Tips Menjaga Tanaman Hias dan Bahayanya bagi Anak

oleh -196 kali dilihat
Gerbera, Tanaman Hias dengan Struktur Helai Mahkota Bunga Berlapis-lapis
Gerbera - Foto/Kutanam

Klikhijau.com – Membicarakan tanaman hias tak pernah ada matinya. Ia selalu punya daya tarik yang tak pupus.

Kehadirannya mampu membuat suasana rumah lebih adem, eksotik, dan sejuk. Tanaman hias mampu pula membuat mata segar dan menumbuhkan energi positif.

Karena itulah, banyak orang yang rela merogoh kantongnya dalam-dalam demi membeli tanaman yang satu ini.

Bisnis tanaman hias pun terus hidup dan membiak, apalagi di tengah pandemi saat ini. Ketika orang-orang diimbau lebih banyak berada di rumah.

KLIK INI:  6 Tanaman Hias yang Piawai Melepaskan Oksigen di Malam Hari

Maka berkebun, salah satunya dengan cara menaman dan memilihara tanaman hias jadi pilihan menyenangkan dan menyehatkan.

Namun, ada kendala yang dihadapi jika ingin memelihara tanaman ini, apalagi bagi mereka yang mempunyai anak kecil.

Tanaman hias, kadang sulit dihindarkam dari jangkuan anak-anak. Wujudnya yang indah, apalagi jika tanaman itu bisa berbunga akan jadi daya tarik bagi anak-anak untuk memetiknya.

Karenanya, dibutuhkan cara agar anak terhindar dari bahaya yang bisa ditimpakan tanaman ini, mulai dari tertimpa pot atau memakan tanaman hias yang beracun.

Tak hanya itu, tanaman hias pun sangat mungkin  dirusak oleh si anak, memetik daun dan bunganya hingga menjungkir balikkan potnya atau bahkan mencabutnya dari media tanam.

Tentu hal seperti itu tak diinginkan. Apalagi jika tanaman yang diharapkan bisa membawa keindahan dan ketenangan berubah jadi petaka bagi anak.

Maka diperlukan cara yang lebih bijak dan baik jika ingin memeliharanya, agar anak bisa terhindari dari bahayanya dan menghindarkan tanaman hias dari keusilan anak. Ini beberapa tips yang bisa diterapkan:

  • Gunakan pot yang ringan

Menggunakan pot yang berat akan berbahaya bagi anak. Sebab si buah hati bisa saja tertimpa saat berusaha meraihnya.

Karena itu, sebaiknya gunakan pot yang ringan saja, misalnya pot plastik. Bobotnya yang ringan tak akan terlalu membahayakan anak jika tertimpa.

Bagaimana pun, seorang anak kadang lepas dari pengawasan orangtuanya. Karena itu agar terhindar dari hal yang tdak dikehendaki, sebaiknya Anda menggunakan pot yang ringan.

Selain itu, dengan pot yang ringan, Anda juga memudah memindahkannya dan mengaturnya.

KLIK INI:  Philodendron Verrucosum, Tanaman Hias dengan Daun Istimewa Plus Cara Merawatnya
  • Hindari tanaman berduri

Tanaman berduri tentu bukan pilihan bijak jika Anda punya anak kecil. Sebab tanaman berduri, semisal kaktus bisa melukai buah hati Anda.

Anda tentu tak ingin bunga hias yang jadi koleksi Anda berubah jadi petaka bagi si buah hati, bukan? Karena itu ,sebaiknya hindarilah menaman tanaman yang berduri demi keselamatan anak Anda

  • Pilih tanaman tak beracun

Di dunia ini banyak tanaman yang mengandung racun, termasuk tanaman hias. Ada baiknya Anda menghindari menanamnya di halaman atau sekitaran rumah.

Yang namanya anak-anak, masih belum bisa membedakan mana tanaman yang beracun dan mana yang tidak beracun.  Bahkan banyak orang tua pun tak tahu tanaman jenis apa yang beracun dan tidak.

Saat anak-anak bermain, biasanya tanpa sadar akan memakan tanaman yang dipetiknya atau setelah memetiknya ia lupa cuci tangan sebelum memakan manakan lain.

Hal ini bisa sangat membahayakan buah hati Anda, karena itu, bijaklah memelihara tanaman. Cari tahu tanaman hias yang akan ditanam, apakah beracun atau tidak?

  • Taruh tanaman d itempat terlihat dan jauh dari jangkuan

Langkah selanjutnya agar tanaman hias Anda bisa selamat dari keusilan anak Anda, sebaiknya taruh pada tempat yang mudah terlihat. Hal ini pun akan memudahkan Anda mengawasi si buah hati saat beranjak mendekati tanaman tersebut.

Selain itu, ada baiknya menaruhnya di tempat yang sulit terjangkau. Sangat disayangkan jika tanaman yang telah dibeli mahal dan dirawat sepenuh cinta dan hati rusak oleh ulah anak Anda.

Di samping itu, seperti yang diungkapkan di atas, media tanam juga bisa membahayakan si  buah hati

  • Libatkan anak

Hal yang paling penting yang harus ditempuh orangtua adalah melibatkan anak dalam penanaman dan pemeliharaannya.

Selain membuat anak lebih sehat dan aktif, dengan melibatkan mereka dalam proses penamana dan perawatan akan membuat si buah hati paham akan pentingnya menjaga lingkungan.

Anak akan mengerti arti penting tanaman bagi kehidupan ini dan mereka akan lebih bertanggung jawab.

Nah, itulah tips sederhana menghindari bahaya tanaman hias bagi anak dan bahaya anak bagi anak.

Berbedakan, bahaya tanaman hias bagi anak dan bahaya anak bagi tanaman hias?

KLIK INI:  Daftar Lengkap Tanaman Hias yang Banyak Tumbuh di Indonesia dan Nama Latinnya