Tentang Daun Koja dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Publish by -135 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Tentang Daun Koja dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh
Daun koja/Foto-carousell.com

Klikhijau.com – Daun koja atau dikenal dengan sebutan salam koja yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Daun ini juga digunakan sebagai bumbu masakan kari sehingga kerap disebut daun kari.

Daun koja pada umumnya digunakan untuk masakan di tanah Sumatera, termasuk Daerah Istimewa Aceh. Beberapa di antaranya digunakan untuk sajian ayam tangkap, gulai Aceh, serta beberapa masakan India.

Namun, di tangan Heri, daun ini jadi sesuatu yang baru. Dia berinovasi melalui kreasi sambal menggunakan daun koja sebagai bahan utama.

Bukan hanya untuk bumbu masakan, tetapi juga baik untuk kesehatan. Daun ini bisa menurunkan kolesterol dan mengandung antioksidan. Berikut sederet manfaat yang lainnya.

KLIK INI:  Habitat Rusak, Kepunahan Tanaman Menjadi 350 Kali Lebih Cepat
# Baik untuk mata

Mata yang sehat bisa diperoleh dengan asupan vitamin A yang cukup lewat konsumsi wortel maupun tomat. Namun, selain kedua bahan makanan tadi, daun ini juga ampuh membuat mata jadi sehat.

Daun koja mengandung vitamin A dan tokcer melawan gangguan mata termasuk rabun senja.

# Melawan anemia

Penyakit kekurangan sel darah merah atau anemia disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi. Salah satu cara alami untuk mengatasi anemia ialah dengan mengonsumsi daun koja.

Penderita anemia pun bakal mendapat dua nutrisi sekaligus berupa zat besi dan asam folat. Cukup makan dua lembar daun per hari, maka anemia bisa diatasi.

# Melancarkan pencernaan

Menjaga pencernaan tetap sehat menjadi tugas semua orang. Konsumsi daun koja bisa jadi salah satu cara untuk menjaga pencernaan.

Kandungan laksatif yang dimilikinya mampu melancarkan pencernaan. Jika pencernaan sedang bermasalah, Anda bisa membuat jus dengan mencampurkannya dengan air perasan jeruk nipis.

KLIK INI:  Benarkah Instagram Media Paling Buruk Bagi Kesehatan Mental, Bagaimana Mengatasinya?
# Menyehatkan rambut

Rambut beruban di usia muda? Ternyata tak hanya rambut beruban, daun koja juga diketahui bisa mengatasi masalah rambut rontok, ketombe, atau rambut tipis.

Cara penggunaannya juga tak sulit. Anda cukup mengonsumsi atau langsung mengaplikasikan daun pada rambut yang bermasalah.

# Mengatasi diare

Daunnya memiliki aneka nutrisi antara lain, karbohidrat, energi, serat, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, tembaga, dan mineral.

Selain itu, dikutip dari Organic Facts, daun ini juga mengandung vitamin C, A, B, dan E serta antioksidan, asam amino, juga flavonoid.

Daun ini juga memiliki senyawa yang disebut carbazole alkaloid. Sebuah eksperimen dalam laboratorium menunjukkan carbazole alkaloid mampu mengontrol diare.

Jika diaplikasikan pada manusia, daun dapat dikonsumsi begitu saja atau dijadikan jus.

# Melawan kanker

Daun koja mempunyai komponen yang mampu melawan kanker. Kandungan fenol dapat membantu melawan beberapa penyakit kanker seperti kanker darah, kanker prostat, dan kanker kolorektal.

Selain fenol, komponen carbazole alkaloid di dalamnya juga ampuh melawan kanker.

KLIK INI:  Waspada, Smegma Mengintai Senjata Lelaki yang Jarang Dicuci
Editor: Ian Konjo
Sumber: CNN Indonesia

KLIK Pilihan!