Tetap Jaga Kelestarian Bumi dengan 9 Cara Sederhana Ini!

oleh -793 kali dilihat
Tetap jaga Kelestarian Bumi dengan 9 Cara Sederhana Ini!
Ilustrasi Bumi/foto-Ist
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Dunia sekarang tetap fokus pada penanganan Covid-19. Hal itu rasanya sangat wajar, mengingat banyak orang yang terancam kehilangan nyawa. Dunia menghadapi hal yang cukup sulit karena Covid-19.

Meski begitu, di bidang lingkungan dilaporkan berbagai media membawa dampak baik. Sebab polusi udara berkurang secara drastis. Bumi seolah sedang istrihat. Beberapa penelitian juga mengungkapkan jika lapisan ozon perlahan membaik.

Tentu itu merupakan kabar baik, namun sesungguhnya masih banyak hal yang bisa dilakukan agar Bumi ini tetap lestari. Berikut ini beberapa di antaranya:

KLIK INI:  Lindungi Tenaga Medis, Ribuan Gaun Wisuda Didaur Ulang Jadi APD
  • Membawa tumbler

Membawa tumbler adalah salah satu gerakan yang mulai masif dilakukan. Ini cara sederhana dan membuat kamu belajar lebih hemat dengan membawa botol minuman sendiri ketika bepergian.

Dengan membawa tumbler, ini memungkinkan kamu tidak lagi membeli air minum dalam bentuk kemasan botol atau gelas plastik. Sudah menjadi pengetahuan umum, jika botol dan gelas plastik membawa dampak buruk bagi lingkungan.

  • Cabut kabel elektronik

Kebiasan kita adalah tidak mencabut kabel charger, baik handpone, laptop atau kabel televisi saat tidak menggunakannya. Padahal jika tetap terpasang, akan terus saja menyedot energi meski tidak dipakai sama sekali.

  • Tidak buang sampah sembarangan

Ini perilaku yang harus banyak disadari agar tidak dilakukan. Membuang sampah di sembarangan tempat adalah kebiasaan yang “sangat” buruk. Untuk menjaga Bumi agar tetap lestari, sebaiknya janganlah membuang sampah sembarangan.

  • Membuat kompos

Membuat pupuk kompos bisa menjadi akternatif untuk mengurangi penggunaan pupuk anorgani yang bisa memicuh perubahan iklim. Dengan membuat pupuk kompos, unsur hara tanah akan lebih subur.

KLIK INI:  Tips Memilih Agen Travel Saat Hendak Liburan

Pupuk kompos akan membantu mengurangi jumlah limbah padat yang Anda hasilkan. Selain itu, kompos juga bermanfaat sebagai pupuk alami.

  • Menanam pohon

Pohon memiliki manfaat yang luar biasa bagi mahkluk hidup, tak hanya manusia. Pohon menyediakan oksigen bagi makhluk hidup. Ia juga dapat membanti menyimpan energi, membersihkan air, dan membantu melawan perubahan iklim.

Menanam pohon adalah langkah bijak dan super keren untuk mencintai Bumi ini agar tetap lestari.

  • Beli produk lokal

Belanja adalah salah satu kebutuhan manusia. Saat ini, banyak tawaran produk yang bisa dibeli via online. Namun, jika memungkinkan, beli produk lokal. Dengan begitu, polusi kendaraan yang mengirim barang dari jarak jauh, bisa berkurang. Pastikan juga Anda membeli produk dengan bahan-bahan ramah lingkungan.

  • Padamkan lampu

Memadamkan lampu saat tidak terpakai bisa menjadi wujud cita kepada lingkungan. Mengurangi penggunaan energi listrik memberi pengaruh yang baik kepada lingkungan dan Bumi ini. Semisal gerakan sejam tanpa listrik yang diperingati setiap hari Sabtu di akhir bulan Maret memberikan napas segar bagi Bumi.

  • Hemat air

Air adalah kebutuhan paling mendasar manusia dan sangat penting. Di mana ada air maka di situ akan ada kehidupan. Hanya sayang, masih banyak yang tidak menyadari betapa pentingnya peran air bagi kehidupan makhluk hidup, sehingga masih banyak yang membuang air dengan percuma alias boros air.

  • Daur ulang

Kemampuan mendaur ulang sampah menjadi alternatif baik untuk mengurangi tumpukan sampah. Selain ramah lingkunga, dau ulang juga bisa mendatangkan keuntungan secara ekonomi. Beberapa jenis sampah–seperti botol minuman dan kardus kamu daur ulang. Kreasikan sampah tersebut menjadi hiasan atau barang lain yang dibutuhkan di rumah sehingga mengurangi jumlahnya di lingkungan. Sehingga Bumi bisa tetap lestari.

Nah, selamat mencoba dan tetap berjuang melestarikan Bumi!

KLIK INI:  Intip 6 Cara Ampuh Menyimpan Cabai Agar Tetap Awet