Saat Mudik, Anda Bisa Berkendara dengan Ramah Lingkungan, Ini Caranya!

oleh -142 kali dilihat
Siap Mudik, Ini 7 Tips Mudik Ramah Lingkungan!
Ilustrasi mudik/foto-Inilah.com
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Mudik dan lebaran, dua hal yang saling melengkapi, khususnya  bagi masyarakat Indonesia.  Lebaran tanpa mudik, apalagi lebaran idul fitri serasa kekasih yang kehilangan kekasihnya, begitupun sebaliknya.

Jauh hari sebelum lebaran, harga tiket, baik pesawat, kapal laut, dan kereta api biasanya menanjak, diikuti ketersediaan yang menipis. Karenanya, banyak pemudik yang memilih mudik menggunakan kendaraan sendiri alias pribadi, entah motor atau mobil.

Namun, tahukah Anda, saat berkendara kerap kita menjadi tak ramah lingkungan. Padahal sangat memungkinkan kita berpastisipasi membuat Bumi ini bernapas lebih sehat, menciptakan lingkungan yang bersih meski sedang berkendara.

KLIK INI:  Apa Nikmatnya Mudik dengan Membawa Tumbler?

Bagaimana caranya, sewamobilcirebon.co.id membagi tips berikut ini:

  • Yakinkan mobil Anda memperoleh perawatan dengan cara teratur, bila mobil kurang dirawat, jadi Anda bakal mengonsumsi lebih dari 50% bensin. Hal tersebut pasti tidak baik untuk lingkungan serta dompet Anda.
  • Kurangi berat mobil yang terlalu berlebih, seperti singkirkan beberapa barang yang masih ada di atap mobil (roof racks).
  • Pikirkan untuk merampingkan mobil Anda. Apakah pilihan yang logis bila Anda berkendara sendiri dengan mobil besar? Dengan memakai mobil yang lebih kecil, Anda pun dapat menghemat bahan bakar serta ongkos perawatan pula.
  • Awasi selalu kecepatan berkendara Anda. Umumnya mobil bakal lebih efektif bahan bakarnya, bila dipacu pada kecepatan 80 km/jam, penambahan kecepatan 10km/jam ke atas, pengemudi condong kehilangan 6% efisiensi bahan bakar.
  • Mudik  dengan cara bersama-sama. Apakah Anda mempunyai seseorang rekan atau anggota keluarga yang bakal mengadakan perjalanan yang sama juga dengan Anda? Sharing tumpangan ialah usaha yang paling baik untuk menghemat duit serta bensin.
KLIK INI:  Demi Wujudkan Mudik Asyik Tanpa Plastik, KLHK Surati Pemda se Indonesia
  • Rencanakan perjalanan Anda sebaik-baiknya, dengan pertimbangan bensin serta ongkos yang bakal di habiskan. Diprediksikan sejumlah 400 ribu ton bensin habis di jalan raya, akibat mobil tersesat di perjalanan.
  • Awasi pula tekanan pada ban mobil Anda. Janganlah dibiarkan tekanan ban terlalu rendah, lantaran mengakibatkan bakal mengonsumsi ongkos perawatan yang mahal serta banyak bensin pula yang terhambur.
  • Ubahlah filter udara bila diperlukan. Buku tips di dalam mobil, umumnya dapat mengarahkan Anda untuk lakukan hal semacam ini.
  • Pakai kualitas oli yang sesuai terhadap tingkat kekentalan serta cocok dengan spesifikasi mobil Anda. Jauhi pemakaian oli yang murah dengan dalih penghematan, lantaran efek yang bakal diakibatkan masa datang bakal tambah lebih mahal, dibanding Anda gunakan oli mahal di awal.

Berkendara dengan cara ramah lingkungan selama mudik lebaran maupun waktu lainnya tak cuma memelihara lingkungan hidup supaya tetaplah bersih, namun dapat pula menghemat anggran Anda.

Karenanya dianjurkan supaya Anda ikuti panduan ini sebisa-bisanya. Awalilah dengan suatu hal yang kecil, seperti merubah rutinitas berkendara Anda, serta lanjutkan usaha itu supaya Anda menjadi pengendara ramah lingkungan!

KLIK INI:  Hendak Mudik dengan Rasa Cinta Pada Lingkungan, Ikuti Tips Ini!