Setelah Berjibaku Lima Jam, Brigade Macaca Jinakkan Api di Bantimurung

Publish by -52 kali dilihat
Penulis: Taufiq Ismail dan Muh Ikhfar
Setelah Berjibaku Lima Jam, Brigade Macaca Jinakkan Api di Bantimurung
Ilustrasi kebakaran/Foto-pngdownload

Klikhijau.com – Telah terjadi kebakaran hutan pada kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung pada Selasa (6 Agustus 2019). Lokasi kebakaran hutan berada di Kampung Manggesara, Dusun Bonto Manai, Desa Laiyya, Cenrana, Maros. Berada pada zona rimba di wilayah kerja Resort Pattunuang.

Kebakaran berasal dari salah satu personil MMP Resort Pattunuang. Melihat kepulan asap, kemudian melapor melalui kontak quick respon Posko Siaga Manggala Agni Brigade Macaca yang berada di kantor Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung sekitar pukul 19.10 Wita.

Tim posko kemudian menindak lanjuti laporan tersebut dengan melakukan size up ke lokasi. Tim tiba di Desa Laiyya sekitar pukul 21.30 Wita. Langsung berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan pemerintah Desa untuk mengetahui titik lokasi api.

Tim juga melakukan pemadaman dini hingga pukul 00.00 Wita. Mengingat keselamatan dan efektivitas tim size up menyudahi pemadaman malam.

Brigade-Macaca-Jinakkan-Api-di-Bantimurung

Keesokan harinya, Rabu (7 Agustus 2019) mulai pukul 09.10 Wita Manggala Agni Brigade Macaca bersama masyarakat melakukan pemadaman lanjutan.

Brigade Macaca menerjunkan kekuatan penuh: 29 orang, dengan peralatan: satu unit mobil slip on, sepuluh jetshooter, peralatan tangan, dan mesin pompa. Melakukan pemadaman langsung di lokasi kejadian.

KLIK INI:  Konservasi Sudah Jadi Bagian Perhatian Publik, Benarkah?

Berjibaku-Lima-Jam,-Brigade-Macaca-Jinakkan-Api-di-Bantimurung

Diduga akibat puntung rokok

Brigade Macaca berhasil memadamkan api setelah berjibaku selama lima jam. Selanjutnya melakukan mop up untuk memastikan api telah padam total.

Panglima api ini juga mengukur luas hutan yang terbakar. Sedikitnya 1,9 Ha luas hutan yang terbakar dari kejadian ini.

“Kebakaran hutan yang terjadi di Manggersara kuat dugaan adalah akibat kelalaian manusia. Boleh jadi puntung rokok yang dibuang sembarangan menjadi penyebabnya.

Lokasi yang terbakar terdapat jalan perlintasan menuju Kampung Manggesara,” ujar Surapil, Kepala Unit Manggala Agni Brigade Macaca Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung saat kami temui.

Kerugian yang diderita cukup besar atas kejadian ini. Semoga ke depan semua pihak turut serta menjaga kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung dari ganas api besar.

KLIK INI:  Peringati HCPSN, KLHK Gelar Obrolan Konservasi Medis Satwa Liar
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!