Selamat Lebaran, Selamat Hari Lingkungan Hidup Juga!

oleh -494 kali dilihat
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Selamat hari raya idul fitri 1440 Hijriah, mohon maaf lahir bathin. Hari ini, 5 Juni 2019 tentu hari paling menggembirakan bagi penduduk muslim mayoritas di Indonesia. Hari kemenangan dan momentum merawat silaturrahmi dengan tradisi mudik.

Di tengah riuh dan keceriaan lebaran ini, bertepatan pula dengan hari lingkungan hidup sedunia (World Environment Day) yang diperingati setiap tanggal 5 Juni. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana momen hari lingkungan juga meriah di Indonesia. Momen hari lingkungan hidup kali ini redup karena bersamaan dengan perayaan lebaran.

Walau begitu, momen hari lingkungan hidup sedunia selalu penting untuk diingat. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tidakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi. Hari Lingkungan Hidup diperingati sejak tahun 1972 dan ditetapkan oleh Majelis Umum PBB.

KLIK INI:  Lebaran Kali Ini Lebih ‘Hijau’, Bisakah?

Tahun ini, Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengusung tema “Connect with Nature” dan akan dirayakan di Kanada. “Connect with Nature” memiliki misi untuk mengajak penduduk bumi berinteraksi dengan alam, mengenali, dan menikmati keindahan alam sehingga tergeraklah keinginan untuk melindungi bumi.

Berbagai negara di dunia juga melakukan banyak aksi hijau di momen hari lingkungan hidup. Dikutip Wikipedia, di Republik Nepal momen hari lingkungan diperingati dengan melibatkan anak-anak sekolah. Semua siswa Kelas 1 sampai Level A diwajibkan untuk menghadiri program-program penghijauan di wilayah mereka masing-masing di bawah pengawasan Pemerintah Nepal dan SOS Children’s Villages. Banyak perlombaan menggambar dan kesenian yang diadakan pada hari lingkungan hidup.

KLIK INI:  Apakah Masjid di Sekitar Rumah Anda, Ramah Lingkungan?

Bagaimana dengan di Indonesia? Setiap tahun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar banyak kegiatan setiap 5 Juni melalui pameran lingkungan. Kegiatan yang meriah itu biasanya melibatkan semua stakeholder antara lain internal KLHK  pusat dan daerah, pihak swasta, aktivis lingkungan dan pemerintah daerah. Tujuannya adalah membangun kesadaran kolektif bahwa persoalan lingkungan adalah tanggungjawab bersama.

Selamat lebaran, selamat hari lingkungan hidup sedunia!

KLIK INI:  Korporasi Perlu Selaraskan Aksinya dalam Visi Pembangunan Berkelanjutan