Tentang Cara Merawat dan Menjaga Kucing Kesayangan

Publish by -697 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Tentang Cara Merawat dan Menjaga Kucing Kesayangan
Sampul buku "Aku dan Kucingku" - Foto/Ist

Klikhijau.com – Punya kucing atau tertarik memelihara kucing, tentu penting untuk memahami detail cara merawat kucing bukan?

Kucing dan manusia sudah punya relasi historis panjang yang membuktikan bahwa kucing digemari karena jinak dan menggemaskan. Namun, bila salah dalam merawatnya, kucing peliharaan akan liar dan mungkin menjemukan.

Seperti halnya hewan peliharaan lainnya, kucing juga punya kebiasaan, makanan dan cara menjaganya saat sedang sakit. Termasuk trik menjaganya agar selalu sehat dan terjaga. Nah, pengalaman dari orang-orang yang piawai memelihara kucing ternyata penting sebagai panutan.

Lalu, bagaimana menjadi pencinta kucing yang benar? Perihal ini jadi pembahasan khusus dalam buku “Aku dan Kucingku” yang diterbitkan R3 Yogyakarta 2020.

KLIK INI:  Mendorong Policy Pemerintah Daerah yang Berpihak Pada Pelestarian Lingkungan Hidup
Cerita dari para pencinta kuncing

Buku ini merupakan rangkuman kisah nyata para pencinta kucing tentang pengalamannya dalam memperlakukan kucing kesayangan.

Buku ini menginspirasi kita tentang pentingnya suatu komitmen dan tanggungjawab dalam merawat kucing.

“Mempunyai peliharaan, apapun itu butuh yang namanya komitmen dan tanggungjawab. Jangan hanya ketika cakep, sehat, keren kalian sayang, tapi begitu mereka (kucing) sakit, butuh perawatan, kalian harus tetap menyanyangi dan mendampinginya.. Bawa ke vet, ke klinik, bukan mengambil jalan pintas dengan membuang,” kata Asmariah, pencinta kucing asal Yigyakarta.

Menurut Asmariah, Ke vet atau ke klinik memang butuh biaya saat kucing sakit. Tetapi, di situlah letak tanggung jawab dalam memelihara kucing. Jadi, bukan hanya sekadar memberi makan tetapi juga memberi cinta dan kasih sayang.

“Apapun yang kita rawat dengan komitmen, tanggung jawab dan cinta, tidak akan pernah sia-sia. Kucing yang terawat akan tumbuh dengan sehat, menggemaskan dan menyenangkan,” kisah Asmariah.

KLIK INI:  Bertemu Inspirasi dalam Pengalaman Sang Motivator Lingkungan

Oleh sebab itu, kata Asmariah, penting sekali adanya edukasi sejak dini kepada para pecinta kucing, Edukasi berawal dari keluarga di rumah. Edukasi yang baik sejak dini sangatlah penting, untuk bekal mereka di kemudian hari.

“Penyiksaan terhadap binatang, dengan alasan iseng, atau apapun itu adalah Salah Besar. Bumi bukan hanya milik manusia, tapi tempat bagi seluruh ciptaanNya. Maka dari itu edukasi sejak dini kepada anak untuk menyayangi semua mahkluk: sesama manusia, binatang, tumbuhan sangatlah penting,” tutur Asmariah.

Salah satunya, kata pegiat literasi ini adalah dengan menghindari adanya penyiksaan terhadap hewan, sekecil apapun itu bentuknya. Hak hidup bukan hanya pada manusia, melainkan juga hewan dan tumbuhan.

“Mari, mulai berikan edukasi kepada anak – anak  dan sekitar kita tentang penting nya hidup berdampingan di muka bumi ini, agar bumi kita tetap seimbang, damai dan kesadaran warga Indonesia terhadap hewan peliharaan lebih baik lagi,” pesannya.

Dari pengalamannya merawat kucing selama bertahun-tahun kemudian dituangkan dalam buku. Mereka bersama beberapa pencinta kucing lainnya dari berbagai daerah.

Para pencinta kucing tersebut juga intens berbagi pengalaman satu sama lain. Buku berjudul “Aku dan Kucingku” rasanya penting dibaca, tak hanya untuk paham luar dalam tentang cara memelihara kucing—ini juga tentang bagaimana belajar banyak dari filosofi kehidupan kucing.

KLIK INI:  Patut Dipelihara, Kucing Ini Mengancam Pemiliknya Jadi Kaya
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!