Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari, Cobalah Tips Sederhana Ini!

oleh -1,316 kali dilihat
Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari, Cobalah Tips Sederhana Ini!
Ilustrasi susah tidur/foto-Hellosehat
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com –  Malam sesungguhnya diciptakan untuk istirahat berupa tidur. Namun, terkadang tidur di malam hari menjadi hal yang rumit.

Saya sendiri sering mengalami “penyakit” sulit tidur. Kalaupun tidur, rasanya kurang nyenyak. Apalagi ada kebiasaan saya terjaga tengah malam—saat malam jatuh pada titik larutnya yang sepi.

Namun, permasalahan itu sepertinya bisa teratasi dengan mengikuti saran yang ditulis Aditya Eka Prawira di Liputan6.com.

Aditya mengutip saran dari Konsultan dari Departemen Psikiatri di Singapore General Hospital (SGH), Dr Tan Shian Ming agar bisa mendapatkan tidur berkualitas:

KLIK INI:  3 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Demi Kecantikan, Cocok Dirutinkan Para Caleg Perempuan
  • Mengadopsi jadwal tidur yang teratur

Buatlah jadwal tidur dan bangun tidur di waktu yang sama setiap hari, baik itu akhir pekan atau hari libur. Ini akan membantu memperkuat siklus tidur dan bangun tubuh Anda.

  • Tetap aktif

Berolahraga secara teratur akan meningkatkan tidur yang lebih nyenyak, dan membantu Anda tertidur lebih cepat. Tetapi hindari olahraga berat hingga empat jam sebelum tidur karena mungkin terlalu banyak memberi stimulasi.

  • Batasi tidur siang

Tidur siang dapat mengganggu tidur Anda di malam hari, terutama jika Anda sudah berjuang dengan insomnia atau tidur malam dengan kualitas tidur yang buruk. Jika Anda harus tidur siang di siang hari, batasi tidak lebih dari satu jam dan di bagian awal sore hari.

  • Miliki ritual sebelum tidur

Cobalah mandi air hangat atau meredupkan lampu sebelum tidur dapat membantu Anda beristirahat. Namun, jauhi televisi dan perangkat elektronik lainnya karena ini cenderung mengganggu tidur.

KLIK INI:  Begini Dampak Kafein Kopi Terhadap Tubuh, Harap Jangan Kaget!
  • Hindari alkohol sebelum tidur

Alkohol bukan ‘obat tidur’. Alkohol mungkin membuat Anda mengantuk tetapi sebenarnya membuat tidur jadi sebentar dan terganggu.

  • Camilan sebelum tidur

Hindari mengonsumsi kafein di penghujung hari karena dapat mengganggu tidur hingga 12 jam. Minumlah segelas susu hangat atau beberapa biskuit ringan jika Anda harus memiliki kudapan sebelum tidur.

Ini mengandung triptofan, asam amino yang dapat membantu menginduksi tidur. Jangan minum atau makan terlalu banyak atau Anda mungkin harus bangun untuk pipis di tengah malam.

  • Batasi penggunaan obat tidur

Banyak obat tidur memiliki efek samping dan tidak dimaksudkan untuk penggunaan jangka panjang. Karena mereka hanya mengatasi gejala dan bukan penyebab sebenarnya, mereka dapat memperburuk masalah tidur Anda.

  • Jangan berbaring jika Anda tidak bisa tidur

Jika berbaring berbaring di tempat tidur selama lebih dari 15 menit, bangun dari tempat tidur untuk melakukan aktivitas yang bisa merangsang rasa kantuk seperti membaca buku. Tetap di tempat tidur dapat membuat Anda merenungkan kekhawatiran lama.

  • Konsultan dengan dokter

Jika semua upaya Anda untuk menyelesaikan masalah tidur tidak berhasil, jangan memilih diam saja. Anda mungkin mengalami gangguan tidur yang disebut sleep apnea. Silakan berbicara dengan dokter Anda.

Tak percaya, mari mencobanya!

KLIK INI:  Mengandung Melatonin, 7 Makanan Ini Bikin Tidurmu Lelap di Malam Hari