Tepung dari Umbi Tire Ternyata Baik Bagi Kesehatan, Ini Manfaatnya

oleh -690 kali dilihat
Tepung glucomannan dari umbi porang
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Tire atau porang atau iles-ilesmerupakan tanaman yang mengandung glucomannan. Satu umbi porang mengandung glucomannan antara 30% sampai dengan 50%  saja sehingga tidak dapat dikonsumsi langsung.

Tepung glucomannan ini diperkenalkan pertama kali di Asia Timur terutama di negara china dan jepang. Di negara ini sudah berabad abad lamanya memanfaatkan tepung glucomannan untuk makanan dan kesehatan.

Dalam hal kesehatan tepung glucomanan untuk kesehatan utamanya mengobati asma, nyeri payudara, batuk, hernia, luka bakar dan berbagai kelainan kulit. Sedangkan untuk makanan biasa dimasak menjadi mie atau semacam tahu.

KLIK INI:  Sarang Semut dan Segudang Manfaat untuk Pengobatan Berbagai Macam Penyakit

Ini manfaat glucomannan tire bagi kesehatan:

  • Menurunkan berat badan

Glucomanan memiliki kandungan kalori yang sangat rendah dan serat tinggi seperti pada sayuran. Sehingga bisa dijadikan makanan alternatif untuk diet penurunan berat badan. Untuk mencapai hasil maksimal harus disertai dengan pola hidup yang sehat dengan berolah raga secara teratur

Sebuah penelitian tahun 2015, ada 176 orang sehat mempunyai kelebihan berat badan. Mereka secara acak diminta menelan suplemen serat atau plasebo (kapsul kosong tidak ada isi) saat diet terbatas kalori. Suplemen serat yang digunakan adalah glucomannan dengan guar gum, glucomannan dengan guar gum dan alginate.

Semua pasien ( subyek) diharuskan mengkonsumsi diet seimbang 1200 kalori ditambah dengan suplemen serat atau plasebo. Setelah periode pengamatan lima minggu, para peneliti menemukan bahwa semua suplemen serat dan diet terkontrol menyebabkan penurunan berat badan dibandingkan dengan plasebo plus diet seimbang 1200 kalori.

KLIK INI:  Selain Menetralisir Keracunan Makanan, Ini 6 Manfaat Lain Air Kelapa

Tapi para peneliti menyimpulkan bahwa glucomannan yang berperan dalam diet ini sedangkan guar gum dan alginate bukan penyebab penurunan berat badan.

  • Prebiotik yang alami

Makanan probiotik tentu sangat penting untuk kesehatan usus dan kesehatan secara keseluruhan, namun prebiotik sebenarnya membantu “memberi makan” probiotik.  Prebiotik, seperti glucomannan dan bawang putih dan artichoke adalah jenis senyawa serat yang tidak mudah dicerna.

Tepung dari umbi porang ini adalah prebiotik yang memberi makan bakteri ramah di usus. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2008 menunjukkan bahwa suplementasi glucomannan meningkatkan konsentrasi feses probiotik pada umumnya serta probiotik spesifik. Seperti bifidobacteria dan lactobacilli.

  • Konstipasi relief

Konstipasi adalah masalah umum yang biasa disebabkan oleh diet rendah serat, dehidrasi dan kurang olahraga. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa glucomannan berguna untuk penyakit sembelit.

Saat dikonsumsi, makanan  yang mengandung tepung glucomannan akan bekerja sebagai prebiotik di sistem pencernakan kita, sehingga sangat membantu untuk pergerakan usus.

Glucomannan juga bermanfaat sebagai obat pencahar alami, yang berarti asupannya mampu mendorong tinja yang lebih besar agar lebih mudah melewati usus besar.

KLIK INI:  Makanan dengan Kalori Negatif dan Fakta Menarik di Baliknya

Satu penelitian tahun 2008 secara khusus menemukan bahwa dosis sederhana dari suplemen glukomanan konjac dalam tire mendorong pergerakan usus pada orang dewasa yang mengalami konstipasi hingga 30 persen dan memperbaiki ekologi kolon secara umum.

  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Sebuah analisis sistemik dari 14 studi glukomanan dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, mengungkapkan bahwa penggunaan glucomannan memiliki efek menguntungkan secara signifikan terhadap kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida, serta berat badan dan glukosa darah puasa. Namun, hal itu tidak mempengaruhi kolesterol HDL atau tekanan darah.

Bagaimana proses glucomannan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah yaitu sebagai zat fiber centric, ia mampu menurunkan penyerapan kolesterol di dalam usus. Dan mampu melapisi usus sehingga penyerapan kolesterol oleh tubuh bisa dikurangi dan menggelontorkan cairan dalam usus.

  • Membantu penderita diabetes

Ada lebih dari 20 penelitian ilmiah yang melibatkan glucomannan pada penderita diabetes. Salah satu cara yang dapat membantu penderita diabetes adalah karena menunda proses pengosongan alami lambung, sehingga dapat membantu penyerapan gula secara bertahap dan menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Sebuah studi yang diterbitkan di Diabetes Care adalah kecil hanya ada 11 kasus hiperlipidemia dan penderita diabetes tipe 2 hipertensi. Studi menujukkan efek yang sangat positif dari serat porang ini. Obyek studi adalah yang dirawat secara konvensional dengan diet rendah lemak dan terapi obat, dengan diberi biskuit yang diperkaya dengan serat umbi porang.

Secara keseluruhan, para peneliti menyimpulkan bahwa penambahan serat tire ke dalam pengobatan konvensional dapat memperbaiki kontrol gula darah, profil lipid darah serta tekanan darah sistolik pada pasien diabetes berisiko tinggi. Pada gilirannya, mereka percaya bahwa serat porang dapat meningkatkan efektivitas pengobatan diabetes tipe 2 konvensional.

KLIK INI:  Libido Berhubungan Menurun, Ramuan Ajaib Ini Perlu Anda Coba!