Wajib Dicoba, 4 Cara Ini Ampuh Usir Hama pada Tanaman Aglaonema dan Caladium!

oleh -3.592 kali dilihat
Aglaonema dan Keladi putih - Foto/Aglo, fb: Robi Yansah, Keladi, Ig:Iwan1510
Dian Pratiwi

Klikhijau.com – Merawat tanaman hias Aglaonema dan tanaman keladi (Caladium) memang sedang digandrungi banyak orang, namun tak jarang tanaman ini diserang hama. Bila ini terjadi, pertumbuhan dan daya pikat kedua tanaman idaman ini bisa bermasalah.

Namun, Anda tidak perlu cemas berlebihan apalagi frustasi, sebab ada cara praktis dan mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Artikel ini akan memandu Anda mencoba mengatasi hama tanpa perlu biaya besar.

Hama adalah hewan yang menjadi musuh alami tanaman termasuk Aglaonema dan Caladium. Ada beberapa jenis hama yang kerap menyerang tanaman hias seperti ulat, belalang dan kutu. Tak hanya merusak estetika dan pertumbuhan tanaman, hama bahkan bisa mematikan tanaman.

Berikut ini beberapa cara yang harus dilakukan untuk mengusir hama, agar tanaman  hias aglaonema dan tanaman keladi Anda tetap subur, sehat dan bebas hama.

KLIK INI:  Jangan Asal, Kenali Dosis dan Waktu Pemupukan 7 Tanaman Hias Populis Ini!
  1. Puntung Rokok

Poin pertama adalah menggunakan puntung  rokok. Sampah puntung rokok yang paling gampang ditemui ini ternyata bisa dimanfaatkan mengusir hama tanaman hias. Caranya siapkan 1 ons limbah puntung rokok, dan 7 liter air dalam wadah lalu rendam selama 4-7 hari. Kemudian saring hasil rendaman agar terpisah dari ampasnya, lalu campurkan 1 sendok teh sabun cuci piring.

Gunakan ramuan puntung rokok ini pada tanaman hias aglaonema dan keladi  untuk membasmi hama belalang dan ulat. Lakukan penyemprotan pada pagi dan sore hari. Cara praktis ini dapat mengusir jauh-jauh hama pengganggu yang menyebalkan.

  1. Kulit Jeruk

Kulit jeruk merupakan pestisida alami yang dapat mengusir hama pada tanaman. Caranya panaskan 1000 ml air begitu air mendidih, masukkan 300 gram kulit jeruk atau lemon, lalu angkat dan biarkan hingga dingin. Siram tanaman Anda menggunakan ramuan kulit jeruk. Lakukan 3 kali seminggu agar terhindar dari hama cabuk (yang berwarna putih pada daun dan batang tanaman).

  1. Minyak Sayur dan Sabun Colek

Ramuan ini juga termasuk dalam pestisida alami yang dapat mengusir hama pada tanaman. Caranya larutkan 1 sendok makan minyak sayur dan 1 sendok makan sabun colek dalam air 100 ml. Kocok hingga bahan tersebut menyatu, ramuan tersebut siap digunakan. Lakukan penyiraman pagi dan sore hari secara teratur pada tanaman Anda.

  1. Air Garam

Air garam ternyata sangat efektif mengusir hama pada tanaman aglaonema dan keladi Anda. Caranya larutkan 2 sendok makan garam ke dalam wadah yang berisi air hangat dalam jumlah air yang banyak. Tunggu hingga dingin, lalu lakukan penyiraman pada tanaman hias, lakukan 3 kali seminggu agar daun pada tanaman terhindar dari hama ulat.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar tanaman hias aglaonema dan keladi Anda terhindar dari hama yang dapat  merusak keindahan pada daun bahkan mematikan tanaman. Lihat pula Cara Merawat Aglonema Agar dapat Memanen Manfaat Terbaiknya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Caladium, Tanaman Hias yang Digadang-gadang Jadi Pesaing Berat Aglaonema