SalassaExpo 2024, Upaya Bersama Membangun Desa yang Lebih Tangguh dan Berkelanjutan

oleh -15 kali dilihat
SalassaExpo 2024, Upaya Bersama Membangun Desa yang Lebih tangguh dan Berkelanjutan foto/Ist

Klikhijau.com – Komunitas Swabina Pedesaan Salassae (KSPS) berkolaborasi dengan pemerintah desa dan seluruh lapisan masyarakat di Desa Salassae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, untuk menyelenggarakan SalassaExpo 2024. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 25-27 Juni 2024 di Pasar Rakyat Desa Salassae dengan tema “Bersatu Bangun Desa”.

SalassaExpo 2024 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ketahanan pangan, pertanian alami, dan aksi adaptasi mitigasi perubahan iklim. Acara ini akan menghadirkan berbagai narasumber dari kalangan pemerintah, NGO, dan organisasi pendukung, serta menampilkan berbagai karya inovasi terkait pangan lokal, adaptasi perubahan iklim, dan program kelembagaan tingkat lokal.

Ada beberapa poin penting dari SalassaExpo 2024, di antaranya adalah mengangkat ketahanan pangan, pertanian alami, dan aksi adaptasi mitigasi perubahan iklim sebagai isu utama.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari pemerintah dan organisasi non pemerintah. Dukungan pemerintah datang dari Badan Penanggulangan Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan Lahan Wilayah Sulawesi, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Wilayah Sulawesi dan Maluku, Balai Perbenihan Tanaman Hutan Wilayah II Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bulukumba, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bulukumba, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bulukumba, Kepala Desa Salassae.

KLIK INI:  Keren, 12 Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Siap Operasi Tahun Ini

Sedangkan dukungan dari organisasi non pemerintah, yakni dari Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bulukumba, Balang Institute, Mitra Pelaksana Program Inisiatif Balantieng

Sementara untuk organisasi pendukung adalah Asiadhrra, Agricord, IFAD, UNDP, GEF-SGP Indonesia, dan Bina Desa.

Pada kegiatan SalassaExpo 2024 untuk Pameran Produk dan Promosi Kelembagaan akan menampilkan karya inovasi terkait pangan lokal, adaptasi perubahan iklim, dan program kelembagaan tingkat lokal, di antaranya, Program Gerobak MAS Pemerintah Desa Salassae, Program Lingkungan karangtaruna Desa Salassae,  Program kampung Iqra, Pengembangan Pertanian alami berbasis kawasan di Desa Salassae, Pengembangan Kampung Sapi, Pengembangan Kawasan Wisata di Lembag Subur dan Lembah Kantang Salassae, dan Pengembangan Simpul Belajar Bahasa Inggris oleh Lembah Kantang Institute.

KLIK INI:  Menilik Peta Jalan Perdagangan Karbon di Indonesia
Dimeriahkan dengan lomba

Kegiatan SalassaExpo 2024  ini juga akan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan, yakni lomba penataan pekarangan, lomba peragaan pangan lokal, lomba domino, pertandingan catur, lomba kesenian rakyat ganrang bulo, dan lomba membuat kalung sapi serta pementasan kesenian rakyat oleh artis lokal.

SalassaExpo 2024 diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk belajar dan bertukar informasi tentang ketahanan pangan, pertanian alami, dan adaptasi perubahan iklim, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam membangun desa yang lebih maju dan sejahtera.

Mari hadiri SalassaExpo 2024 dan dukung upaya bersama untuk membangun desa yang lebih tangguh dan berkelanjutan!.

KLIK INI:  Ini Kesan dan Pesan Anak Muda Makassar dari #AksiMudaJagaIklim