Temukan Bahagia yang Istimewa dengan Memeluk Pohon, Begini Caranya!

oleh -206 kali dilihat
Temukan Bahagia yang Istimewa dengan Memeluk Pohon, Begini Caranya!
Ilustrasi memeluk pohon - Foto/Pixabay

Klikhijau.com Memeluk pohon pernah menjadi aksi viral yang dilakukan banyak orang di sejumlah negara. Aksi unik ini merupakan bentuk cinta dan kasih sayang seseorang pada pohon.

Selain itu, memeluk pohon juga merupakan satu kampanye yang penuh makna betapa pohon memiliki peran penting dalam kehidupan. Karenanya, setiap orang wajib menjaga, menanam dan melestarikan pohon.

Pohon telah memberikan kehidupan pada manusia, maka sangat pantas menjaga dan mencintainya sepenuh hati.

Memeluk pohon dikampanyekan di seluruh dunia juga karena memiliki manfaat istimewa. Wow! Yah memeluk pohon sangat bermanfaat bahkan dapat memantik rasa bahagia.

Manfaat memeluk pohon

Selain bermanfaat sebagai satu upaya mengkampanyekan gerakan cinta pohon, memeluk pohon sangat bermanfaat bagi manusia. Jadi, tak perlu segan-segan yah Sahabat Hijau untuk memeluk pohon.

Setidaknya ada dua manfaat istimewa yang didapatkan dengan memeluk pohon. Pertama, memeluk pohon sangat baik untuk kesehatan mental.

Dilansir dari Greeneration, menurut Stone Kraushaar, Ph.D., seorang psikolog klinis mengemukakan bahwa berpelukan dengan pohon selama minimal 21 detik dapat melepaskan hormone oksitosin yakni hormone yang membuat kita merasa baik serta menurunkan stress dan cemas.

Selain itu, menghabiskan waktu di alam 2 jam seminggu juga diyakini dapat memantik kesejahteraan dan kebahagiaan kita. Karenanya, memeluk pohon dapat menjadi terapi dalam kegiatan forest healing.

Kedua, memeluk pohon dapat mendekatkan diri dengan alam. Jadi, memeluk pohon seerat mungkin membuat kita lebih dekat dengan alam dan merasakan betapa alam memiliki andil penting dalam kehidupan.

Keterhubungan dengan alam sebaik mungkin akan memberi motivasi kuat dan menaikkan mental kita dalam hidup.

Cara memeluk pohon

Lalu, bagaimana cara memeluk pohon yang benar agar kita dapat memanen manfaatnya? Berikut tutorial memeluk pohon yang benar:

  • Temukan pohon tepat

Temukan pohon yang tepat di sekitar Anda. Pohon paling nyaman untuk dipeluk adalah pohon yang besar dan benar-benar bisa dipeluk dengan posisi selayaknya memberi pelukan pada kekasih.

  • Peluk pohon secara perlahan

Peluklah pohon secara perlahan dan rasakan sentuhannya selembut mungkin. Jadi, tidak perlu terburu-buru memeluk pohon. Rasakan seolah-olah pohon yang dipeluk juga membalas pelukan hangat Anda.

  • Tarik nafas mendalam, lalu hembuskan perlahan

Setelah pelukan dilakukan, nikmatilah prosesnya. Tarik nafas mendalam dan hembuskan secara perlahan. Rasakan bahwa pelukan yang Anda berikan benar-benar lahir dari hati terdalam.

  • Disarankan tutup mata

Bila perlu tutup mata Anda agar pelukan itu semakin dalam. Nikmatilah prosesnya sebaik mungkin sebagaimaa memeluk orang tersayang.

  • Lakukan dengan sangat rileks

Lakukan prosesi memeluk pohon dengan serileks mungkin dan benar-benar fokus. Bila perlu, cobalah berkomunikasi dengan pohon tersebut melalui suara hati. Rasakan bahwa pelukan yang diberikan juga direspons oleh sang pohon.

Demikianlah manfaat memeluk pohon dan tutorial melakukannya secara benar. Semoga bermanfaat!