Waspadai Bahaya Pestisida Buah dan Sayuran! Ini Tipsnya Agar Bersih

Publish by -61 kali dilihat
Waspadai Bahaya Pestisida pada Buah dan Sayuran! Ini Tips Agar Bersih
Ilustrasi mencuci buah dan sayuran

Klikhijau.com – Pakar kesehatan menyarankan agar kita banyak mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran. Bahkan sayuran disebut makanan yang murah, namun memiliki beragam vitamin dan serat yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun, di balik itu terdapat bahaya yang mengancam – pestisida. Saat ini, hampir 100 persen buah dan sayur tak lepas dari pestisida bahkan untuk sayuran organik. Begitulah yang ditulis Gita Amanda di laman Republika.co.id.

Dilansir dari laman Liputan6.com yang dipublish Asnida Riani, akumulasi mengonsumsi pestisida bisa menimbulkan berbagai penyakit kronis.

Banyak penelitian membuktikan bahwa paparan pestisida dapat berhubungan dengan peningkatan penyakit kanker, alzheimer, diabetes hingga penyakit neurodegenaratif.

KLIK INI:  Suka Jus Buah? Cobalah Jus Ini dan Rasakan Manfaatnya!

Ancaman buruk pestisida yang membayangi makanan sehat tersebut mengharuskan kita bijak dalam mengolahnya.

Berikut tips membersihkan buah dan sayuran sebelum dikonsumsi untuk mengurangi bahkan menghilangkan pestisida.

# Cuci dengan garam

Dalam jurnal Food Control, penelitian menemukan bahwa mencuci sayuran dengan larutan garam mampu membersihkan permukaannya dari pestisida sekitar 10 persen lebih baik dari air biasa.

Cukup larutkan 1 sendok makan garam ke dalam 1 liter air. Rendam selama 20 menit lalu gosok dan bilas hingga bersih.

Mencuci buah dan sayur dalam larutan garam bisa menghilangkan residu dari empat pestisida umum.

# Rendam dengan cuka

Masih dari jurnal Food Control yang diterbitkan tahun 2003. Dalam penelitian tersebut dituliskan, merendam buah dan sayuran dalam cuka selama 20 menit terbukti mampu membersihkannya dari pestisida.

Cuka dan air dapat mengurangi jumlah bakteri salmonella pada kulit luar secara signifikan dibanding jika dicuci dengan air saja.

Cuka adalah salah satu bahan yang bisa menghilangkan pestisida pada budah dan sayuran. Mencuci buah dan sayur bisa menggunakan cuka apel untuk menghilangkan pestisida.

Begitulah yang dikatakan Max Mandias, seorang juru masak menu vegetarian yang juga ahli mengolah makanan sehat. Kalimat Max ini dikutip dari Okezone.com.

KLIK INI:  Air Tebu dan Air Gula, Ini 4 Perbedaan Kandungannya

Caranya mudah menurut Max. Larutkan saja satu sendok makan cuka untuk dua liter air dan rendam selama lima menit kemudian bilas dengan air bersih.

Cara lain yaitu mengisi wastafel dengan air dan tambahkan satu cangkir cuka ke dalamnya. Kemudian bilas sayur dan buah dengan campuran air cuka.

# Cuci dengan baking soda

Penelitian yang diterbitkan Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa baking soda yang dilarutkan dengan 100 ml air mampu membersihkan buah dan sayur dari pestisida dengan sangat efektif.

Cukup rendam buah dan sayur selama 12-15 menit, lalu gosok dan bilas dengan air mengalir setelahnya.

# Cuci dengan air kunyit

Salah satu rempah yang memiliki sifat anti bakteri dan dapat membunuh kuman adalah kunyit. Siapkan saja semangkuk air tambahkan dengan 5 sendok bubuk kunyit lalu masukkan buah dan sayur.

Bilas dengan air biasa hingga bersih. Cara ini busa membantu menghilangkan kotoran dan sisa pestisida yang menempel pada sayuran ataupun buah.

# Mengupas kulitnya

Selain mencuci atau merendam buah dan sayuran dengan bahan-bahan alami dapur, mengupas kulitnya juga adalah salah satu cara. Mengupas kulit buah bisa mengurangi sekitar 90 persen residu pestisida yang ada pada buah.

***

Selain 4 cara di atas, para ilmuwan di Connecticut Agricultural Experiment Station juga menemukan hal lain. Mereka menemukan bahwa mencuci buah dan sayur dengan air mengalir dapat mengurangi jumlah residu 9 dari 12 pestisida.

KLIK INI:  Makan Anggur Jangan Buang Bijinya, Ini Alasan Mengejutkan di Baliknya
Editor: Ian Konjo
Sumber: beberapa sumber

KLIK Pilihan!