Suka Hunting Foto Berlatar Pemandangan Alam, Ini 5 Manfaatnya!

Publish by -205 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Suka Hunting Foto Berlatar Pemandangan Alam, Ini 5 Manfaatnya!
Foto di alam terbuka, Model: Andi Rafika Maharani - FotoCS_Photografer

Klikhijau.com – Berburu foto dengan latar belakang pemandangan alam atau alam terbuka yang hijau memang menyenangkan. Wajar bila tak sedikit orang menghabiskan waktunya untuk berpetualang ke alam, semisal di tempat wisata, pegunungan, atau di hutan demi mendapat foto terbaik.

Anda yang terbiasa melakukan ini, berbahagialah sebab Anda juga akan memanen banyak manfaat di baliknya. Bukan hanya sekadar mendapatkan gambar istimewa yang monumental atau ikut tren nature photography, lebih dari itu Anda sedang menyerap manfaat dari alam.

Sebuah penelitian yang ditulis dalam International Journal of Environmental Research dan Public Health, menyebut bahwa melihat foto pemandangan alam atau yang ada unsur tanaman hijau dapat menjadi stimulus alami untuk menurunkan kadar stres.

Waw, ini berarti, mengambil foto berlatar alam dan pemandangan hijau sangat efektif untuk relaksasi, peluruh stress bahkan mencegah penyakit kronis.

Dilansir happybrainscience.com, begini manfaat mengambil gambar atau foto di alam yang akan membuat Anda semakin betah melakukan aktivitas ini.

KLIK INI:  Berpegangan Tangan dengan Orang yang Dicintai, Cara Sehat yang Romantis
  • Relaksasi

Entah kenapa, rasa penat dalam jiwa akan lenyap saat menjumpai suatu tempat atau panorama yang eksotik dan berfoto ria di sana. Bahkan dalam situasi paling sederhana, sekadar berjalan-jalan ke suatu tempat dengan pemandangan alam sangat membantu memulihkan pikiran yang sedang suntuk atau dilanda kebosanan.

Dari sini akhirnya dapat dipahami mengapa banyak orang rela merogoh kocek yang dalam hanya untuk melakukan aktivitas traveling, ber-ekowisata atau bertualang di alam bebas. Sejumlah sumber juga menyebut, betapa pentingnya setiap keluarga membuat semacam jadwal piknik bersama untuk merayakan quality time bersama keluarga.

Namun bila belum ada kesempatan keluar rumah, cobalah membuka-buka gambar tentang panorama alam di layar komputer Anda atau menatap bunga-bunga di taman—ini cukup ampuh menghilangkan stres yang menyerang.

  • Menyembuhkan lebih cepat

Seorang yang sedang terbaring sakit, merindukan momen terbaik berjalan ke alam bebas dan mendambakan  momen itu sebagai suatu yang paling istimewa. Mengapa demikian? Karena pemandangan alam akan memberi semangat dan optimisme kesembuhan.

Bahkan, sebuah artikel yang dipublikasikan pada tahun 2013 di The Atlantic menggambarkan sebuah rumah sakit kecil di pinggiran kota Pennsylvania yang memiliki beberapa kamar menghadap ke sebuah halaman kecil, sementara beberapa kamar lainnya menghadap ke dinding bata.

KLIK INI:  Amankah Minum Kopi di Malam Hari? Ini Jawabannya

Administrator rumah sakit mulai menyaksikan bahwa pasien di kamar yang menghadap halaman pulih lebih cepat daripada pasien yang melihat dinding bata. Temuan ini mendukung fakta bahwa melihat lingkungan alam, termasuk tanaman dalam ruangan dan foto yang terpasang, mempercepat kemampuan tubuh untuk pulih pasca operasi dan prosedur kesehatan lainnya.

  • Menjaga sistem kekebalan

Ini menakjubkan dan perlu selalu diingat. Di dunia kesehatan, sebuah gambar pemandangan alam bernilai seribu vitamin. Gambar pemandangan alami ternyata dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangkal sakit flu dan juga virus. Jadi, tidak salahnya menfasilitasi kerabat Anda yang kurang fit atau sakit dengan memperlihatkan pemandangan alam—setidaknya dengan foto-foto.

  • Bikin panjang umur

Dimuat daam Jurnal Kesehatan Geografi di bulan Mei 2008, sebuah penelitian menunjukkan bahwa gambar-gambar alam memberikan perlindungan yang signifikan dari stroke. Dijelaskan bahwa risiko kematian akibat stroke lebih tinggi terjadi di daerah yang hanya ada sedikit pohon atau tanaman hijau.

Nah, fakta ini juga semakin menguatkan  pendapat betapa pentingnya membuat taman di halaman rumah. Selain bermanfaat untuk menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca, juga baik bagi kesehatan.

  • Penguat cinta pada alam

Selain empat manfaat yang dilansir dari happybrainscience.com, hunting foto di alam juga akan membuat Anda semakin cinta pada lingkungan dan alam semesta. Kecintaan ini penting terus ditumbuhkan agar Anda tetap menjadi pribadi yang terus berbuat positif bagi kelestarian lingkungan.

Itulah 5 manfaat hunting foto di alam terbuka, mari terus merawat kebiasaan baik ini!

KLIK INI:  Tentang Nature Photography atau Fotografi Alam
Editor: Ahmad Fikri

KLIK Pilihan!