Tips Mencuci Bantal Kesayangan agar Tetap Awet dan Nyaman

oleh -71 kali dilihat
Tips Mencuci Bantal Kesayangan agar Tetap Awet dan Nyaman
Ilustrasi tidur di bantal kesayangan - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Agar tidur lebih lelap dan nyaman, tentu diperlukan bantal bersih dengan kualitas terbaik pula. Bukan hanya itu, bantal yang digunakan juga harus bersih dan wangi.

Merawat bantal kelihatannya urusan sepele. Tanpa disadari, beberapa bantal di rumah Anda mungkin sudah membutuhkan perhatian khusus. Bantal perlu dicuci dan dibersihkan agar empuk dan bersih.

Yah, bantal harus dibersihkan secara teratur untuk menghilangkan keringat, minyak tubuh, dan tungau. Namun, bagaimana cara membersihkan bantal yang benar?

Untuk membersihkan bantal sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu memberikan waktu yang cukup agar isian benar-benar kering. Karenanya, rencanakan momen mencuci bantal pada hari yang terik dan berangin untuk memastikan pengeringan lebih cepat.

Penasaran mengetahui cara mencuci bantal kesayangan Anda? Dikutip dari lama Thespruce, berikut tips lengkap mencuci bantal yang benar:

KLIK INI:  Lagi, 5 Siswa SMK Kehutanan Asal Timor Leste Berhasil Lulus
Seberapa sering harus mencuci bantal?

Bahkan jika Anda melindungi bantal Anda dengan penutup yang dapat dilepas yang Anda cuci setiap minggu, bantal harus dicuci setidaknya secara musiman. Tidak apa-apa untuk mencuci bantal lebih sering, terutama jika ada anggota keluarga yang sakit.

Cara menyegarkan bantal 

Untuk menyegarkan bantal bulu dan serat serta menghilangkan debu dan rambut di antara pencucian, letakkan satu atau dua bantal di pengering otomatis yang disetel di udara selama 10 menit. Tambahkan beberapa bola pengering untuk mengembang isinya.

Untuk menyegarkan bantal busa padat, taburi permukaannya dengan baking soda dan biarkan selama 30 menit. Bersihkan soda kue, balikkan bantal, dan ulangi langkah-langkahnya.

Apa yang Anda Butuhkan?

Peralatan / Alat

  • Mesin cuci atau bak mandi besar
  • Pengering atau rak pengering
  • Bola pengering
  • Handuk mandi katun tebal
  • Kuas berbulu lembut
  • Kain putih lembut

Bahan:

  • Deterjen dengan efisiensi tinggi dan rendah busa
  • Penghilang noda berbasis enzim
  • Soda kue (opsional)
KLIK INI:  Melacak Kendaraan yang “Tak Berdosa” sebagai Penyebab Polusi Udara
Cara mencuci bantal berisi bulu dan Poliester

Bantal bulu dan  bantal serat polyester dapat dicuci dengan mesin atau dicuci dengan tangan. Jangan gunakan deterjen dalam jumlah berlebihan dan hindari memutar dan meremas keras. Selalu periksa penutup luar sebelum dicuci untuk memastikan tidak ada lubang atau robekan yang membuat isian terlepas.

  • Noda Pretreat

Jika ada noda yang terlihat di bantal, gunakan penghilang noda berbasis enzim atau sedikit deterjen untuk melenyapkan noda. Oleskan penghilang noda ke area yang kotor dengan sikat berbulu lembut dan biarkan selama setidaknya 10 menit sebelum mencuci bantal.

  • Setel dan Muat Mesin Cuci dengan Benar

Bantal bulu harus dicuci menggunakan siklus lembut dan air dingin. Bantal berisi poliester dapat dicuci dengan air dingin atau hangat. Biasanya yang terbaik adalah mencuci bantal berpasangan untuk membantu menjaga keseimbangan mesin cuci. Jika Anda hanya memiliki satu bantal untuk dicuci, tambahkan beberapa handuk mandi katun tebal untuk menyeimbangkan beban.

  • Gunakan Deterjen yang Tepat

Residu dari produk cucian dapat menyebabkan bulu menggumpal. Gunakan deterjen berefisiensi tinggi dan rendah busa dalam jumlah yang sangat sedikit—hanya satu hingga dua sendok teh—saat mencuci semua jenis bantal. Jangan pernah menambahkan pelembut kain saat mencuci bantal.

  • Tambahkan Siklus Bilas Kedua

Untuk memastikan bahwa semua deterjen terbilas, tambahkan siklus pembilasan kedua. Jika mencuci dengan tangan, ganti air bilasan beberapa kali sampai Anda benar-benar tidak melihat busa.

  • Halus dan Kering

Ratakan dan ratakan bantal saat Anda mengeluarkannya dari mesin cuci. Tempatkan di pengering yang diatur ke api sedang dan tambahkan beberapa bola pengering wol untuk membantu memecah gumpalan bulu basah. Periksa pengering setiap 15 menit dan gosok kembali bantal dengan tangan selama proses pengeringan.

KLIK INI:  Kopi Flores, MPIG dan Tata Kelola Kopi yang Berkelanjutan
Cara mencuci bantal latex dan memory foam

Bantal busa padat hanya bisa dicuci dengan tangan. Jangan pernah memasukkannya ke dalam mesin cuci jenis apa pun, karena pengadukan selama siklus pencucian dan pemerasan dapat menyebabkan busa pecah.

PERINGATAN

Karena kepadatannya, dibutuhkan waktu hingga 24 jam agar bantal busa padat mengering di udara.

Pilih hari yang hangat dan berangin untuk membantu mempercepat pengeringan setelah pencucian menyeluruh (dan siapkan bantal cadangan untuk tidur saat mengering, untuk berjaga-jaga).

  • Pilih Pembersihan Tempat

Jika Anda tidak punya waktu untuk mencuci dan mengeringkan bantal, bersihkan noda dengan mencampurkan beberapa tetes deterjen ke dalam satu cangkir air hangat. Gunakan kain lembut untuk mengoleskan campuran ke area yang bernoda. Biarkan bekerja setidaknya selama 10 menit. (Teknik yang sama ini dapat digunakan untuk mengatasi noda yang membandel sebelum siklus pencucian dan pengeringan lengkap.)

Celupkan kain bersih ke dalam air bersih dan bersihkan area yang dirawat untuk “membilas” busa. Biarkan bantal mengering sebelum digunakan.

KLIK INI:  Demi Masa Depan, Terumbu Karang Wajib Dilindungi
  • Campurkan Larutan Pembersih

Pilih bak mandi atau bak plastik besar agar bantal tidak berdesakan dalam larutan pembersih. Gunakan air hangat dan sedikit deterjen lembut. Tambahkan deterjen terlebih dahulu ke dalam air dan aduk rata agar tercampur rata.

  • Tambahkan Bantal

Rendam bantal di dalam air sabun dan peras dengan lembut (TIDAK ADA perasan) untuk memindahkan larutan pembersih melalui busa. Jangan biarkan meresap lebih dari 10 menit.

  • Bilas Berulang Kali

Kuras air sabun dan isi ulang bak mandi dengan air bersih dan dingin. Peras busa dengan lembut untuk membantu melepaskan busa. Tiriskan dan isi ulang bak mandi beberapa kali sampai tidak ada lagi busa yang muncul. JANGAN PERNAH memeras busa!

  • Menyerap Kelebihan Kelembaban dan Kering

Tempatkan bantal di antara dua handuk mandi katun tebal dan tekan untuk membantu menyerap kelembapan berlebih. Ganti handuk beberapa kali untuk menyerap air sebanyak mungkin. Letakkan bantal di atas rak pengering agar sirkulasi udara merata. Menggunakan kipas yang bersirkulasi dapat membantu mempercepat proses pengeringan. JANGAN letakkan bantal di pengering otomatis.

Demikian cara mencuci bantal kesayangan Anda, semoga bermanfaat!

*Sumber: Artikel ini diterjemahkan dari laman Thespruce.

KLIK INI:  5 Kisah Haru di Balik Kehidupan Keluarga Pemulung