Tapak Dara, Tanaman Hias Indah dan 7 Manfaat Ajaibnya

Publish by -320 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Tapak Dara, tanaman hias mungil dan indah serta kaya manfaat. Foto: Ist

Klikhijau.com – Tanaman hias satu ini mungkin paling sering Anda jumpai, bahkan boleh jadi ada di halaman rumah Anda. Yah, namanya tapak dara (Catharanthus roseus) atau dengan nama ilmiahnya Vinca Rosea, Vinca multiflora, Ammocallis rosea dan Lochnera rosea.

Bunganya yang indah dan mungil selalu membuat kita ingin berlama-lama menatapnya. Selain pesona bunganya yang mekar merona itu, tanaman ini  ternyata menyimpan banyak manfaat.

Mengapa? Karena pada bagian-bagian di tanaman ini terdapat berbagai khasiat, diantaranya sebagai penenang (sedatif), menetralkan panas, obat diabetes, hingga untuk menghentikan pendarahan (hemostatis). Jadi, tidak ada salahnya segera menambah koleksi tanaman hias satu ini di halaman rumah Anda.

Terlebih, tapak dara dapat tumbuh subur di segala iklim. Tetapi, paling banyak di pedesaan beriklim tropis, baik di dataran rendah hingga ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Makanya, walau awalnya tanaman ini berasal dari Amerika Tengah, namun dengan cepat menyebar ke banyak negara di dunia.

KLIK INI:  4 Jenis Anthurium yang Sedang Naik Daun dengan Harga Jutaan

Selain disebut Tapak Dara, di beberapa daerah di Indonesia juga dinamai kembang serdadu. Di Vietnam, dinamai hoa hai dang, China chang chun hua, sedangkan di Inggris bernama rose periwinkler. Di Melayu dinamai kemunting cina dan di Filipina disebut tsitsirika. Di tempat Anda mungkin punya nama spesial atau nama khas?

Dari penampakannya yang mungil dengan tinggi 0.2 hingga 0.8 meter, ada hal istimewa menurut saya yakni perawakan daunnya dengan hijau nan tegas. Juga bunganya dengan wana putih dan ungu yang tampak ayu laksana gadis muda malu-malu.

Anda tentu punya penilaian berbeda bukan dengan keindahan tanaman satu ini? Selain pesonanya, rupanya ada keajaiban dan manfaat yang super istimewa. Klikhijau mencoba merangkum 7 manfaat istimewa bagi kesehatan manusia yang terdapat pada tanaman ini. Berikut penjelasannya!

Obat kanker dan tumor ganas

 Hasil analisa fitokimia pada ekstrak daun tapak dara menunjukkan adanya kandungan tanin, triterpenoid, dan alkaloid (seperti vinkristin dan vinblastin). Senyawa vinkristin dan vinblastin digunakan sebagai obat kanker. Dikutip dari laman uny.ac.id, tapak dara dapat dijadikan obat leukimia (kanker dadar) yakni dengan cara mengeringkan bunga dan daunnya untuk dijadikan teh celup (Dilansir Greeners).

KLIK INI:  Perangi Pemanasan Global dengan Cara Menanam Pohon, Murah dan Efektif

Mengobati bisul atau borok

Ajaib, tapak dara mengandung senyawa yang dapat mengobati luka tubuh luar yang sulit sembuh atau kering. Penasaran caranya? Yang harus Anda lakukan adalah  dengan menghancurkan daun sampai melunak, lalu menempelkannya pada borok atau luka. Kandungan tapak darah akan mempercepat penyembuhan dan proses pengeringan pada luka basah.

Mengobati susah buang air kecil

Tidak hanya daun kumis kucing yang dikenal dapat meluruhkan susah buang air kecil. Tapak dara juga ternyata memiliki kandungan yang serupa untuk penyakit satu ini. Yah, daun tapak dara bahkan sangat baik untuk menyehatkan kandung kemih. Minum ramuan daun tapak dara secara teratur setidaknya sekali sehari akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Menurunkan tekanan darah

Daun tapak darah ternyata dapat pula digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Bila diminum secara teratur, daun tapak dara akan menjauhkan Anda dari serangan hipertensi yang mematikan.

Menghancurkan gondok

Gondok adalah satu penyakit yang banyak menyerang kaum perempuan. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar parotid yang kemudian menjadi bengkak. Akibatnya, terjadi rasa nyeri dan peradangan. Kandungan daun tapak dara ternyata dapat membantu membunuh virus penyebab gondok. Anda tentu dapat mencobanya juga.

KLIK INI:  Bagi Kaum Hawa, Ini Cara Ampuh dan Murah Atasi PMS!

Ampuh atasi batuk pilek

Di musim hujan, penyakit batuk dan pilek paling banyak menyerang. Penyebabnya, karena terjadi penurunan sistem imun tubuh dan dampak cuaca dingin. Nah, daun tapak dara dapat dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengatasi penyakit satu ini. Caranya? Dengan mengeringkan daun tapak dara dan menjadikannya teh, lalu konsumsi secara teratur.

Membuat tidur lebih lelap dan melepas stres berat

Imsonia kini jadi penyakit yang umum melanda banyak orang akibat aktivitas yang semakin dinamis dan pengaruh smartphone. Jika Anda termasuk yang susah tidur lelap, cobalah minum daun tapak darah dan rasakan bedanya. Dijamin tidurmu lebih lelap dan lebih berkualitas.

Tak hanya itu, daun tapak darah sekaligus dapat membuat pikiran Anda lebih tenang dan terbebas dari stres berat. Mari mencoba!

KLIK INI:  Wow, 5 Makanan Ini Akan Selamatkan Anda dari Penyakit Mudah Lupa
Editor: Anis Kurniawan
Sumber: Berbagai sumber

KLIK Pilihan!