Setelah 9 Tahun Jadi Penyelamat, Frida Akhirnya Pensiun

Publish by -26 kali dilihat
Setelah 9 Tahun Jadi Penyelamat, Frida Akhirnya Pensiun
Frida, anjing penyelamat dari Unit Angkatan Laut Meksiko/foto-

Klikhijau.com – Gempa yang melanda Meksiko dua tahun tentu masih betah di ingatan. Gempa tersebut menewaskan lebih dari 300 orang. Namun, gempa itu  tak hanya menyisakkan cerita menyesakkan, tapi juga membawa ketenaran bagi Frida.

Mungkin banyak yang penasaran siapa Frida. Ia adalah nama seekor anjing  penyelamat. Ia mulai populer secara internasional atas kepahlawanannya setelah gempa bumi melanda Meksiko dua tahun silam.

Frida merupakan unit anjing Angkatan Laut Meksiko berjenis kelaminbetina. Ia dari ras Golden Labrador. Ia   telah mengambil bagian dalam 53 operasi penyelamatan di Meksiko, Haiti, Guatemala dan Ekuador.

KLIK INI:  Kisah Seekor Anjing Selamatkan Bayi yang Dikubur Hidup-Hidup di Thailand

Kisah Frida memang heroik, ia berhasil menyelamatkan 12 orang dari kematian. Bukan hanya itu, ia juga mampu menemukan lebih dari 40 mayat di lokasi bencana.

Sayang, kisah penyelamatan Frida sepertinya telah berakhir. Sebab ia kini telah pension setelah sembilan tahun bertugas menyelamatkan manusia.

Penghormatan khusus

Untuk menandai Frida pensiun, Angkatan Laut Meksiko memberikan penghormatan kepada sang anjing. Tak tanggung-tanggung Angkatan Laut Meksiko menggelar upacara khusus untuknya.

Frida memang bukan anjing biasa, ia sumber harapan di lokasi bencana. Bahkan Eduardo Redondo, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Meksiko mengungkapkan gonggongan Frida adalah harapan.

“Gonggongannya selalu memberi harapan, dan pada momen-momen kepedihan dan ketidakpastian, dia selalu menghadirkan kelegaan,” Ungkap Eduardo Redondo.

KLIK INI:  Demi Seekor Burung, Sebuah Lapangan Bola di Amerika Ditutup

Kini diusianya menginjak 10 tahun, Frida tak lagi mengenakan pelindung mata dan sepatunya yang tersohor, dan sebagai gantinya dia dihadiahi semacam mainan yang dapat dia gigit atau kunyah, untuk selanjutnya memasuki masa pensiunnya.

Hingga sekarang belum ada yang tahu apa rencananya setelah Frida dipensiunkan. Namun  kemungkinan ia akan ke pedesaan dan membantu melatih anjing-anjing untuk dilatih menjadi anjing penyelamat.

Bagaimanapun, setelah misi kemanusiaan anjing betina berakhir, masyarakat memberikan penghormatan terhadap kiprahnya.

“Misi Frida telah berakhir, dan kami melepaskannya dengan rasa hormat,” kata Redondo.

Kita akan menantikan kisah Frida selanjutnya setelah pensiun. Dan kita semua tentu berharap akan banyak Frida-Frida lain yang lahir demi memudahkan petugas menyelamatkan manusia di lokasi bencana.

KLIK INI:  Diselamatkan dari Kepunahan, Otak Anak Burung Beo Kakapo Dioperasi
Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: bbc.com/indonesia

KLIK Pilihan!