Studi Terbaru Temukan Minum Kopi Tiap Hari Bisa Atasi Penyakit Hati

oleh -167 kali dilihat
Kopi dan Manifestasi Rasa Pahit yang Tertinggal
Ilustrasi minum kopi - Foto/Ist

Klikhijau.com – Minum kopi telah jadi ritus banyak orang. Kopi pun telah menjadi minuman favorit dengan olahan yang minuman bermacam-macam.

Bagi yang berniat begadang, biasanya akan memilih minum kopi. Karena banyak yang percaya jika kopi bisa mengusir rasa kantuk.

Selain mengusir rasa kantuk, minum kopi juga telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Di antaranya penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan  penyakit parkinson.

Namun, ada fakta lain yang menarik dari minum kopi. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa orang yang minum kopi setiap hari. Memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit hati —jenis kopi apa pun itu.

KLIK INI:  Bangun Pagi Berpotensi Hindari Wanita dari Kanker Payudara

Hasil penelitian itu  diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health. Peneliti menganalisis data dari lebih dari 495.000 orang di Inggris selama rata-rata 10 tahun. Mereka melacak mana yang menderita penyakit hati kronis dan kondisi hati yang sehat.

Hasilnya  orang yang minum kopi memiliki 21% penurunan risiko penyakit hati kronis dan 20% penurunan risiko penyakit hati kronis perlemakan. Mereka yang minum kopi juga jauh lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit hati kronis jika tertular.

Minum kopi setiap hari sepertinya bukanlah perkara sulit. Karena kopi dapat diakses secara luas. Manfaat yang lihat dari penelitian ini dapat berarti  menawarkan pengobatan pencegahan yang potensial untuk penyakit hati kronis.

Penyakit hati telah menjadi masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Khususnya  di negara-negara berpenghasilan rendah. Penyakit ini berkembang pesat selama tiga dekade terakhir.

Di Amerika, diperkirakan 1 dari 10 orang  memiliki beberapa bentuk penyakit hati.  Penyakit ini biasanya disebabkan oleh  virus, genetika, reaksi obat, penggunaan alkohol berlebihan.

Menurut penelitian tersebut, untuk mendapatkan manfaat pencegahan penyakit hati dari dari aktivitas minum kopi. Sebaiknya dipilih kopi bubuk dari pada kopi instan.

Karena kopi bubuk memiliki kadar kahweol dan cafestol yang lebih tinggi , dua senyawa kimia itu diketahui memiliki sifat anti-inflamasi.

Masih perlu penelitian lanjutan

Namun secara keseluruhan, para ahli masih berusaha memahami dengan tepat mengapa kopi memiliki manfaat bagi tubuh. Penelitian sering berfokus pada peran senyawa tanaman yang dikenal sebagai polifenol  yang kaya pada biji kopi .

KLIK INI:  Menyesap 7 Puisi Beraroma Kopi dari M Yulanmar

Para peneliti mencatat bahwa peserta yang diteliti didominasi kulit putih dengan latar belakang sosial ekonomi yang lebih tinggi. Jadi, penting untuk berhati-hati saat memperkirakan temuan ini untuk masyarakat yang lebih luas.

Karena itulah,  para ahli menganjurkan agar berhati-hati dalam meminum kopi.  Karena terlalu banyak minum kopi juga  berpotensi menimbulkan kerugian termasuk gangguan tidur dan mulas.

Selain menyeruput kopi setiap hari. Cara lain untuk membantu mencegah penyakit hati—terpenting adalah berolahraga secara teratur, makan makanan yang seimbang dan membatasi konsumsi alkohol.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah mengikuti petunjuk dalam mengonsumsi obat dengan hati-hati, dan hanya meminumnya saat  Anda benar-benar membutuhkannya sesuai dengan dosisnya.

Jika Anda ingin memaksimalkan potensi manfaat kopi bagi kesehatan. Cobalah untuk tidak minum lebih dari 400 miligram kafein sehari. Maksimalkan  empat cangkir kopi. Anda juga harus  berhati-hatilah dengan bahan pemanis, semisal  gula, sirup, dan susu.

Jadi, selamat mencoba, selamat ngopi!

KLIK INI:  Cita Rasa Kopi Bisa Dipengaruhi oleh Jenis Gelas yang Dipakai