Tips Ahli: Merawat Tanaman Hias Agar Tetap Cantik di Musim Hujan

Publish by -67 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Mas Iwan, seorang ahli dan pegiat tanaman hias di Bogor. Foto-Ist

Klikhijau.com – Banyak yang mengira bahwa tanaman hias hanya bermasalah saat musim kemarau. Faktanya, musim hujan berkepanjangan rupanya juga berisiko pada eksistensi tanaman hias di dalam ataupun di halaman rumah. Nah, bagaimana mungkin?

Air yang berkelimpahan saat musim hujan, seringkali menunda waktu Anda mengurus tanaman. Padahal, tidak semua tanaman bisa bertahan dengan curah hujan tinggi. Ada jenis tanaman yang cocok ditanam di musim hujan, tetapi ada pula yang tak kuasa menghadapi curahan hujan dan genangan air.

Selain rutin mengecek saluran air di taman, Anda juga perlu memangkas daun mudanya secara teratur. Bagaimana selanjutnya? Ahli dan pegiat tanaman asal Bogor, Mas Iwan berbagi tips dengan pembaca Klikhijau.

#Tanaman dalam naungan (green house)

“Untuk tanaman dalam naungan (green house), sebaiknya pilih tanaman yang rewel perawatannya atau tanaman yang gampang busuk dan tidak kuat dengan guyuran hujan, “ tutur Iwan.

Ahli sekaligus praktisi tanaman hias yang beralamat di Tamansari Bogor ini mencontohkan salah satu jenis tanaman hias yang kategorinya lemah saat musim hujan adalah variegated. Tumbuhan jenis variegated karakternya mudah busuk.

Nah, saat musim hujan, tanaman dalam naungan harus diperhatikan penyiraman dan kelembabannya. “Penyiraman harus lihat cuaca atau kelembaban media tanam. Penyiraman dilakukan3-4 hari  dilakukan 1 kali siram. Bagi Anda yang tidak punya green house, beberapa jenis tanaman yang rentang air sebaiknya dipindahkan ke teras rumah.

#Net House (Paranet)

Paranet adalah satu alat naungan tanaman. Benda ini befungsi sebagai naungan pengganti green house. Paranet umumnya terbuat dari bahan yang mengandung polietilen yang berupa anyaman plastik. Untuk di tempat seperti ini, Mas Iwan sarankan agar kita memilih tanaman yang tahan banting semisal jenis philodendron atau jenis anthurium yang bila musim hujan dapat tumbuh subur.

Walau begitu, Iwan berpedan agar Anda tetap memperhatikan hama yang bermunculan ci musim hujan. Hama yang umum semisal ulat dan belalang. Bila ada serangan seperti ini, penyemprotan bisa dilakukan sebulan sekali untuk pencegahan.

Bagaimana dengan tanaman yang di dalam rumah Anda? Musim hujan semoga tak membuat Anda malas memperhatikan kebutuhan airnya agar tetap terjaga.

Tetap semangat merawat tanaman hias. Sebab di sanalah kebahagiaan akan disemai setiap harinya.

 

 

Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!