Tak Hanya Cegah Ejakulasi Dini, Ini Manfaat Lain dari Cengkih

Publish by -890 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Tak Hanya Cegah Ejakulasi Dini, Ini Manfaat Lain dari Cengkih
Buah cengkih yang telah kering/foto-Ist

Klikhijau.com – Ketika matahari sedang terik. Pinggir jalan di kampung saya akan dipenuhi tikar. Tikar itu berisi cengkih yang dijemur oleh warga.

Saat ini, di kampung saya memang sedang panen cengkih. Biasanya mulai Agustus-November. Cengkih sendiri memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Selain sebagai bumbu masak, cengkih juga juga digunakan untuk pengobatan tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit:

KLIK INI:  10 Manfaat Joging: Dari Mengurangi Stres Hingga Merawat Gairah Seksual
  • Menguatkan tulang

Kandungan dalam cengkih yaitu ekstrak hidrokarbon termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya seperti flavon, isoflavon, dan flvonoid dapat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang. Manfaat lainnya juga bisa menguatkan tulang dalam kasus osteoporosis.

  • Mengobati sakit gigi

Manfaat cengkih   dapat mengobati nyeri akibat sakit gigi. Senyawa euganol yang terdapat dalam cengkeh mampu mengurangi rasa nyeri. Selain itu cengkih juga dapat mengatasi peradangan dan infeksi.

  • Mencegah ejakulasi dini

Minyak cengkih juga diduga mampu mencegah ejakulasi dini. Menurut penelitian, mengoleskan krim mengandung bunga cengkih yang telah dicampurkan dengan bahan-bahan lain seperti ginseng ke kulit penis, dapat mencegah ejakulasi dini. Hasilnya pun terbilang cukup efektif.

KLIK INI:  26 Manfaat Garam yang Perlu Anda Ketahui dan 1 Peringatan Berbahaya di Baliknya
  • Menurunkan berat badan

Cengkih mengandung vitamin B6 yang dapat mengubah makanan menjadi sumber energi sehingga baik untuk diet. Vitamin ini penting untuk pertumbuhan otot dengan meningkatkan pembangunan asam amino dari sintesis protein.

  • Mencegah kanker

Cengkih mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker. Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga membantu menetralisir radikal bebas.

KLIK INI:  Ini Manfaat Buah Nanas untuk Berbagai Masalah Rambut
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat cengkih lainnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kuncup bunga kering cengkih mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih.

  • Mengobati tukak lambung

Tukak lambung disebabkan oleh penipisan lendir lambung atau meningkatnya asam lambung. Dengan mengonsumsi cengkeh ketika mengalami tukak lambung diduga mampu mengobatinya.

Minyak esensial dari cengkeh ini dapat dipercaya meningkatkan produksi lendir lambung. Hal ini bertujuan untuk menghalang asam lambung dan mencegah luka pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

KLIK INI:  7 Manfaat Istimewa Buah Jamblang, Poin Terakhir Paling Ajaib
  • Mengontrol diabetes

Cengkih dipercaya mampu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Sementara diabetes disebabkan karena organ pankreas tidak mampu menghasilkan hormon insulin. Hal ini membuat gula darah dalam tubuh tidak dapat dikontrol. Mengonsumsi ekstrak cengkeh dapat mengontrol gula darah yang bertujuan untuk mencegah penyakit diabetes.

  • Menghilangkan guratan di kulit

Minyak cengkih juga dipercaya dapat menghilangkan noda dan guratan yang ada di kulit. Noda atau guratan yang disebabkan oleh luka yang kemudian mengering dan meninggalkan bekas, bisa dihilangkan dengan minyak herbal dari cengkeh.

KLIK INI:  Musim Hujan, Angkak, dan 5 Obat Alami yang Bisa Atasi DBD
  • Meredakan nyeri

Jika kamu mengalami nyeri akibat peradangan, kamu bisa gunakan cengkih untuk meredakan sakitnya. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan senyawa kimia di dalamnya dapat memberi efek antinyeri, antiradang, dan mencegah kerusakan sel saraf. Akan tetapi, masih diperlukan studi klinis pada manusia untuk memastikan manfaat cengkeh yang satu ini.

  • Sebagai kondisioner

Dapat membuat rambut menjadi lebih sehat. Caranya dengan menggunakan minyak cengkih sebagai kondisioner. Aplikasikan minyaknya pada kulit kepala selama 5 sampai 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Nah, demikianlah manfaat lain dari cengkih untuk kesehatan

KLIK INI:  Dismenorea, Wanita dan 5 Tanaman Obat Alami bagi Penyakit Dismenorea pada Wanita
Editor: Ian Konjo
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!