Sudah Tak Sabar Berwisata di Era New Normal? Perhatikan Ini Agar Tetap Aman!

Publish by -125 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Sudah tak Sabar Berwisata di Era New Normal Perhatikan Ini Agar Tetap Aman!
Wisatawan domestik berfose di Pulau Popongang, potongan Surga di satu gugusan Pulau di Antara Pulau Sulawesi dan Pulau Kalimantan - Foto/Ist

Klikhijau.com – Setelah membatasi ruang gerak (social distancing) selama lebih kurang 3 bulan, rasanya semakin tak sabar untuk berwisata. Tidak sedikit orang bahkan sudah mulai menampilkan foto-fotonya di alam terbuka. Berwisata di era kenormalan baru tentu dapat mengobati kerinduan yang lama terpendam.

Sahabat hijau, apakah sudah punya rencana mau kemana? Tak lama lagi, sejumlah tempat wisata akan dibuka dan Anda dapat melancong ke sana. Karena belum bisa terlalu jauh apalagi ke mancanegara, pilihan berwisata di spot domestik tentu pilihan bijak.

Namun ada yang berbeda tentunya, sebab semua tempat wisata akan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat. Hal ini dilakukan agar piknik tetap berjalan aman.

Oleh sebab itu, ada baiknya juga selektif memilih spot yang memiliki standar operasional lebih baik. Cari tahu informasinya melalui sumber-sumber terpercaya atau pengalaman kawan mengenai spot yang akan dituju.

Di samping itu, agar wisata berjalan lancar di era new normal, Anda juga mesti mempersiapkan diri lebih baik agar perjalanan wisata berjalan lancar. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat berwisata di masa new normal:

KLIK INI:  Cara Bijak Mengurangi Sampah Makanan di Rumah
#Pastikan sangat fit saat berwisata

Sebelum berwisata, Anda harus memastikan bahwa kondisi kesehatan Anda sangat baik. Tidak sedang sakit terutama saat sakit batuk atau pilek. Jangan mengambil risiko dengan memaksakan mengikutsertakan anggota keluarga yang kurang fit. Jadi, pastikan semua berangkat dalam kondisi sehat dan daya tahan tubuh baik.

#Kumpulkan informai detail tentang destinasi tujuan

Informasi detail mengenai destinasi yang dituju perlu dikumpulkan jauh sebelum memutuskan pilihan lokasi wisata. Begitu pula saat sudah memutuskan spot pilihan, cari tahu mengenai syarat masuk di destinasi tersebut agar semuanya berjalan lancar.

#Bawa bekal makanan dan minuman sendiri

Ada baiknya Anda menyiapkan bekal dari rumah saat berwisata di era new normal ini. Dengan begitu, kebutuhan logistik selama perjalanan dapat terjaga dan tidak perlu membeli makanan selama perjalanan. Hal ini penting, agar keamanan Anda dan keluarga tetap terjaga. Jangan lupa selalu membawa tumbler!

#Bawa masker dan hand sanitizer
KLIK INI:  New Normal, TII: Pemerintah Perlu Mendorong Pemulihan Ekonomi Rumah Tangga

Pastikan Anda dan keluarga membawa masker secukupnya juga hand sanitizer. Masker kain tentu lebih diutamakan agar tidak ada sampah masker yang Anda sisakan di lokasi wisata.

#Menggunakan kendaraan pribadi

Kendaraan pribadi menjadi pilihan paling aman di masa new normal. Ini penting agar tidak ada kontak langsung dengan orang asing selama perjalanan. Tetap jaga kebersihan kendaraan atau mobil Anda selama perjalanan agar tetap sehat.

#Datang lebih pagi

Upayakan berkunjung ke tempat wisata lebih pagi agar suasana perjalanan lebih lancar. Datang lebih pagi dapat meminimalisir Anda dan keluarga dari kerumunan banyak orang. seperti diketahui, sejumlah tempat wisata menawarkan pesonanya di awal pagi, termasuk udaranya yang segar.

 #Perhatikan sampah bawaan

Berwisata dengan keluarga dan membawa bekal sendiri tentu berpotensi menghasilkan sampah. pastikan semua sampah yang dihasilkan dibungkus dengan baik dan dibuang di tempat yang tepat.

#Lakukan karantina 14 hari sepulang berwisata

Setelah pulang dari destinasi wisata, sebaiknya Anda melakukan karantina mandiri selama 14 hari di rumah. Hal ini penting dilakukan karena Anda baru saja berada di keramaian. Karantina mandiri diperlukan untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saaat berwisata di era new normal. Tetap semangat dan bahagia, berwisata boleh jadi satu cara untuk mengembalikan keceriaan bahkan memperkuat imunitas.

KLIK INI:  Hari Tanpa Tembakau Sedunia, New Normal dan Polusi Udara

Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!