TN Taka Bonerate Serahkan Bantuan Usaha pada Masyarakat Binaan

Publish by -36 kali dilihat
Penulis: Redaksi
TN Taka Bonerate Serahkan Bantuan Usaha pada Masyarakat Binaan
TN Taka Bonerate Serahkan Bantuan Usaha pada Masyarakat Binaan - Foto/Ist

Klikhijau.com – Balai Taman Nasional (TN) Taka Bonerate Selayar menyerahkan bantuan pengembangan usaha pada masyarakat binaannya, di ruang lobby kantor Balai, Jumat 19 Juni 2020.

Hadir dalam pertemuan ini ketua, perwakilan dari masing-masing kelompok pemberdayaan, kepala balai, kepala sub tata usaha, pendamping, dan beberapa komandan resor.

Kelompok yang mendapatkan bantuan pada kegiatan ini antara lain: Kelompok King San dari Desa Tarupa, Kelompok Forum Peduli Laut dari Desa Rajuni dan Latondu, Kelompok Tau Pulo Desa Rajuni, Kelompok Jinato Marennu dari Desa Jinato, Kelompok Melati dari Desa Tambuna dan Kelompok Lolo Bajo Pasitallu Timur dari Desa Khusus Pasitallu.

“Hari ini pihak Balai menyerahkan bantuan ke enam kelompok, yang masing-masing mempunyai bidang usaha yang berbeda-beda, yaitu wisata, perikanan dan prodak makanan olahan,” jelas Faat Rudhianto, Kepala Balai TN Taka Bonerate kepada Klikhijau, Jumat 19 Juni 2020.

KLIK INI:  Pemantauan Pemutihan Karang Dilakukan di Perairan Selayar, Begini Hasilnya!
Pemberdayaan desa penyangga

Tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka memfasilitasi kelompok pemberdayaan masyarakat daerah penyangga kawasan TN Taka Bonerate. Adapun mekanisme pemberian bantuannya berupa dana senilai empat puluh lima juta setiap kelompok.

“Setiap kelompok membuat proposal, RUKK dan RAB, setelah memenuhi semua syarat baru dana bantuannya kami transfer ke rekening kelompok,” jelas Usman selaku Kepala Sub Tata Usaha sekaligus sebagai Pejabat Pembuat Komitmen Balai TN Taka Bonerate.

Dalam sambutannya, kepala balai menyampaikan bahwa dengan bantuan ini diharapkan kelompok bisa meningkatkan usahanya sehingga kedepan bisa mandiri.

Dengan dana ini, diharapkan tidak lagi selalu menggantungkan bantuan dari pemerintah. Melalui pertemuan ini juga kepala balai mengharapkan anggota kelompok mengajak masyarakat lain di setiap desanya untuk tidak melakukan kegiatan ilegal dan destruktif fishing.

Di penghujung sambutan, kepala balai mengajak untuk bersama-sama berjalan berangkulan mengelola, menajaga kawasan TN Taka Bonerate.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan pakta integritas sebagai komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran kelompok dan Balai TN Taka Bonerate. Kemudian dilanjutkan dengan bimbingan teknis antara kelompok dan pendamping.

Pemberdayaan desa penyangga di kawasan taman nasional memiliki peran penting dalam mendorong partisipasi warga untuk menjaga kelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati.

KLIK INI:  Ratusan Organ Satwa Disita Gakkum LHK Jabalnusra di Bandung
Editor: Ahmad Fikri

KLIK Pilihan!