Tentang Nature Photography atau Fotografi Alam

Publish by -295 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Tentang Nature Photography atau Fotografi Alam
Fotografer wanita - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Nature photography atau fotografi alam kini mulai digandrungi banyak orang tak hanya dari kalangan fotografer profesional. Bukan tanpa alasan, memotret dengan latar belakang alam terbuka menjanjikan nuansa alami yang tiada bandingannya.

Sebelum mendalami lebih jauh soal nature photography, ada baiknya kita memahami lebih dulu tentang fotografi atau foto. Menurut kamus Bahasa Indonesia, fotografi adalah suatu seni atau proses untuk membuat gambar dan cahaya pada film.

Secara lengkap fotografi adalah suatu proses pembuatan suatu lukisan atau tulisan dengan menggunakan media cahaya. Makna ini diurai dari kata photography yang berasal dari kata dalam bahasa Yunani, yakni photos, yang maknanya ialah cahaya, serta grafo, yang maknanya melukis atau menulis.

Definisi nature photography

Lalu apa yang dimaksud dengan Nature Photography? Istilah ini sering juga disamakan dengan istilah Landscape Photography atau fotografi alam atau fotografi bentang alam. Definisinya adalah fotografi mengenai pemandangan alam atau objek foto lain yang diambil atau direkam dengan secara sealami mungkin apa adanya tanpa diubah atau ditata atau direkayasa.

KLIK INI:  Suka Hunting Foto Berlatar Pemandangan Alam, Ini 5 Manfaatnya!

Isi fotonya bisa juga terdapat manusia atau hewan atau tumbuhan atau pepohonan atau rerumputan atau benda lainnya namun fokus atau titik berat objek nature photography ini adalah pemandangan suasana alamnya.

Aksi nature photography ini berfokus pada penangkapan aspek estetika keindahan alaminya suatu foto. Umumnya menggunakan objek pemandangan pegunungan, ruang terbuka, pantai, suasana gedung-gedung di perkotaan, langit, air terjun, cuaca, lautan dan lain sebagainya.

Aspek mendasar dalam fotografi alam

Dalam konsep fotografi alam, hal paling mendasar yang perlu diperhatikan adalah fotografer tidak melakukan hal apapun yang bisa mengubah tampilan objek fotonya. Nature photography benar-benar hanya fokus pada pemandangan apa adanya. Mempertahankan keaslian objek alam dan isinya sealami mungkin.

Oleh sebab itu, proses pengambilan gambar harus diperhatikan. Khususnya mengenai waktu yang tepat, arah cahahaya dan kondisi cuaca saat mengambil gambar. Ini penting agar mendapatkan kualitas foto terbaik. Kejernihan gambar  menjadi dambaan para pemburu fotografi alami.

KLIK INI:  Penasaran Berwisata ke India? Ini 14 Tips Sederhana Saat Beribur di Sana

Di dunia ini terdapat sejumlah fotografer dengan filosofi nature photography yang sangat terkenal antara lain Killin Achonbeger dari Jerman yang ahli memotret perubahan gerak matahari dari waktu ke waktu.

Juga ada Max Rive asal Belanda yang kerap menjadikan panorama alam pegunungan sebagai objek fotonya. Atau Lars Van De Goor yang juga dari Belanda yang banyak menjuarai lomba foto landscape atau nature photography.

Ada juga Vincent Favre, seorang fotografer nature photography terkenal dari Perancis yang telah banyak mengabadikan keindahan alam di berbagai lautan dan berbagai pegunungan. Juga ada Evgeni Dinev yang berasal dari Bulgaria, Trey Ratclif dari New Zealand dan Darren White dari Amerika Serikat.

Masih banyak lagi nama-nama beken selain ini. Menggeluti foto dengan berlatar alam memiliki pesan filosofis mendalam tentang lingkungan semesta yang indah. Dan karenanya layak selalu dijaga dan dilestarikan.

KLIK INI:  Dengar Lagunya, Armonica Band Bertutur Jujur tentang Kerusakan Alam
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!