Tak Hanya Padi, 5 Komoditas Ini Juga Bisa Mengenyangkan

Publish by -62 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Tak Hanya Padi, 5 Komoditas Ini Juga Bisa Mengenyangkan
Padi yang menguning - Foto/IM

Klikhijau.com – Buah padi, bisa jadi merupakan buah paling andalan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, buah yang satu ini menjadi makanan pokok.

Hal itu karena buah padi yang menjelma menjadi beras. Ketika telah menjadi beras dan sudah dimasak maka namanya pun berubah menjadi nasi.

Nasi dari beras inilah yang menjadi makanan paling utama masyarakat Indonesia. Bahkan kerap kita mendengar candaan, masyarakat Indonesai merasa belum makan jika bukan nasi.

Itu menandakan tingkat ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap konsumsi beras sebagai makanan pokok telah mencapai tingkat dewa dan mengkhawatirkan.

KLIK INI:  Meresepi Manfaat Olahan Kakao dan Cokelat untuk Kesehatan

Ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap beras telah menjadi sebuah masalah bagi akses pangan berkelanjutan.

Karenanya, saat ini pemerintah bersama para Ilmuwan kini berupaya keras mencari sumber-sumber bahan pangan baru mengingat besarnya ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap satu macam sumber karbohidrat saja.

Selain buah padi (nasi) sebenarnya ada beberapa buah yang bisa membuat kenyang jika dikonsumsi.  Berdasarkan akun Instagram Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) ada lima jenis buah  yang bisa mengenyangkan:

  • Talas

Talas (Colocasia esculenta L. Shott ) termasuk dalam salah satu jenis umbi-umbian. Talas mudah tumbuh di Indonesia. Mengonsumsi satu biji talas besar seberat 125 gram akan sebanding dengan 1 porsi nasi.

Selain itu, talas merupakan salah satu tanaman yang masuk jenis tanaman pangan fungsional. Tanaman talas menurut Permenhut P.35/2007 tentang Hasil Hutan Bukan Kayu termasuk dalam kelompok tanaman pati-patian.

KLIK INI:  Resep Menu Buka Puasa Ala Vegetarian, Ini 5 Diantaranya!
  • Sagu

Untuk mendapatkan 1 porsi nasi, maka kita harus mengonsumsi 50 gram sagu. Sagu memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Beberapa penelitian menyebut, sagu sangat kaya manfaat antara lain dapat menyehatkan gigi dan mata yang relatif baik dan sehat.

Sebelum program swasembada pangan di masa pemerintahan Soeharto, sejumlah daerah di Indonesia sebenarnya lebih akrab dengan sagu ketimbang beras. Oleh sebab itu, merawat sagu sebagai pangan lokal penting didorong khususnya di daerah yang memang melimpah sumber dayanya dan berkaitan dengan kearifan lokal masyarakatnya.

  • Singkong

Singkong (Manihot esculenta) merupakan pangan lokal yang hampir ada di seluruh wilayah di Indonesia. Sifatnya yang mudah tumbuh membuat pangan satu ini sebetulnya cukup potensial dijadikan alternatif beras.

Tingkat produksi, sifat fisik dan kimia singkong akan bervariasi menurut tingkat kesuburan yang ditinjau dari lokasi penanaman singkong (Anonim, 2014)

Mengonsumsi 1,5 potong singkong sebesar 120 gram sebanding dengan nasi 100 gram. Singkong juga dapat diolah dengan aneka kue yang enak bahkan dapat langsung ditanak, lalu dikonsumsi dengan sumber protein lain seperti ikan dan lainnya.

KLIK INI:  Daeng Rimang dan Aroma Kue Tradisional di Pasar Pangkal EH Makassar
  • Kentang

Tanaman kentang (Solanum tuberosum L.) yang umbinya bisa diolah sebagai sayuran dan aneka kue ternyata juga baik untuk alternatif nasi. Sayangnya, kentang di Indonesia masih dijadikan bahan makanan pelengkap saja.

Kandungan gizi dari kentang membuatnya cocok jadi satu tanaman penunjang program diversifikasi pangan.

Protein yang terkandung pada kentang, bahkan lebih tinggi daripada biji serealia dan umbi lainnya. Mengonsumsi dua biji kentang sebesar 210 gram sebanding dengan 1 porsi nasi dari beras.

  • Pisang

Untuk mendapatkan yang sebanding dengan 1 porsi nasi beras, maka harus mengonsumsi 2 biji pisang seberat 117 gram.

Pisang merupakan buah yang banyak dikonsumsi dalam bentuk segar maupun diolah. Dalam bentuk segar dapat diolah dengan aneka kue tradisional seperti barongko (makanan khas Bugis-Makassar). bila sudah akan rusak pun dapat diolah menjadi kue dampo’, simak pembahasan mengenai dampo’ di SINI!

KLIK INI:  Sebab Pemilu Telah Berakhir, Saatnya Membincangkan Makanan Khas Sulsel; Bassang
  • Jagung

Jagung sesungguhnya merupakan pangan andalan orang tempo dulu. Khususnya mereka yang hidup di bagian pegunungan.

Karena itu sejak dulu pula, masyarakat Indonesia telah mengolah jagung mendai makanan pokok pengganti beras.

Jangan heran jika masyarakat menyebut jagung sebagai beras, yakni beras jagung. Di kampung-kampung masih banyak yang menjadikan jagung sebagai nasi andalan.

Untuk mendapatkan yang sebanding dengan 1 porsi nasi beras. Maka dibutuhkan 3 buah jagung sedang.

Nah, itulah buah yang bisa mengenyangkan selain buah padi menurut akun Instagram Komentan. Status itu mendapat beragam komentar:

“Sehat bahagia dengan pangan lokal,” tulis Sri Oktariza.

Sedangkan  Meitariani Vidri mengemontari dengan nada bercanda, “Sebenarnya ada 7 komoditas, 1 nya lagi janji manis doi yang bikin kenyang,” tulisnya.

KLIK INI:  Kehilangan Keanekaragaman Hayati Mengancam Sistem Pangan
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!