Sidaguri, Tumbuhan Liar Berbunga yang Ampuh Atasi Asam Urat

Publish by -443 kali dilihat
Penulis: Alifia Sulaiman
Sidaguri, Tumbuhan Liar Berbunga yang Ampuh Atasi Asam Urat
Sidaguri - Foto/RumahSehatHerbaHolistic

Klikhijau.com – Sidaguri (Sida rombofobia) merupakan tumbuhan liar berbunga yang kaya khasiat, diantaranya mengobati rematik dan asam urat. Bunga tumbuhan ini akan mekar di siang hari dan hanya bertahan selama 3 jam saja. Tapi, lumayan indah bunganya.

Khasiat sidaguri telah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia sebagai herbal alami. Karenanya, tumbuhan ini memiliki ragam nama di sejumlah daerah, seperti Taghuri di Madura, kahindu (Sumba), digo (Ternate), guri, saliguri (Sumatera), hutu gamo, digo, sosapu (Maluku) dan otok-otok atau taghuri di Nusa Tenggara.

Tempat tumbuhnya memang paling banyak dijumpai di daerah tropis dengan tinggi bisa mencapai 2 meter. Daunnya tunggal berbentuk bulat telur dengan tepi daun bergerigi. Ujung daunnya meruncing pertulangan menyirip, panjang antara 1-1,4 cm dan lebar 1-1,5 cm.

Daun sidaguri (Sida rombofobia L) mengandung flavanoid, alkaloid dan leukoantosiodidindan. Daunnya inilah yang digunakan untuk pengobatan asam urat, rematik dan pengobatan lainnya.

KLIK INI:  Begini Dampak Kafein Kopi Terhadap Tubuh, Harap Jangan Kaget!
Khasiat sidaguri

Dalam artikel yang ditulis Sarah Carolin Syahrullah, dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Lampung pada tahun 2015, dijelaskan bahwa pemberian seduhan daun sidaguri ampuh menurunkan kadar asam urat.

Seperti diketahui, asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri merupakan zat dalam setiap makanan yang berasal dari tubuh mahluk hidup.

Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup ada zat purin, sehingga ketika kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

Temuan bahwa sidaguri berkhasiat mengatasi asam urat telah dibuktikan melalui penelitian, dimana flavonoid dalam tumbuhan liar ini memiliki efek inhibitor xanthine oksidase yang berkhasiat mengurangi produksi asam urat yang berlebih.

KLIK INI:  Berbagai Khasiat Rumput Laut Bagi Kesehatan, Cocok untuk Diet

Sarah Carolin juga menemukan bahwa tanaman ini dapat bekerja secara diuretik yakni membantu pembuangan kelebihan asam urat dalam darah agar tidak menumpuk dalam tubuh.

Menurut Sarah, umumnya sifat-sifat farmakologis tanaman untuk mengobati asam urat adalah diuretik. Selain membantu pembuangan kelebihan asam urat, diuretik juga dapat berfungsi sebagai anti radang yakni mengurangi pembengkakan akibat penumpukan kristal asam urat.

Selain mengobati asam urat, sidaguri juga berkhasiat mengatasi ragam penyakit lainnya antara lain:

  • Mengobati bisul dan bengkak karena tulang patah

Untuk mengobati bisul, caranya adalah dengan mengambil daun segarnya lalu dicuci bersih. Dilumatkan, lalu ditempelkan pada tempat yang sakit.

KLIK INI:  Perihal Daun Sungkai yang sedang Naik Daun untuk Atasi Covid-19
  • Mengatasi rematik

Rematik dapat diatasi dengan tumbuhan ini. Caranya sangat mudah yakni dengan merebus daunnya yang telah dikeringkan sebanyak 60 gram, direbus lalu diminum.

  • TBC kelenjar leher

Untuk mengobati TBC kelenjar leher, siapkan 60 gram sidaguri ditim dengan daging, lalu dimakan. Untuk pengobatan luar, daun segar dilumatkan lalu ditempelkan ke tempat yang sakit.

  • Mengatasi desentri dan enteritis

Siapkan 30 gram daun ditambahkan dengan 30 gram daun sendok (Plantigo mayor), 15 gram cecabean (Polygonum), lalu direbus kemudian diminum.

Itulah khasiat tumbuhan liar satu ini, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Ini Tips Agar Tetap Sehat Saat Konsumsi Menu Lebaran
Editor: Anis Kurniawan
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!