Sudah Berusia 40 Tahun? Pastikan Jauh-jauh dari 10 Makanan Ini!

oleh -14 kali dilihat
Sudah Berusia 40 Tahun Pastikan Jauh-jauh dari 10 Makanan Ini!
Ilustrasi - Foto/ Maksim Chernishev on Unsplash

Klikhijau.com – Usia 40 tahun selalu dikaitkan dengan fase-fase awal dimana tubuh harus bisa berdamai dengan makanan enak-enak.

Pastinya telah jadi rahasia umum bahwa pada usia 40 tahun, seseorang akan gampang mengalami masalah kebugaran. Bahkan, bila tak mengatur pola makan, risiko penyakit berbahaya bakal menghantui.

Memasuki usia 40 tahun tentu satu berkah tersendiri untuk bisa melanjutkan hidup dan hasil kerja keras. Karenanya, menjaga kesehatan adalah segalanya agar kondisi tubuh tetap sehat bugar.

Nah, konsumsi makanan sehat menjadi kunci menghadirkan tubuh yang tetap sehat di usia 40 tahun. Diantaranya dengan menjaga pola konsumsi dan menahan diri dari makanan-makanan yang kurang sehat.

Inilah 10 makanan dan minuman yang perlu jauh-jauh dari meja makan saat usia menginjak 40 tahun:

KLIK INI:  Mudah! Begini Cara Pijat Refleksi yang Bisa Anda Lakukan Sendiri
  1. Margarin

Sejatinya margarin memang tak baik dikonsumsi apalagi berlebihan pada segala usia. Di usia 40 tahun, margarin perlu dihindari karena bakal berdampak buruk bsgi kesehatan.

Dikutip Kompas, ahli diet bernama Dr Tasneem Bhatia, MD (Dr Taz) menyebut bahwa margarin mengandung lemak dengan reputasi buruk. Margarin mengandung lemak trans yang dapat mengganggu hidrasi tubuh.

  1. Kue dengan gula tinggi

Kue-kue dengan kandungan gula dapat memicu naiknya berat badan. Ini tentu tak baik bagi yang sudah berusia 40 tahun ke atas.

Gula berlebihan yang masuk ke dalam tubuh bahkan bisa membuat seseorang mengalami penuaan lebih cepat. Ada baiknya konsumsi buah-buahan ketimbang kue-kue manis.

  1. Makanan beku

Makanan beku (frozen food) saat ini banyak dikonsumsi. Selain praktis, makanan beku dapat disimpan lebih lama dalam kulkas.

Namun, perlu hati-hati bagi yang sudah berusia 40 tahun ke atas karena makanan ini beku tak baik bagi kesehatan. Salah satu dampaknya adalah bisa membuat perut menjadi buncit apalagi bila keseringan konsumsinya di malam hari.

KLIK INI:  7 Makanan Ini Lezat Tetapi Tidak Sehat dan Tinggi Kalori
  1. Daging olahan

Ada banyak daging olahan yang mengandung natrium tinggi dan diminati banyak orang. Padahal, selain natrium, dgaing olahan juga mengandung lemak jenuh yang tinggi dan zat pengawet.

Dikutip dari Kompas, Ahli gizi bernama Erin Palinski-Wade, mengatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi daging olahan akan berisiko terkena sakit jantung, diabetes, dan penyakit berbahaya lainnya.

Pengawet yang ada dalam daging olahan dapat memicu radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat memicu kanker dan penyakit lainnya.

  1. Ayam goreng cepat saji

Sejatinya ayam goring cepat saji sangat tidak baik pada segala usia.

Beberapa penelitian menyebut bahwa konsumsi daging goreng cepat saji dapat memicu kolorektal naik dan penyakit prostat.

KLIK INI:  Sebabkan Gagal Ginjal, Konsumsi Makanan Ini Sebaiknya Dibatasi
  1. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan lainnya ternyata mengandung tingkat Indeks Glikemik (GI) tinggi.

Sumber karbohidrat ini dapat menaikkan gula darah dan memicu penyakit jantung, kegemukan  dan diabetes.

  1. Soda

Soda juga termasuk minuman yang tak baik pada segala usia. Bila sudah berusi usia 40 tahun, soda perlu dihindari karena dapat memicu kanker. Soda juga mengandung zat gula tinggi yang tentu tak sehat.

Tak mengonsumsi soda juga menjadi satu cara untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Sebisa mungkin bisa menghindari soda untuk kesehatan di usia matang Anda.

  1. Minuman berenergi

Saat ini ada banyak minuman energi yang menjanjikan kebugaran. Hati-hatilah bagi Anda yang sudah menginjak 40 tahun ke atas.

Minuman berenergi tidak baik bagi kesehatan karena kandungan gulanya juga sangat tinggi.

Selain itu, kafein dan natrium yang tinggi pada minuman berenergi dapat memicu dehidrasi, terutama jika kita minim minum air putih. Dehidrasi dapat menjadi faktor utama terjadinya penuaan pada kulit.

KLIK INI:  Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Sebaiknya Batasi Konsumsi Makanan Ini!
  1. Gula

Konsumsi gula memang sebaiknya dihindari sebab tak baik bagi kesehatan dan kebugaran.

Asupan gula berlebih dapat mempercepat timbulnya kerutan dan kulit yang kendur. Ini membuat Anda tampak lebih tua.

  1. Es kopi

Minuman seperti es kopi ternyata juga dapat membuat wajah Anda tampak lebih tua.

Kafein pada kopi dapat merusak kualitas tidur. Hal ini akan membuat kulit Anda terganggu dan bisa lebih cepat tua.

Itulah 10 makanan dan minuman yang perlu dihindari saat usia menginjak 40 tahun, semoga bermanfaat!

*Sumber: Kompas

KLIK INI:  Atasi Masalah Mata Kering Saat Bangun Tidur dengan Tips Ini