Tokek Spesies Baru Ditemukan Hidup di Gunung Berapi Terpencil

Publish by -31 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Tokek Spesies Baru Ditemukan Hidup di Gunung Berapi Terpencil
Tokek berujung daun/foto-nationalgeographic

Nama itu sesuai nama filantropis Amerika Andrew Sabin, yang mendukung secara finansial ekspedisi

Klikhijau.com – Tujuan awal mereka bukanlah mencari tokek, melainkan untuk memotret iguana tanah merah muda gunung berapi.

Gunung berapi yang mereka kunjungi adalah Gunung Berapi Wolf. Gunung paling terpencil dari lima gunung berapi di Isabela, pulau terbesar di kepulauan Galapagos.

Kepulauan Galápagos sendiri sudah terkenal karena keunikan reptilnya, seperti kura-kura raksasa. Dan hal baru ditemukan di sana adalah tiga tokek baru yang salah satunya hidup di gunung berapi .

Kata “mereka” pada awal tulisan adalah tim herpetologis AS dan Ekuador, yang tujuan awalnya bukan mencari tokek, tapi mereka menemukan salah satu tokek berujung daun selama ekspedisi yang melelahkan ke Gunung Berapi Wolf.

KLIK INI:  Mengenal Capung, Sang Pendekar Ulung Pembasmi Nyamuk dan Indikator Pencemaran

Alejandro Arteaga, yang merupakan ahli herpetolog. Dan juga direktur ilmu pengetahuan untuk Ekuador- berbasis penelitian dan kelompok ekowisata Tropical Herping mengungkapkan bahwa dibutuhkan ekpedisi panjang dan sangat mahal.

“Dibutuhkan ekspedisi yang panjang dan sangat mahal, dan begitu Anda sampai di sana, Anda harus mendaki lereng gunung berapi, yang membutuhkan banyak upaya, dan tim besar,” katanya .

Arteaga juga mengungkapkan, para peneliti memiliki firasat bahwa reptil lain di daerah itu. Reptil itu mungkin juga spesies baru, jadi mereka memutuskan untuk melacak beberapa tokek juga.

Dan firasat mereka terbukti mereka menemukan tokek berujung daun dan menamai spesies baru itu Tokin atau Phyllodactylus andysabini.

Nama itu sesuai nama filantropis Amerika Andrew Sabin, yang yayasan nirlabanya menyediakan dukungan finansial untuk ekspedisi.

Penelitian tersebut sangat penting karena sekitar setengah dari 48 spesies reptil di pulau itu terancam atau sudah hampir punah.

KLIK INI:  Lebih dari Separuh Pohon Endemik Eropa Terancam Punah, Ini Sebabnya!
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: nationalgeographic

KLIK Pilihan!