Terapkan Teknologi Hijau, Fiji Terpilih Jadi Destinasi Wisata Terbaik

Publish by -29 kali dilihat
Penulis: Irhyl R Makkatutu
Terapkan Teknologi Hijau, Fiji Terpilih Jadi Destinasi Wisata Terbaik
Salah satu destinasi wisata Fiji/foto-Super Adventure

Fiji berbenah dengan teknologi hijau

Klikhijau.com –  Kiblat destinasi wisata tahun ini diperkirakan bergerak ke Asia-Fasifik. Wisata alam dan budaya menjadi salah satu alasannya kenapa bisa demikian.

Tahun 2019 ini, Lonely Planet merilis sepuluh destinasi wisata terbaik se Asia-Fasifik. Sayangnya Indonesia tak masuk dalam hitungan.

Peringkat pertama ditempati Margaret River dan South West, Australia. Namun, saya tak akan membahas satu persatu yang masuk sepuluh besar itu.

KLIK INI:  Baru! Destinasi Wisata Hutan Mangrove Idaman di Jeneponto yang Memukau

Saya hanya ingin membahas Fiji, meski tak menjadi peringkat pertama destinasi wisata terbaik se Asia Pasifik. Namun Fiji terpilihnya menjadi istimewa.

Jujur saja, saya harus membuka Wikipedia untuk tahu tentang Fiji. Rupanya, Fiji adalah sebuah negara berbentuk republik. Namanya Republik Kepulauan Fiji. Merupakan  sebuah negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik, di sebelah timur Vanuatu, sebelah barat Tonga, dan sebelah selatan dari Tuvalu.

Fiji memiliki 322 pulau, 106 di antaranya berpenghuni. Selain itu ada pula 522 pulau kecil. Kedua pulau terbesar adalah Viti Levu dan Vanua Levu yang penghuninya meliputi 82% dari keseluruhan penduduk negara tersebut.

Penerapan teknologi hijau

Nama Fiji adalah sebuah kata kuno dalam bahasa Tonga untuk kepulauan itu, yang pada gilirannya berasal dari nama dalam bahasa Fiji, Viti. Ibu kotanya bernama Suva terletak di pulau itu.

KLIK INI:  Keren, Eks Pabrik Semen Tonasa Akan Disulap Jadi Wisata Petualangan Berskala Internasional

Apa yang istimewa dari terpilihnya Fiji sebagai destinasi terbaik Asia-Fasifik mengalahkan Indonesia. Sebab Fiji terpilih bukan karena keindahan dan keunikannya, tetapi karena Fiji merupakan kawasan yang fokus pada usaha kelestarian lingkungannya.

Fiji terpilih karena industri pariwisata di sana mulai menggunakan teknologi ramah lingkungan untuk beroperasi, seperti penggunaan panel listrik tenaga surya, pembatasan kantung plastik, dan restorasi terumbu karang.

Penerapan teknologi hijau juga dibarengi dengan pengadaan fasilitas dan layanan wisata yang ramah lingkungan. Itulah keistimewaan terpilihnya Fiji.

Daripada penasaran, berikut ini daftar lengkap destinasi wisata terbaik se-Asia Pasifik versi Lonely Planet 2019:

1. Margaret River dan South West, Australia
2. Shikoku, Jepang
3. Bay of Islands & Northland, Selandia Baru
4. Singapura
5. Kepulauan Cook
6. Vietnam Tengah
7. Fiji
8. Palawan, Filipina
9. Beijing, China
10. Kamboja

KLIK INI:  Keren, Indonesia Terbaik di Dunia untuk Destinasi Wisata Halal
Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!