Tertelan Paus, Pria Ini Selamat dan Membagikan Kisahnya

oleh -55 kali dilihat
Tertelan Paus, Pria Ini Selamat dan Membagikan Kisahnya
Paus bungkuk - Foto/Tory Kallman/Shutterstock

Klikhijau.com – Bagaimana membayangkan diri kita tertelan dalam perut ikan paus namun bisa keluar dan selamat? Wah, hal pertama yang membuat Anda penasaran, tentu mendengar kisah heroik saat kejadian.

Itulah yang membuat viral lelaki bernama Michael Packard (56), seorang penyelam lobster di semenanjung Cape Code, Massachusetts, Amerika Serikat.

Yah, Packard selamat usai ditelan paus bungkuk ketika sedang mencari lobster dan ia membagikan kisahnya.

Dilansir dari Iflscience 14 Juni 2021, Packard menyelam ke dasar laut yang berpasir untuk menemukan lobster dan memasukkan ke dalam jaring yang dibawanya.

Namun, ketika dirinya berada di kedalaman laut 14 meter, betapa terkejut ketika berjumpa paus bungkuk raksasa. Mendadak ia hanya merasakan suatu tarikan keras dan setelah itu ia merasa berada di ruang yang sungguh-sungguh gelap.

Packard ternyata sudah berada di dalam mulut paus bungkuk dan merasakan tubuhnya diremas oleh ikan raksasa tersebut.

KLIK INI:  Di Restoran Ini Seporsi Nasi Hanya Dibayar dengan Sampah
Packard selamat dengan hanya memar

Uniknya, ia merasakan sempat berada dalam perut paus sekitar 30 hingga 40 detik sebelum akhirnya dimuntahkan keluar.

“Saya bisa merasakan tubuh saya bergerak dan saya bisa merasakan paus bungkuk itu meremas tubuh saya dengan otot-otot di mulutnya,” ungkapnya.

Packard selamat dari maut dengan hanya luka memar dan tanpa ada tulang yang patah.

Perihal kejadian menegangkan ini, banyak ahli memberi komentar. Para ahli mengatakan bahwa sebenarnya paus bungkuk tidak sedang mencoba memakan Packard.

Alasannya, paus bungkuk hidup dengan makanan krill dan ikan kecil. Mereka tidak memiliki gigi. Selain itu, menurut Pusat Studi Pesisir (CCS) sistem pencernaan internal paus sama sekali tidak cocok untuk memakan pria dewasa, (tidak seperti paus sperma).

“Saya benar-benar berada di dalam; itu benar-benar hitam, ”kata Packard kepada Cape Cod Times setelah keluar dari rumah sakit pada hari itu.

KLIK INI:  Kisah Seekor Paus Bungkuk yang Selamat dari Kepungan Buaya

“Awalnya, saya pikir mungkin hiu. Tetapi karena kurangnya gigi dan ukurannya, saya segera menyadari bahwa apa yang saya alami adalah ikan paus… Saya berpikir, ‘tidak mungkin saya dapat keluar dari sini. Aku sudah selesai, aku mati.’”

Lebih buruk lagi, dia juga kehilangan pengatur peralatan selamnya karena berdesak-desakan dan bisa tenggelam jika dia tidak menemukannya lagi.

Packard tidak trauma

Josiah Mayo, seorang awak kapal Packard memberikan identifikasi, memberi tahu saudara perempuan Packard bahwa dia melihat seekor bungkuk memecahkan permukaan air dan melemparkan Packard keluar dengan menggelengkan kepalanya.

Mayo menjemputnya dan menelepon ambulans untuk menemui mereka di dermaga. Ayah Mayo adalah ahli paus Charles “Stormy” Mayo , jadi dia mungkin mengenal pausnya .

Berdasarkan deskripsi Mayo, paus itu belum dewasa sepenuhnya. Namun, mungkin bukan itu alasannya membuat kesalahan dengan menangkap penyelam di mulutnya.

Sebaliknya, menurut pakar CCS Humpback Jooke Robbins, mulut bungkuk terbuka begitu lebar ketika mereka memberi makan pandangan ke depan mereka kabur.

Hal ini menyebabkan mereka terjebak dalam barisan pot lobster, penyebab utama kematian di daerah dimana peristiwa ini terjadi.

KLIK INI:  Membayangkan Elwood dan Gli Berkolaborasi Menjaga Bumi

Setelah kisah Packard dikisahkan dimana-mana, putranya, Jacob, membawanya ke  Reddit AMA  dimana dia ditanya apakah lidah paus halus seperti anjing atau gatal seperti kucing.

“Apakah dia beruntung masih hidup? Tentu saja. Maksud saya, tapi itu adalah kecelakaan, kecelakaan yang sangat tidak biasa,” kata Dr Peter Corkeron dari Akuarium New England kepada WBZ-TV .

“Dia kurang beruntung berada di tempat yang salah pada waktu yang salah… ini adalah satu dari… triliun kesempatan.”

Packard tidak asing dengan bahaya. Selain menyelam dulu untuk abalon dan sekarang lobster, menghadapi ancaman hiu putih dua kali, dia pernah mengalami kecelakaan pesawat yang menewaskan tiga dari delapan penumpang.

Menurut AMA, seorang perawat di rumah sakit meminta nomor undian Packard. Redditer sudah melobi GoPro untuk mensponsori dia sehingga kita semua bisa melihat petualangan berikutnya.

Ketika ditanya apakah ini membuatnya berhenti menyelam, Packard menolak untuk membiarkan pengalaman itu menghentikannya.

“Saya akan kembali ke air secepat mungkin. Pekerjaan ini adalah hidup saya, tidak akan berhenti untuk apa pun, ”katanya.

KLIK INI:  Paus Orca Muncul Lebih Sering di Perairan Indonesia, Pertanda Apa?