TSCA Edukasi Warga melalui Film Dokumenter tentang Lingkungan

oleh -170 kali dilihat
TSCA Edukasi Warga melalui Film Dokumenter tentang Lingkungan
TSCA Edukasi Warga melalui Film Dokumenter tentang Lingkungan

Klikhijau.com – Tropis Selawesi Cinta Alam (TSCA) menggelar Bhakti Sosial di Dusun Baru Desa Bonto Manurung Kecamatan Tompo Bulu’ Kabupaten Maros pada Sabtu 19 Oktober 2019. Acara ini sebagai rangkaian peringatan Milad ke-29 TSCA.

TSCA adalah organisasi cinta alam dan juga pemerhati lingkungan yang berdiri tahun 1990. Memiliki misi untuk pelestarian dan edukasi tentang lingkungan hidup berdasarkan kode etik pencinta Alam. Dusun Baru terletak di atas ketinggian kurang lebih 1000 MDPL merupakan Desa Binaan TSCA.

Sebagai rangkaian Ultah ke-29 ini, TSCA mengedukasi warga melalui pemutaran film dokumenter terkait pelestarian lingkungan. Selain pemutaran film, sajian musik akustik dengan alunan nyanyian alam juga ditampilkan.

Beberapa kelompok pencinta alam dan warga berbondong-bondong menghadiri acara ini sebagai bentuk apresiasi dan wujud cinta mereka terhadap lingkungan.

KLIK INI:  Tak Terbayang, Jeans Rupanya Berpotensi Merusak Lingkungan

Mereka disajikan menu makan dan santap bersama warga menggunakan daun pisang sebagai wadahnya sebagai simbol kearifan budaya lokal dan kebersamaan.

Dalam sambutannya, Kepala Dusun Baru mengatakan mengapresiasi warganya agar selalu terbuka kepada siapa saja. Selagi memberikan kebaikan bagi warga dan desa, khususnya dusun Baru.

“Perlu diketahui bahwa Dusun Baru memiliki potensi untuk objek Wisata. Di dusun Baru ini memiliki 3 (tiga) titik terjun, Air Terjun Pung Bunga, Air Terjun Jami, dan Air Terjun Saliu. Olehnya itu, saya mengimbau kepada seluruh warga agar selalu bersinergi dengan seluruh pihak guna mengembangkan dusun ini,” ungkapnya.

Ketua harian TSCA, Nasrul juga mengatakan, TSCA adalah mitra masyarakat khususnya terkait pelestarian alam dan lingkungan.

“Dan mari kita saling menjaga tali silaturahmi sesama pencinta alam dan warga Dusun Baru sebagai Dusun Binaan bagi kami,” tukasnya.

Ketua pelaksana milad Muhammad Gunawan menambahkan, dusun Baru dipilih sebagai lokasi rangkaian kegiatan milad yang ke-29 ini karena sejak tahun 2015, Dusun Baru sudah menjadi Base Camp TSCA. Mereka juga telah bersinergi dengan warga Dusun Baru.

Gunawan menambahkan, kegiatan ini terselenggara atas dukungan dari seluruh partisipan. Olehnya itu, TSCA mengucapkan terimakasih kepada seluruh partisipan pada kegiatan ini.

Selain acara yang digelar di malam hari, dilakukan pula penanaman pohon produktif di sekitaran air terjun pada pagi harinya.

KLIK INI:  Masalah Limbah Plastik dan Bahaya Kanker Jadi Topik Utama Seminar Peringati Hari Anti Kanker