Tak Hanya Indah, 7 Tanaman Hias Ini Ampuh Mengusir Nyamuk

Publish by -548 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Tak Hanya Indah , 7 Tanaman Hias Ini Ampuh Mengusir Nyamuk
Bunga marigold/foto - trikmerawat

Klikhijau.com Tanaman hias memiliki banyak potensi menyelamatkan manusia dari masalah.  Tidak hanya membuat pandangan terasa segar. Namun, keberadaannya memberi manfaat tak terkira.

Di banyak negara, tanaman hias tertentu dijadikan obat, juga menjadi pelengkap sebuah ritual. Tanaman juga, seperti dilaporan International Journal of Mosquito Research pada tahun 2018, dijadikan sebagai metode pengusiran nyamuk.

Nyamuk adalah masalah klasik yang dihadapi manusia. Pengganggu yang meresahkan ketika sedang tidur.

Nyamuk tidak hanya mengganggu, tapi juga membawa ancaman berupa penyakit. Sebut saja di antaranya adalah demam berdarah (DBD) yang telah merenggut banyak nyawa.

KLIK INI:  Pesona 'Janda Bolong' dan Harganya yang Semirip Mahar Pernikahan

Produk pengusir nyamuk memang banyak beredar di pasaran. Namun,  pengusiran nyamuk dengan tanaman dinilai memiliki daya guna yang efektif.

Selain itu,   zat alami yang dikeluarkan tanaman dianggap aman bagi kesehatan anak hingga orang tua, dan juga ramah lingkungan karena tak memiliki kemasan yang bisa terbuang ke lingkungan sekitar.

Berikut ini, klikhijau.com telah merangkum 7 tanaman yang bisa mengusir nyamuk. Tidak hanya bisa mengusir nyamuk, tapi tanaman ini bisa pula menjadi tanaman hias yang eksotis menghuni rumah atau pekerangan rumah:

  • Bunga lavender

Bunga lavender adalah bung yang tak asing sebagai pengusir nyamuk. Bunga ini menjadi  salah satu tanaman pengusir nyamuk yang paling nyaman digunakan.

Bunga lavender yang berwarna ungu juga terlihat ekstotis. Pada kuncup bunganya  mengandung minyak atsir.

Lavender bisa tumbuh di berbagai iklim, ia bisa menjadi tanaman hias agar suasana rumah lebih indah dan segar. Dan tentu saja terbebas dari kenakalan nyamuk.

KLIK INI:  Bunga Asoka yang Cantik, Si “Anti Sedih” yang Manfaatnya Menakjubkan!
  • Lantana camara

Lantana camara adalah genus dari famili Verbenaceae yang berasal dari wilayah tropis di Amerika Tengah dan Selatan. Namun, di Indonesia tanaman hias ini juga mudah ditemukan.

Lantana camara, kerap pula disebut tahi ayam. Menurut peneliti di Indian Institute of Technology Kanpur, senyawa fitokimia yang terkandung di Lantana memiliki triterpenoid hingga asam oleanolic, yang dipercaya sebagai senyawa yang ditakuti nyamuk.

  •  Tanaman marigold

New York Botanical Garden (NYBG) mengungkapkan bahwa tanaman tidak hanya dapat mengusir nyamuk, tetapi mereka juga mencegah kutu daun, lalat putih, walang, hingga cacing gelang.

Marigold termasuk dalam keluarga bunga matahari. Bentuk bunga ini menggemaskan dengan berwarna kuning hingga oranye cerah.

  • Tanaman rosemary

Tanaman hias Rosemary direkomendasikan oleh NYBG dan PlantShed  sebagai pengusir nyamuk yang efektif dan estetik.

Rosemary bisa menjadi tanaman hias dalam ruangan, memiliki tekstur daun yang apik dan kuat. Rosemary memiliki aroma kayu yang memberi efek jera pada nyamuk untuk mendekat.

KLIK INI:  Tips Ahli: Merawat Tanaman Hias Agar Tetap Cantik di Musim Hujan
  • Catnip atau Nepeta cataria

Jika memiliki kucing yang kurang aktif, tanaman ini bisa jadi solusinya. Setelah kucing  kontak dengan tanaman ini, kucing akan mungkin akan menunjukkan perubahan perilaku yang semakin aktif.

Selain itu, tanaman ini  sangat ditakuti nyamuk. Penelitian menndapati bahwa kandungan minyak esensial dalam catnip, yang dikenal sebagai nepetalactone diketahui ampuh mengusir nyamuk.

Tanaman ini bisa tumbuh besar, sehingga bisa ditanam di area terbuka. Namun, jika Anda tertarik untuk membonsainya, boleh juga sehingga bisa diletakkan di dekat rumah Anda

  •  Tanaman geranium

Tanaman ini mengandung geraniol dan sitronelol. Kedua kandungan itu sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin.

Geranium bisa ditanaman di dalam pot dan kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Geranium memiliki bunga yang cantik.

  •  Tanaman allium

Tanaman hias ini  dapat ditanam dalam media pot yang difungsikan sebagai pemanis di sudut-sudut ruangan.

Tanaman hias ini terbilang unik, memiliki pentolan bunga berwarna putih, hijau, hingga ungu yang cerah.

Aroma dari tanaman ini sangat tidak disukai oleh nyamuk. Sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman hias sekaligus sebagai tanaman pengusir nyamuk

Itulah yang tanaman pengusir nyamuk yang berhasil klikhijau rangkum, selamat menanam.

KLIK INI:  Berkenalan dengan Bunga Oxalis, Tanaman Cinta yang Mudah Dirawat

Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!