Terpikir Membuat Taman Minimalis dalam Rumah, Ini Tips dari Ahlinya!

oleh -1.801 kali dilihat
Membuat taman dalam rumah
Kaktus pada jendela-Foto/Pixabay
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Taman minimalis di dalam rumah tidak saja menyejukkan tetapi menambah estetika rumah. Taman dalam rumah tentu akan membuat kamu betah di rumah, sehingga selalu merasa nyaman beristirahat atau bekerja di rumah

Lalu, bagaimana cara membuat dekorasi taman minimalis dalam rumah yang keren? Pakar dan praktisi tanaman hias dari Bogor, Mas Iwan, berbagi tips sederhana. Menurutnya, membuat taman dalam rumah saat ini sudah bagian dari gaya hidup. Khususnya masyarakat urban yang memang sangat disesaki oleh situasi kepadatan kota dan sempitnya ruang terbuka hijau.

Langkah pertama yang harus dipikirkan, kata Mas Iwan adalah menentukan idenya. Mencari ide atau desain taman dalam rumah tidak susah. Kamu bisa melihat gambar-gambar yang cukup tersedia di internet. Petakan gambar-gambar yang kamu sukai lalu tentukan pilihanmu. Jangan lupa komparasikan antara gambar yang dipilih dengan idemu sendiri.

Kedua, pertimbangkan kondisi rumah. Dewasa ini, rumah-rumah di perkotaan semakin minimalis, jadi kebutuhan desain atau dekorasi taman tentu harus mempertimbangkan luas rumah. Menurut Iwan, konsep taman minimalis sangat tepat karena lebih mengedepankan pada penggunaan ruang secara efektif tanpa meninggalkan aspek estetikanya.

KLIK INI:  7 Kebiasaan Buruk di Musim Hujan yang Memperburuk Lingkungan dan Kesehatan

Ketiga, kamu harus bisa memutuskan apakah akan mengelola taman tersebut dengan ide sendiri atau melibatkan jasa konsultan taman. Dua-duanya bisa dilakukan, kata Mas Iwan, tetapi bila kamu punya badget yang memadai tidak ada salahnya kamu memakai jasa konsultan agar hasilnya lebih memuaskan.

Bila ketiga hal tersebut di atas sudah kamu putuskan, saatnya kamu memulai pembuatannya. Nah, belum selesai di sini rupanya sahabat Hijau, Anda juga harus memilih tanaman yang tepat untuk di dalam rumah. Lalu, memahami cara perawatan tanaman yang benar.

Iwan menyarankan  agar berhati-hati dalam memilih jenis tanaman untuk taman dalam rumah. Semua jenis tanaman yang dipilih harus disesuaikan dengan kecocokan suasana dalam rumah serta aspek estetikanya.

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah penyediaan ventilasi yang memadai. Betapa pun sinar matahari diperlukan oleh tanaman di dalam rumah.

Nah, yang terakhir adalah pilihan tanaman. Kamu bisa memilih jenis tanaman sesuai konsep taman yang ingin dibuat.

KLIK INI:  Mewaspadai 5 Penyakit Tanaman di Musim Hujan

Bila konsepnya taman kering, Iwan sarankan kamu bisa memilih tanaman berikut:

Ence atau ense
taman minimalis
Bunga Ence/ense-Foto/Pohonpelindung.com

Pohon ence adalah salah satu tanaman hias yang paling dicari oleh kolektor tanaman hias.  Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman jenis sikas. Perbedaannya ada pada bagian daunya, dimana pohon ence ini memiliki daun berbentuk oval berwarna hijau.

Tanaman ence juga dikenal kuat dengan cuaca panas ekstrim, seperti di indonesia. Merawat pohon ence sangat mudah, tanaman ini mampu hidup meskipun tidak mendapatkan asupan air selama satu minggu. Jadi cocok sekali tanaman ini ditaruh dalam rumah.

Bromeliad
taman minimalis dalam rumah
Bromoliad-Foto/haenselblatt.co

Bentuk unik dan warna mencolok bunga yang berada di antara hijau helai-helai daunnya, adalah daya tarik utama bromelia. Warna daun dan bunganya cemerlang hampir di segala musim. Bunga bromelia bisa bertahan satu sampai tiga bulan. Rata-rata sebuah bromelia memiliki 40 helai daun yang bagian ujungnya melengkung.

Sansiviera
bunga hias
Sansiviera-Foto/bibitrumah.com

Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah. Tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.

Sanseviera dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Sanseviera memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

KLIK INI:  Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tanaman Hias Anda tak Mati Mendadak!

Sedangkan bila konsepnya jungle, kamu bisa memakai tanaman tropis berikut ini:

Dedaunan pakis
bunga pakis
Dedaunan pakis-foto/pxhere.com

Tanaman pakis atau tanaman paku paling dikenal karena merupakan jenis tumbuhan yang berkembang biak tanpa biji atau bunga, melainkan spora. Walaupun tidak berbunga, faktanya jenis tanaman hias ini sukses mencuri perhatian penggemar tanaman rumah dengan bentuk daun yang bervariasi dan warna hijau sega

Philodendron

Philodendron Paling Populer di Tanah Air, Klik Ini!
Philodendron-Foto/Iwan

Tanaman Philodendron memiliki dua jenis yaitu ada tanaman daratan dan menumpang. Bukan hanya memiliki keindahan dari segi bentuknya saja, ternyata tanaman Philodendron memiliki manfaat untuk kesehatan manusia yakni menyerap polutan udara yang dapat merugikan kesehatan dan berpotensi mengakibatkan kanker.

Anthurium
TAman minimalis
Anthurium-Foto/Faunadanflora

Anthurium adalah tanaman hias tropis. Tanaman ini memiliki daya tarik tinggi sebagai penghias ruangan, Daya tarik utama dari anthurium adalah bentuk daunnya yang indah, unik, dan bervariasi serta bunganya yang indah. Keunikan daun dari tanaman hias ini adalah memiliki daun yang tumbuh raksasa dan kebiasaannya bermutasi menyebabkan susah untuk mendapat bibit yang persis sama dengan induknya.

Tidak heran bila tanaman ini memiliki kesan mewah dan eksklusif. Anthurium yang berdaun indah adalah asli Indonesia, sedangkan yang untuk bunga potong berasal dari Eropa.Biasanya jenis anthurium bunga dijadikan untuk bunga potong.

Itulah tips sederhana dan pilihan jenis tanaman  untuk di taman Minimalis dalam Rumah kamu. Silakan dicoba!

KLIK INI:  Perihal Tanaman Puring, Manfaat dan Ragam Jenis yang Menghiasi Halaman Rumah