Tips Sederhana Mengusir Tungau dari Tempat Tidur secara Alami

oleh -490 kali dilihat
Mengenai Tungau dan Dampak yang Ditimbulkan Setelah Menyingkirkannya
Tungau atau kutu busuk/foto-huffingtonpost.com
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Tungau atau kutu busuk atau apa pun namanya. Haruslah dibasmi. Baunya yang busuk dan gigitannya yang membuat tidur tak lelap. Hanyalah salah satu alasan untuk membasminya atau mengusirnya.

Setidaknya, saya pernah memiliki pengalaman mengesalkan perihal makhluk kecil yang jago sembunyi itu. Suatu waktu, ketika  sedang membaringkan tubuh di kasur. Sesuatu merayapi kulit, saya mengusapnya—mengira itu hanya semut.

Namun, begitu tersentuh dan mati dengan tubuh penyet mengeluarkan isi perutnya. Bau tak bersahabat dengan indera penciuman tercium. Baunya busuk.

Saya kemudian memperhatikannnya. Ternyata itu bukan semut, tapi tungau. Dan yang paling sial, ternyata bukan hanya seekor, tapi tak terhitung jumlahnya.

KLIK INI:  6 Tips Sederhana Agar Pisang Kepok Tidak Berubah Warna Saat Direbus

Mereka menguasi kasur dan bantal yang biasa saya gunakan. Tak ada cara lain yang bisa saya temukan di saat kepepet seperti itu, selain menyemprotnya dengan kapur barus bercampur cairan pembasmi nyamuk.

Setelahnya saya mengangkat kasur dan bantal ke halaman rumah—menjemurnya. Hasilnya, tungau-tungau itu mati.

Tungau yang bernama latin Cimex lectuarius memiliki beragam nama, ada yang menyebutnya kepinding atau tumilia. Dan di kampung saya, namanya kasaleang. Dan pada lanjutan tulisan ini, saya akan menggunakan nama kasaleang untuk tungau.

Kasaleang ini memiliki tubuh yang mungil, ia jago ngumpet. Sulit terdeteksi. Ia akan bertelur di lipatan tempat tidur, bantal, kursi, maupun sofa.

Ketika kita sedang tidur, duduk atau hanya berbaring. Kasaleang ini akan mengadakan pesta pora atas darah kita.

Karena ia memang  dikenal sebagai spesies yang suka mengisap darah manusia. bahkan juga bisa hewan berdarah panas.

Bagi kasaleang, darah merupakan cara untuk perkembangannya. Ketika telur-telurnya menetas, baunya tak terkira busuknya.

Ia berkembang cukup cepat dan sulit ditemukan. Namun, meski begitu bukan berarti tak bisa dibasmi.

Ada beberapa cara membasminya dengan cara alami, tak seperti yang saya lakukan menggunakan zat kimia. Ini cara efektif mengusirnya dengan menggunakan cara dan bahan alami:

KLIK INI:  8 Ide Ramah Lebah untuk Menyelamatkan Lebah dari Kepunahan
  • Menggunakan cuka

Cuka memiliki zat dan aroma yang tak disukai kasaleang atau kutu busuk. Menyemportak cuka pada sarangnya atau sekadar mengolesinya saja. Akan membuatnya mati atau menghindar.

Cara ini cukup efektif, murah, dan mudah. Karena cuka mudah ditemukan dan harganya pun sangat terjangkau.

  • Larutan garam

Setiap rumah pasti memiliki garam. Karena garam adalah penyedap rasa makanan yang paling penting.

Larutan garam ini, selain sebagai penyedap makanan, juga bisa mengusir kasaleang dari tempat tidur kamu.

  • Kulit durian

Si raja buah ini, selain buahnya yang enak dan harum. Kulitnya yang berduri, yang biasa dibuang saja sehabis dimakan bijinya, rupanya memiliki manfaat yang sungguh luar biasa dalam dunia basmi-membasmi kasaleang.

Sebab baunya yang menyengat tak disukai oleh kasaleang. Caranya gampang, cukup letakkan saja kulit durian di dalam kamar atau di bawah tempat tidurmu.

  • Air panas

Kasaleang ini cukup takut pada air panas. Jadi caranya gampang saja, cuci peralatan tidur kamu dengan menggunakan air panas.

Tubuh kasaleang jika terpapar air panas angin mati.

  •  Menjemur di terik matahari

Setelah mencucinya dengan air panas, jemur di bawah sinar matahari. Cara ini ampuh mengusir kasaleang dari peralatan kamu.

KLIK INI:  5 Trik Jitu Membeli Tanaman Hias, Jangan Asal Tergoda dengan yang Kinclong!
  • Menggunakan jus bawang

Bawang merah dan bawah putih bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengusir kasaleang. Caranya blander kedua bawang yang “selalu bermusuhan” itu lalu saring airnya. Setelah itu, semprotkan ke sarang kasaleang, ini akan membuatnya terkapar

  •  Daun sirsak

Daun hijau segar ini, memiliki manfaat lain selain bisa menyehatkan tubuh, yakni bisa digunakan membasmi kasaleang yang selalu bikin kesal karena mengusik jatah istirahatmu.

Caranya mudah, murah, efektif. Cukup letakkan daun sirsak di tempat yang memungkinkan menjadi rumah bagi kasaleang. Di tempat tidur, misalnya.

  • Bunga lavender

Bunga ini, selain bisa mengusir nyamuk, juga bisa mengusir kasaleang. Caranya dengan menyemprotkan air lavender ke sarangnya. Baunya menyengat akan mengusir si kasaleang yang bikin kesal itu.

Nah, itulah beberapa cara alami mengusir kutu busuk alias tungau alias kasaleang dari rumah kamu. Semoga bermanfaat dan bisa membuat jatah istirahatmu lebih nyaman. Selamat mencoba!

KLIK INI:  4 Tips Sederhana Cara Menyimpan Telur Agar Tetap Awet dan Sehat