Tanaman Lee Kwan Yew, Dekorasi Alami dengan Aksentuasi Hijau Daun  

oleh -1,722 kali dilihat
Bagaimana Pengaruh Suhu Rendah atau Minimum terhadap Tanaman?
Tanaman Lee Kwan Yew, tumbuh subur di Pendopo KSPS Salassae Kabupaten Bulukumba - Foto/Ist  

Klikhijau.com ­– Tanaman Lee Kwan Yew, sekilas namanya seperti nama orang. Benar saja, nama ini memang ada kaitannya dengan Lee Kwan Yew, mantan Perdana Menteri Singapura yang tersohor.

Nama sang Perdana Menteri diabadikan pada tanaman rambat jenis Vernonia elliptica. Bagaimana kisahnya? Pada tahun 1967, Lee menggelar sebuah proyek green building bernama Garden City. Bangunan tersebut dihiasi oleh tanaman rambat  yang kemudian populer dan diapresiasi seluruh dunia, sejak itu Vernonia elliptica lebih populer dengan istilah Tanaman Lee Kwan Yew.

Tanaman hias yang dapat tumbuh secara vertikal ini juga mulai banyak dicari dan ditanam di Indonesia. Beberapa bulan lalu, saya menjumpai tanaman ini tumbuh subur di pondok pertemuan Komunitas Swabina Petani Salassae (KSPS) di Bulukumba.

Saya terkesima saat melihatnya pertama kali, terbayang betapa eloknya bila teras rumah atau dinding pagar rumah kita ditanami tanaman rambat satu ini. Pasti akan memberi aksentuasi hijau alami.

Vernonia elliptica meranggas seolah memeluk sebuah bangunan atau dinding tempat ia menjalar secara vertikal. Menariknya, pertumbuhan tanaman ini sangat beraturan dan gampang diarahkan.

Tanaman Vernonia elliptica sejatinya berasal dari Burma, namun populis di Singapura, India dan juga Australia. Tidak hanya itu, tanaman rambat ini juga memiliki beberapa hal spesial lainnya yang membuatnya semakin menjadi favorit banyak orang.

KLIK INI:  Begini Arti dan Filosofi di Balik Bunga Baby Breath!

Selain dari namanya yang unik, berikut 5 fakta perihal Vernonia elliptica yang menarik diketahui:

  • Tumbuh vertikal dengan tegas

Berbeda dengan tanaman rambat lainnya, Vernonia elliptica tumbuh vertikal dengan tegas. Hal ini karena ia menyerupai kawat-kawat kecil yang membentang lalu ditumbuhi dedaunan kecil. Sifatnya yang demikian, membuatnya tampak lebih elegan apalagi jika menjalar lebih tinggi.

Tanaman Vernonia elliptica terlihat sangat kokoh dan dapat merambat dengan sangat teratur seolah ditata secara sengaja. Vernonia elliptica dapat merambat hingga 5 meter sebelum akhirnya menjuntai turun mengikuti kontur bangunan. Ia menjalar dengan sangat dinamis.

  • Dapat tumbuh sepanjang tahun

Nah, tanaman Lee Kwan Yew termasuk tidak rewel dan dapat bertahan dalam segala musim. Namun demikian, tanaman ini harus mendapat akses sinar matahari secara penuh.

Cara menanam tanamannya juga tergolong gampang, karena tidak memerlukan kelembapan khusus dan tidak memerlukan asupan air berlebihan. Meski tumbuh vertikal, Vernonia elliptica ternyata dapat ditanam di pot atau pada kotak plastik. Saat penyiraman, tidak perlu secara keseluruhan pada bagiannya yang merambat, cukup pada bagian bawah saja.

KLIK INI:  Laris Manis, 7 Jenis Bunga Ini Paling Diburu di Makassar!
  • Nama lain dan maknanya

Tidak hanya dikenal dengan nama Vernonia elliptica atau tanaman Lee Kwan Yew, di Indonesia tanaman ini juga dikenal dengan ‘janda merana’. Dua nama lainnya antara lain Vernonia elaeagnifolia dan Tarlmounia elliptica. Masing-masing nama ilmiahnya memiliki arti yang merepresentasikan karakternya

Istilah Elliptica merepresentasikan bentuk daunnya yang elips. Sementara elaeagnifolia berarti murni dan bersih, hal ini terlihat pada bentuk daun tanaman yang menyerupai daun dari pohon zaitun. Nama lainnya adalah curtain creeper, nama ini mewakili karakter tumbuhnya yang menjuntai ke bawah.

  • Bunganya indah

Tak terbayang, pada saatnya, tanaman Lee Kwan Yew akan mengeluarkan bunga berwarna putih, namun ada juga yang bunganya berwarna putih kemerahan (pinkish-white). Bunga Vernonia elliptica tersusun dari kelopak yang menyerupai tangkai-tangkai yang tipis.

Keberadaan bunganya membuat efek tirai yang diciptakan tanaman Lee Kwan Yew menjadi lebih menawan. Disarankan menaman tanaman ini berentetan rapat agar pesonanya semakin maksimal. Saat merambat lebat apalagi berbunga, pemandangannya sangat menakjubkan.

tanaman rambat
Tanaman Lee Kwan Yew berbunga – Foto/Wikimedia.org
KLIK INI:  Melirik Keampuhan Bunga Sedap Malam sebagai Pengusir Stres
  • Tanaman pelindung bernuansa hijau

Tanaman Lee Kwan Yew saat ini banyak dicari khususnya di perkotaan karena telah menjadi bagia dalam arsitektur urban. Tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai tabir atau natural screen yang melindungi bangunan dari paparan sinar matahari.

Dengan menggunakan tanaman Vernonia elliptica pada sebuah bangunan, suasana akan terasa sejuk khususnya di siang hari. Saya telah membuktikannya saat berada di kantor KSPS Salassae di Bulukumba. Beberadaannya juga sebagai pembatas pandangan sehingga mengurangi akses langsung orang sekitar.

Itulah perkenalan singkat dengan tanaman Lee Kwan Yew, semoga rasa penasaran Anda terbayar lunas dengan informasi ini. Bila tertarik menanamnya sebagai bagian dari dekorasi eksterior di rumah Anda, Vernonia elliptica dijual di pasaran atau bahkan dapat mengambilnya dari rumah teman atau kerabat.

KLIK INI:  Salvia, Tanaman Hias dengan Bentuk Bunga Unik dengan Warna Mencolok