TN Takabonerate Selayar Gelar Konservasi Lingkungan untuk Remaja

Publish by -8 kali dilihat
Penulis: Redaksi
TN Takabonerate bersama siswa di Selayar gelar aksi konservasi. Foto: Ist

Klikhijau.com – Taman Nasional Takabonerate Kepulauan Selayar melakukan upaya menarik buat generasi milenial. Upaya tersebut berupa pelaksanaan pendidikan konservasi lingkungan dengan menanam bibit pohon di sekitaran resort Pasitallu Timur Taman Nasional Taka Bonerate, Jum’at, 24 Januari 2020.

Aksi hijau ini diikuti oleh siswa-siswi SMPN 31 Kepulauan Selayar. Kegiatan dimulai dengan penanaman beberapa bibit pohon cemara laut di sekitar kantor resort oleh Kepala Resort (kares) Pasitallu Timur, Hendra Marannu bersama guru SMPN, Sariping, S.Pd. dan Ketua Kelompok Pemandu Wisata Pasitallu Timur, Mulyadi dan siswa siswi SMPN 31.

“Ini adalah kegiatan gabungan antara Resort Pasitallu Timur dan Pasitallu Tengah,” jelas Hendra Marannu, Kares Pasitallu Timur Seksi Pengelolaan Taman Nasional Taka Bonerate Wilayah II Jinato.

Pendidikan konservasi kali ini mengambil tema “Mengenal pohon dan manfaatnya bagi manusia serta alam sekitar.”

Khoirul Anam, S.Pi. (PEH Pertama) menyampaikan pemaparan, bahwa pohon memberikan banyak manfaat bagi manusia dan alam.

KLIK INI:  Berbagi Rasa Merdeka Bersama Anak-Anak di Pesisir Pantai Tamo

“Namun masih ada pemahaman yang keliru pada masyarakat di Kawasan TN Taka Bonerate yang masih menganggap bahwa pohon merupakan rumah hantu. Oleh karenanya, tujuan penyampaian materi ini adalah menyadarkan generasi muda untuk tidak terjebak dalam pemahaman yang keliru tentang pohon, dan dapat turut serta dalam upaya penghijauan daerahnya,” tambah Khoirul Anam.

Penyampaian materi sendiri berjalan santai diselingi permainan dan tanya jawab. Siswa-siswi begitu antusias mengikuti materi.

Di ujung kegiatan, Sariping, S.Pd. menyampaikan terima kasih dan berpesan agar kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kesadaran lingkungan anak-anak sejak dini. Semoga dapat dikembangkan dan dilanjutkan lagi ke depannya,” tutur Sariping.

KLIK INI:  Tanam Massal Vetiter, Bupati Gowa Dapat Rekor dari LEPRID
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!