Usai Libur Lebaran, Begini Caranya Agar Tetap Fit dan Semangat Kerja

oleh -117 kali dilihat
Ilustrasi kerja
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Usai libur panjang, biasanya banyak pekerja yang menambah masa liburnya atau kadang kurang semangat saat pertama masuk kerja.

Takk bisa dipungkiri, liburan memang bisa membuat seseorang enggan untuk kembali ke rutinitas sehari-hari untuk bekerja.

Apalagi pada Lebaran kali ini, libur yang mencapai satu pekan lebih, kadang mematahkan semangat untuk bangun pagi dan melangkahkan kaki ke kantor.

KLIK INI:  5 Tips Menjaga Kulit dengan Telur, Klik Ini dan Ketahui Caranya!

Lalu bagaimana solusinya agar tetap semangat dan fit saat pertama masuk kerja usai lbur panjang, semisal libur lebaran tahun ini yang cukup lama.

Nisa Tri Kusuma mencoba mengungkapkan solusinya. Selamat membaca

  • Tiba lebih awal

Ketika kembali melakukan rutinitas, tak ayal kita selalu tergoda untuk datang lebih siang dari waktu yang telah ditentukan, hal ini biasanya dirasakan karena masih terbelit rasa malas seusai libur panjang. Namun, jika memang bisa datang lebih awal, usahakan datang pagi dan mulai kerja terlebih dahulu dari rekan kerja lainnya.

  • Mendengarkan musik

Studi yang dilakukan pada tahun 2013 oleh University of Missouri mengungkapkan, mendengar musik yang membangkitkan semangat, dapat mengembalikan energi positif. Dengan begini, motivasi bekerja pun akan lebih terangkat.

  • Olahraga

Cara efektif lain untuk mengalahkan ‘sindrom malas kerja’ pasca liburan adalah dengan melepaskan hormon endorfin melalui aktivitas fisik. Lakukan olahraga intensitas ringan seperti latihan kardio dan latihan beban. Dengan berolahraga, selain tubuh menjadi segar, Anda pun akan lebih semangat menjalani hari.

KLIK INI:  Ini Tips Agar Tetap Sehat Saat Konsumsi Menu Lebaran
  • Atur pola makan

Usai liburan, sebaiknya kita kembali mengontrol pola makan, dan memilih makanan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi, seperti salmo, alpukat, dan sayuran hijau. Selain itu, mengonsumsi blueberry dan teh hijau juga bagus untuk membantu fungsi memori jangka panjang.

  • Rapikan meja kerja

Salah satu hal yang bisa membuat malas untuk kembali bekerja adalah ketika Anda ‘disambut’ dengan tumpukan dokumen, surat atau benda-benda lain yang tergeletak di atas meja. Jangan hanya menatapnya saja, segera rapikan agar tidak membuat Anda semakin penat dan malas bekerja.

  • Singkirkan pengalih fokus kerja

Foto-foto liburan memang menarik dan tak membosankan untuk terus dipandang. Tapi, kalau Anda ingin segera kembali bekerja, matikan sejenak ponsel Anda atau tutup aplikasi media sosial agar pikiran Anda bisa lebih fokus.

Nah, apa pun alasannya, kembali bekerja usai libur adalah hal yang sangat penting.

KLIK INI:  Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari, Cobalah Tips Sederhana Ini!