Waspada Kanker Ginjal, Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

Publish by -51 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Waspada Kanker Ginjal, Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
Waspada kanker ginjal/Foto-liputan6.com

Klikhijau.com – Tentu akan mengagetkan jika orang yang terlihat segar bugar tiba-tiba saja divonis menderita sakit oleh dokter, semisal kanker ginjal. Apalagi penyakitnya itu sudah berada pada tingkat stadium tinggi.

Begitulah yang dialami penyanyi muda berbakat Vidi Aldiano didiagnosis mengidap kanker ginjal stadium 3.

Menurut National Kidney Foundation, kanker ginjal adalah sebuah penyakit yang menyerang bagian ginjal. Ini terjadi saat perkembangan sel-sel sehat di salah satu atau kedua ginjal tidak terkontrol.

Akibat yang timbul dari kondisi ini adalah munculnya benjolan yang biasa disebut tumor.

KLIK INI:  Ini Alasan Bermain Gadget Anak-Anak dan Remaja Harus Dibatasi

Faktor-faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker ginjal adalah rokok, tekanan darah tinggi, obesitas, kelainan gen, dan kanker ginjal turunan.

Beberapa penelitian bahkan mengaitkan penggunaan NSAID seperti ibuprofen dan naproxen dengan peningkatan risiko kanker ginjal hingga 51%.

Umumnya, karsinoma sel renal adalah jenis kanker ginjal yang paling sering terjadi pada orang dewasa.

Kanker ini umumnya hanya menetap di ginjal. Tetapi, bisa juga menyebar ke organ penting lainnya, seperti paru-paru dan otak.

Lalu bagaimana Anda mengetahui bila penyakit ganas ini sudah menggerogoti tubuh? Jika mengalami sejumlah gejala berikut ini, sebaiknya Anda waspada.

# Sakit pada punggung atau pinggang

Umumnya, nyeri pada area punggung bawah dan pinggang terjadi apabila tumor telah membesar. Selain itu, tumor tersebut juga menekan jaringan di sekitarnya.

Pada kanker ginjal, nyeri atau sakit sifatnya menetap dan terus-menerus. Berbeda dengan penyakit batu ginjal atau infeksi saluran kemih di mana nyeri biasanya hilang-timbul.

# Merasa lemas dan lelah berkepanjangan

Perdarahan yang diketahui maupun tidak di saluran kemih akan membuat tubuh kekurangan darah secara perlahan. Ini akan membuat darah tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup.

Lama-kelamaan, tubuh dapat mengalami anemia dan membuat tubuh terasa lemas dan lelah berkepanjangan.

KLIK INI:  Patah Hati Bisa Sebabkan Kanker?
# Terdapat benjolan di pinggang atau punggung bawah

Kanker yang semakin membesar dapat menonjol ke punggung bawah atau pinggang pengidapnya. Hal tersebut memunculkan benjolan di pinggang atau punggung bawah.

Tak jarang pasien datang dengan keluhan benjolan pada pinggang yang mengganjal ketika mereka tidur atau duduk.

# Darah di urine

Darah pada urin akan terlihat langsung oleh mata. Umumnya cairan urine akan berubah warna menjadi pink, merah atau seperti minuman cola.

Di tingkat stadium awal, penyakit ini biasanya belum menimbulkan gejala urine berdarah. Tapi, beberapa kasus pula ditemui perdarahan pada saluran kencing yang tidak terlihat. Untuk itu harus dibuktikan oleh pemeriksaan urin di laboratorium.

# Hilangannya nafsu makan dan berat badan drastis

Kehilangan nafsu makan adalah salah satu ciri penyakit kanker. Penurunan nafsu makan ini dapat berujung pada malnutrisi dan berat badan yang turun drastis.

Umumnya, pengidap tidak dapat menemukan penyebab penurunan berat badan. Bahkan, tidak sedang dalam melakukan aktivitas yang membuat berat tubuh berkurang. Misalnya, olahraga ekstrem, diet dan lain sebagainya.

# Gejala lainnya

Selain gejala kanker ginjal di atas, kanker juga dapat terlihat dari beberapa kondisi lainnya. Misalnya, demam naik-turun, muncul benjolan di tempat lain, dan batuk berdarah.

Keringat malam mengucur dan peningkatan tekanan darah tinggi secara persisten juga bisa jadi gejalanya.

KLIK INI:  Mengolah Makanan Pakai Cara Ini Picu Darah Tinggi dan Kanker
Editor: Ian Konjo

KLIK Pilihan!