Siap Mudik, Ini 7 Tips Mudik Ramah Lingkungan!

oleh -28 kali dilihat
Siap Mudik, Ini 7 Tips Mudik Ramah Lingkungan!
Ilustrasi mudik/foto-Inilah.com

Klikhijau.com – Berbahagialah bagi kamu yang akhirnya bisa mudik ke kampung halaman pada lebaran kali ini. Sekira dua kali lebaran, mudik kita terhalang oleh pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, mudik lebaran tahun ini dipastikan akan ramai. Selain riuh kemacetan di jalan raya, mudik akan membuat volume sampah naik signifikan.

Data dari pihak Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan sekira 85,5 juta penduduk. Jumlah pemudin tahun 2022 ini setara dengan 31,6 % dari total penduduk republik ini.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) misalnya telah mengeluarkan Surat Edaran perihal mudik minim sampah. Poinnya adalah memastikan agar sampah dapat dikendalikan selama mudik.

Sahabat Hijau, bagi kamu yang juga akan mudik lebaran tahun ini, simak 7 tips mudik ramah lingkungan berikut ini.

KLIK INI:  KLHK Ajak Masyarakat Mudik Asyik Tanpa Sampah Plastik
  • Pastikan bawa tumbler

Ini poin pertama yang paling prioritas bagi Sahabat Hijau setiap kali mudik lebaran. Pastikan membawa tumbler. Ini penting agar selama perjalanan, kamu dapat meminimalkan pemakaian plastik sekali pakai (single use). Untuk kamu yang perjalanan darat dalam durasi perjalanan di atas lima jam dengan kendaraan pribadi, bawalah tumbler yang lebih besar agar kebutuhan konsumsi air putih selama perjalanan terpenuhi.

  • Siapkan alat makanan

Siapkan alat makanan sendiri untuk digunakan selama perjalanan. Untuk kamu yang melakukan perjalanan darat dengan kendaraan pribadi, bawalah alat makanan yang dapat dimanfaatkan berkali-kali. Alat makanan seperti piring, gelas, sendok dan lainnya dapat dicuci di rest area selama perjalanan.

  • Bawa kantong sampah

Setiap orang adalah produsen sampah. Selama perjalanan mudik lebaran, kamu pasti  akan menghasilkan sampah di perjalanan. Karena itu, jangan lupa membawa kantong sampah yang akan menampung sementara sampah yang kamu hasilkan. Agar tidak menumpuk, kantong sampah tersebut dapat kamu buang di tempat sampah yang tersedia di jalanan.

KLIK INI:  Cara Alami Mengusir Kecoak, Persenjatai Diri dengan 7 Tanaman Ini!
  • Periksa kelayakan kendaraan

Bagi kamu yang mudik dengan kendaraan pribadi, baik roda dua atau roda empat, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi prima. Periksa tekanan ban, lampu-lampu, dan lainnya demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

  • Bawa bekal makanan

Karena berangkat dari rumah, kamu tidak perlu terburu-buru melakukan perjalanan. Bawalah bekal makanan dari rumah demi menghindari aktivitas belanja di jalan yang ujung-ujungnya menghasilkan sampah. Bawalah bekal sesuai kebutuhan dan durasi perjalanan agar tidak menyisakan sampah makanan.

  • Jangan buang sampah sembarangan

Membuang sampah sembarang merupakan perilaku tak terpuji yang harus dihindari saat mudik. Pastikan kamu membuang sampah di tempat yang tepat agar tidak menyisakan beban lingkungan di mana-mana. Ajak anggota keluarga untuk mematuhi hal ini sebagai bagian dari budaya mudik ramah lingkungan.

  • Atur jarak dan kecepatan kendaraan

Bagi kamu yang memakai kendaraan pribadi saat mudik, atur jarak saat berkendara dan kendalikan kecepatan kendaraan. Tidak perlu terburu-buru karena keluarga di kampung tentu menanti. Pilihlah waktu-waktu tepat dalam melakukan perjalanan demi menghindari penumpukan di jalan raya.

Nah, Sahabat hijau, itulah 7 tips mudik ramah lingkungan, selamat memanen kenangan di kampung halaman!

KLIK INI:  Cara Sederhana agar Pemakaian Kulkas di Rumah Hemat Listrik