Waspada Kolestrol di Momen Lebaran, Siaga dengan 6 Buah Ini!

oleh -16 kali dilihat
19 Makanan Terbaik untuk Sumber Energi, Melimpah dan Mudah Didapat!
Buah pisang merupakan buah yang dapat meningkatkan energi - Foto/Unsplash

Klikhijau.com – Hari raya seperti lebaran memang identik dengan makanan-makanan enak. Bahkan, sebagian diantaranya terbilang makanan bersantan dan daging-dagingan yang menjadi pemicu kolestrol tinggi.

Anda tentu tidak mungkin menghindari makanan enak di musim lebaran, betapa pun makan bersama keluarga adalah bagian dari kebersamaan. Makan bersama juga menggambarkan rasa syukur kita pada hari kemenangan.

Meski demikian, Anda tetap harus waspada sebap, kolesterol tinggi dapat memicu risiko kemunculan ragam gangguan kesehatan. Selain berusaha untuk tetap menjaga porsi makan agar tidak berlebih-lebihan, ada baiknya mengimbanginya dengan buah-buahan.

Buah-buahan merupakan jenis makanan yang baik untuk memenurunkan risiko terdampak bahaya kolesterol. Buah-buahan pada umumnya kaya akan serat yang larut dalam air.

Serat pada buah berfungsi mengikat asam empedu sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah.

Berikut ini beberapa buah-buahan yang perlu disiagakan demi mengimbangi serapan kolestrol jahat dalam tubuh di hari raya ini:

KLIK INI:  Tak Selalu Sehat, Jus Buah Bisa Sebabkan Diabetes Tipe 2 dan Kanker
  1. Apel

Apel terbilang satu buah yang tidak hanya lezat dimakan, tetapi juga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol. Buah apel mengandung pektin, yakni kandungan nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Pektin bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses.

Saat ini buah apel cukup tersedia di pasaran dengan harga terjangkau. Sembari menikmati masakan lezat yang berlemak, tidak ada salahnya menyiapkan buah apel sebagai penyeimbang.

  1. Pisang

Pisang merupakan buah yang paling familiar dalam masyarakat. Perlu diketahui bahwa buah ini memiliki manfaat penting dalam menjaga kadar kolesterol dalam darah agar tetap normal.

Kandungan zat inulin dalam buah pisang berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol yang didapatkan dari mengonsumsi berbagai jenis makanan. Dengan konsumsi pisang, kadar kolesterol dalam darah dapat dikendalikan.

Buah pisang terbilang melimpah dengan ragam jenis dan rasa, Anda dapat menyiapkan buah satu ini sebagai buah penyeimbang di momen hari raya ini.

KLIK INI:  Daun-Daun yang Diburu Jelang Lebaran
  1. Alpukat

Alpukat termasuk buah yang digemari karena dagingnya yang lezat. Buah ini sangat familiar diolah menjadi jus. Untuk diketahui, alpukat sangat efektif dalam mengendalikan kolesterol jahat. Buah satu ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat menjaga kesehatan jantung. Buah ini juga kaya akan vitamin, mineral, serta senyawa yang bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

  1. Jambu Biji

Buah jambu biji mengandung beragam nutrisi yang penting untuk membantu menjaga kesehatan jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah jambu biji terbilang mudah tumbuh sehingga mudah diperoleh.

Tidak hanya enak dan lezat, buah jambu biji juga mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah. Buah jambu biji bahkan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

  1. Buah Bit

Buah bit dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Horticultural Science & Biotechnology mengungkap bahwa rutin mengonsumsi buah bit dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  1. Berry dan Anggur

Kandungan serat larut dalam buah berry dan anggur ternyata sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dengan mendorong tubuh untuk membuat kolesterol dan menghentikan hati memproduksi senyawa ini. Rutin mengonsumsi berry dan anggur juga dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL sekaligus menurunkan kolesterol LDL.

Itulah 6 buah yang perlu disiagakan di musim lebaran agar Anda tidak terpapar kolestrol jahat. Selamat lebaran, mohon maaf lahir bathin….!

KLIK INI:  Coba Lakukan 7 Hal Ini, Agar Ketupat Tak Cepat Basi!