaran lampu lalu lintas Pettarani – Urip Sumoharjo, Minggu (31/3/2019).

Aksi hijau ini diikuti oleh anggota dan calon anggota Sobat Bumi Makassar, sebanyak 26 orang turun ke jalan mengajak pengendara untuk mematikan mesin kendaraan selama satu menit.

“Aksi ini berjalan dengan lancar dengan banyaknya masyarakat yang merespon aksi yang dilakukan, yakni dengan mematikan mesin kendaraannya dan memberikan sampah dari mobilnya”, ungkap Satriawan, leader project Satu Menit untuk Bumi.

KLIK INI:  Gandeng Komunitas Lingkungan, BRC Bersihkan Pantai Losari dari Sampah Plastik

Calon anggota Sobi ini juga menambahkan bahwa aksi ini bertujuan untuk mengurangi polusi kendaraan yang ada di jalan, walaupun selama satu menit saja, namun bermanfaat. Sehingga, hal-hal seperti ini perlu dilakukan lebih lanjut, mengingat hal tersebut adalah hal positif yang dapat melindungi bumi.

Rusmianti, mahasiswa FKM Unhas menyampaikan, “Aksi ini menyadarkan kita bahwa mematikan kendaraan saat lampu merah dapat mengurangi polusi udara.” Perempuan yang juga menjadi pendamping kelompok ini berharap bahwa aksi kecil seperti yang telah dilakukan bisa menjadikan bumi lebih baik.

Kegiatan ini merupakan aksi kedua dari proses rekrutmen anggota dari Sobat Bumi Makassar. Calon anggota yang dibagi ke dalam tiga kelompok ini akan melakukan aksi di tiap pekannya. Aksi pertama adalah Act for SDGs yang dilakukan dengan mengajak masyarakat di sekitar Tanjung Bayang Makassar, yakni dengan membersihkan pantai dari sampah plastik. Sementara aksi ketiga akan digelar pada pekan selajutnya, akan menjadi aksi terakhir dalam rangkaian proses Recruitment Sobi.

KLIK INI:  Bukan Sekadar Arisan, Ibu-Ibu di Buton Kampanyekan Penyelamatan Lingkungan

“Harapannya, dengan adanya aksi seperti ini, calon anggota Sobi Makassar akan berproses selama persiapan. Menggunakan metode learning by doing diharapkan akan tertanam ‘rasa mementingkan lingkungan’ dengan baik pada diri calon anggota Sobi”, ujar Indah Windy, anggota Sobi yang juga mahasiswa S2 Kedokteran Hewan Unhas.

Sobat Bumi Makassar Ajak Pengendara Ikut Aksi “Satu Menit untuk Bumi”

Sobat Bumi Makassar atau disingkat Sobi, adalah salah satu organisasi lingkungan yang ada di Kota Makassar. Sobi Makassar ini merupakan region dari Sobat Bumi Indonesia. Dengan slogan ‘Cintai Bumi, Selamatkan Bumi’, Sobi mewadahi anak muda Kota Daeng untuk belajar, berbagi dan bergerak bersama menyuarakan isu-isu lingkungan sejak 2014.

KLIK INI:  Perangi Sampah Plastik, 18 Miliar Uang AS Mengalir ke Indonesia