Tak Ada di Tempat Lain, Spesies Tikus Ompong Hanya Ada di Sulawesi

Publish by -21 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Tak Ada di Tempat Lain, Spesies Tikus Ompong Hanya Ada di Sulawesi
Tikus ompong/foto-dok Lipi

Berdasarkan identifikasi, tikus ompong memiliki dua pasang gigi seri yang runcing sebagai senjata andalan

Klikhijau.com – Sungguh saya tak pernah menyangka akan ada tikus yang nyaris ompong alias tak punya gigi.

Padahal tikus adalah binatang pengerat yang mengandalkan giginya untuk menggigit makanan. Tapi, tikus ompong yang ditemukan di Gunung Latimojong Sulawesi Selatan berbeda dengan tikus pada umumnya.

Tikus ini sama sekali tidak memiliki gigi geraham. Tikus ompong (Paucidentomys vermidax) pertama kali ditemukan pada 2010 di gunung Latimojong, Sulawesi Selatan.

Setahun kemudian atau tepatnya 2011, spesies yang sama ditemukan di gunung Gandangdewata, Sulawesi Barat.

KLIK INI:  Mengesankan, Ternyata Tumbuhan Bisa Tahu Siapa yang Memakannya

Hewan ini kemudian dinobatkan sebagai hewan pengerat endemik Sulawesi karena ditemukan hanya di satu tempat, yakni tanah Sulawesi, Indonesia.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menerangkan, hewan omnivora ini memiliki perbedaan bentuk dan terlihat unik karena perubahan habitat dan iklim.

Jika dilihat sekilas, tikus ompong P. verdimax tampak seperti perpaduan antara tikus dan celurut yang memiliki moncong runcing.

Lalu seperti apa tikus  ini, bagaimana ia bisa berbeda dengan tikus pada umumnya. Untuk lebih terangnya, ini penjelasan Kepala Laboratorium Mamalia, Museum Zoologi Bogor (MZB) Pusat Penelitian Biologi LIPI, Dr drh Anang Setiawan Achmadi Msc.

KLIK INI:  Klik Ini untuk Tahu Tarcius Spectrum, Si Mungil yang Menggemaskan
Memiliki dua pasang gigi seri

Katanya, hewan pengerat satu ini dijuluki tikus ompong dan segala hal yang berkaitan dengan hewan tersebut. Sebagai hewan pengerat bergigi sedikit, tikus ompong adalah satu-satunya binatang pengerat dari lebih 2.200 spesies yang diketahui tidak memiliki gigi geraham.

“Disebut tikus ompong karena tikus jenis ini hanya memiliki sepasang gigi seri di bagian atas dan bawah, tidak memiliki gigi geraham lainnya sama sekali, sekilas mirip seperti taring, tapi itu gigi seri,” kata Anang kepada seperti yang ditulis oleh Ellyvon Pranita dikompas.com, Minggu 29 September 2019 lalu.

Hal yang paling membedakan tikus ompong dengan tikus lainnya adalah gigi pada tikus ompong ini sangat berbeda dengan tikus rumahan yang sering kita lihat.

Anang menjelaskan, tikus rumahan umumnya memiliki tiga gigi geraham di bagian atas dan bawah, serta memiliki gigi seri juga.

Berdasarkan identifikasi, Paucidentomys vermidax memiliki dua pasang gigi seri yang runcing sebagai senjata andalan untuk berburu makanan untuk bertahan hidup.

KLIK INI:  Kelor, Pohon Ajaib dan 4 Fakta Menarik yang Akan Membuat Anda Jatuh Hati Padanya
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Kompas

KLIK Pilihan!