Tips Sederhana Menjernihkan Minyak Bekas dan Menghilangkan Baunya

Publish by -2.308 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Tips Sederhana Menjernihkan Minyak Bekas dan Menghilangkan Baunya
Ilustrasi minyak bekas/foto-ist

Dapur menyimpan banyak hal, termasuk minyak bekas

Klikhijau.com – Bagi yang sering mengunjungi dapur. Pasti pernah menemukan minyak bekas atau minyak jelantah sisa penggorengan. Minyak bekas tersebut biasanya berwarna hitam sehingga terlihat kotor.

Tak sedikit orang yang langsung membuangnya lalu menggantinya dengan minyak yang baru. Minyak yang lebih jernih untuk menggoreng.

Namun, rupanya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar minyak bekas bisa kembali jernih. Berikut caranya:

  • Kulit pisang

Kulit pisang yang matang memiliki zat karbon yang cukup tinggi dan mampu menyerap kotoran. Potong kulit pisang 3-4 bagian, lalu letakkan dalam saringan.

Tuang minyak jelantah melalui saringan tersebut ke wadah penampungnya. Tahan saringan di bibir wadah dan biarkan kulit pisang menyerap kotoran.

Jika ingin lebih ampuh dan cepat, blender kulit pisang hingga halus. Ambil ampasnya dan letakkan di saringan. Lalu, cari minyak jelantah ke dalam saringan dan biarkan proses menyaring berjalan.

  • Nasi putih

Ada nasi sisa di rumah? Gunakan saja untuk menjernihkan minyak! Caranya mudah sekali, ambil segenggam nasi dan kepal-kepalkan hingga bulat.

Dituangkan dalam wajan berisi minyak jelantah panas dan gulingkan ke semua kotoran menempel pada nasi. Cara ini harus dilakukan berkali-kali dan butuh nasi kepal lebih dari satu.

  • Kentang

Bahan makanan ini berguna untuk menjernihkan minyak goreng yang sudah kotor, bahan ini sudah kami uji coba sendiri dan hasilnya memang benar. Kentang memiliki serat dan pori-pori pada permukaannya sehingga dapat menarik kotoran di dalam minyak oleh sifat alami kentang.

Caranya, setelah menggunakan minyak goreng untuk memasak dan minyak itu sudah keruh dan kotor, segera panaskan kembali minyak goreng tersebut, kemudian masukkan bulatan kentang secukupnya sesuai dengan jumlah minyak yang akan dibersihkan.

  • Arang kayu

Arang kayu punya sifat yang bisa menyerap kotoran dan residu. Bisa dimanfaatkan juga untuk menjernikan minyak goreng bekas. Caranya, haluskan arang kayu secukupnya dengan ditumbuk sampai jadi serbuk. Kemudian, masukkan dua genggam serbuk arang kayu untuk 1 liter minyak jelantah. Aduk merata dan tunggu hingga warna minyak lebih terang jernih. Saring minyak berisi arang kayu dan minyak yang jernih bisa kembali digunakan

Cara menghilangkan bau minyak bekas

Minyak bekas menggoreng ikan atau telur mungkin akan meninggalkan bau. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan serai. Caranya, panaskan minyak lalu masukkan beberapa batang serai yang telah dimemarkan.

Biarkan beberapa saat sampai serai layu, nanti minyak goreng akan berkurang baunya dan bisa dipakai kembali untuk menggoreng bahan makanan lainnya.

Selamat mencoba!!

Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!