Sering Lelah? Klik Ini Agar Tahu Penyebab serta Cara Mengatasinya!

Publish by -22 kali dilihat
Sering Lelah? Klik Ini Agar Tahu Penyebab serta Cara Mengatasinya!
Ilustrasi kelelahan.

Klikhijau.com – Dalam dunia medis, badan lemas atau lelah dikenal dengan dua istilah – fatigue dan weakness. Meski banyak orang menganggap keduanya sama, nyatanya keduanya tetap berbeda.

Fatigue adalah perasaan lelah atau butuh beristirahat karena kekurangan energi. Hal ini diakibatkan waktu tidur yang kurang, cemas berlebih, kebosanan atau kurangnya olahraga. Kondisi ini mungkin juga disebabkan karena perawatan medis.

Sementara weakness adalah kurangnya kekuatan fisik atau otot untuk menggerakkan beberapa bagian tubuh. Kelemahan otot yang dikarenakan rasa sakit akan menimbulkan merasakan sakit yang cukup kuat jika menggerakkan otot.

Selain faktor penyebab badan lemas yang disebutkan di atas, depresi juga sering kali dapat menyebabkan kelelahan.

Jika ingin mengetahui lebih banyak penyebab badan lemas atau kelelahan serta cara mengatasinya, simaklah penjelasan berikut!

KLIK INI:  Biasakan Baca Buku Sebelum Tidur dan Rasakan Manfaat Ini!
# Beristirahat dan tidur

Lelah biasanya terjadi karena tubuh kekurangan asupan energi. Cobalah beristirahat sejenak. Cobalah tidur siang singkat. Ini bisa membantu tubuh mendapatkan energi dan menghilangkan rasa lelah.

Apalagi jika di malam hari, waktu tidur kurang. Kurang tidur juga memengaruhi konsentrasi dan kesehatan

Tidur adalah kebutuhan jasmani yang sangat penting. Karena itu jadikan tidur sebagai prioritas agar tidak mengalami kelainan tidur.

Penuhi waktu istirahat Anda, yakni sekitar delapan jam bagi orang dewasa. Memberi waktu tidur tambahan dapat melawan penyakit yang hendak menyerang Anda.

# Sarapan di waktu yang tepat

Saat kelelahan, orang umumnya menjadi kurang nafsu makan. Jadi, sebaiknya jangan melewatkan sarapan meskipun tidak merasa lapar.

Studi menunjukkan, sarapan bisa membuat Anda merasa lebih baik secara mental dan juga fisik. Sarapan juga bisa menurunkan tingkat hormon stres kortisol.

Ingat agar selalu sarapan. Cobalah untuk mengonsumsi protein dan karbo kompleks setiap makan.

# Makan setiap 3-4 jam sekali

Cobalah mengonsumsi makanan setiap 3-4 jam sekali dengan jadwal tiga porsi makan serta dua kali camilan. Ini bisa membantu menjaga kadar gula darah dan tingkat energi yang stabil sepanjang hari.

Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat sehingga bisa bisa mendorong tubuh untuk menyimpan karbohidrat dalam bentuk glikogen.

Hindari makanan junk food, yaitu makanan yang digoreng karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh.

Konsumsilah buah, sayuran dan gandum yang bisa memberikan energi bagi tubuh.

KLIK INI:  Air Putih Mampu Menjaga Kesehatan Anak, Begini Penjelasannya!
# Perbanyak minum air

Apa pun jenis aktivitas atau pekerjaan Anda, tubuh tetap membutuhkan air yang cukup agar bisa bekerja normal.

Salah satu tanda kekurangan cairan dapat dilihat dari warna urin. Jika warna urin cukup terang, berarti asupan cairan tubuh normal.

Saat tubuh kekurangan cairan, akan berdampak buruk bagi tubuh. Air bertugas mengangkut vitamin dan oksigen ke sel-sel tubuh sehingga membantu melumasi persendian tulang.

Selain itu, air juga berfungsi membantu metabolisme lemak dalam tubuh. Jika tubuh mengalami dehidrasi ringan, dapat menyebabkan penebalan pembuluh darah.

Hal ini memaksa jantung memompa lebih keras untuk membawa darah ke sel-sel dan organ. Kondisi ini mengakibatkan kelelahan.

Hal lain yang diperoleh jika mengonsumsi air adalah menyegarkan pikiran dan saraf sehingga seseorang bisa mendapatkan energi kembali. Asupan air juga bisa diperoleh dari buah-buahan seperti semangka, jeruk.

Sesekali cobalah minum air hangat. Ini tentunya baik juga untuk merelaksasikan tubuh, apalagi saat dilanda rasa lelah.

# Konsumsi jus buah alami

Nutrisi alami yang terkandung pada buah-buahan sangat baik bagi tubuh. Saat tubuh hendak atau sedang sakit, konsumsilah buah yang kaya vitamin untuk mendongkrak daya tahan tubuh dalam melawan penyakit.

Disarankan membuat jus dari buah-buahan asli yang diolah sendiri. Ini jauh lebih memberikan efek baik dan lebih maksimal saat diserap oleh tubuh daripada jus instant yang dikemas praktis.

KLIK INI:  Suka Jus Buah? Cobalah Jus Ini dan Rasakan Manfaatnya!
# Hindari kafein saat tubuh lelah

Meski minuman berkafein dipercaya bisa membantu seseorang tetap terjaga, tetaplah harus dihindari jika kondisi tubuh sedang capek atau lelah.

Tubuh yang lelah tentu butuh istirahat, jangan memaksanya untuk tetap terjaga.

Kafein yang dikonsumsi terlalu banyak akan meningkatkan detak jantung, tekanan darah, dan memicu rasa gugup.

Riset juga menunjukkan bahwa terlalu banyak kafein membuat peminumnya merasa sangat lelah. Selain itu, mengonsumsi kafein juga dapat mengganggu kualitas tidur di malam hari.

Cobalah secara bertahap mengurangi asupan kopi, teh, cokelat, soft drink, dan obat obatan yang mengandung kafein. Jangan berhenti tiba-tiba karena dapat menimbulkan ketagihan dan fatigue pun melanda.

# Berolahraga ringan

Saat lelah orang cenderung malas untuk melakukan apa-apa, tapi Anda bisa mencoba yang satu ini. Anda hanya perlu melakukan olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda atau berenang.

Olahraga ringan ini akan memberikan gerakan ke seluruh tubuh dan mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Karena itu, jika sedang tidak enak badan atau sedang sakit, jangan berbaring seharian di kamar.

KLIK INI:  2 Jam Berada di Alam Tingkatkan Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya
# Hidroterapi

Selain di tempat tidur, cobalah habiskan waktu sejenak untuk melakukan hidroterapi, terutama saat keadaan tubuh yang sakit mulai membaik.

Hidroterapi adalah terapi fisik dengan berendam di dalam air hangat. Cukup menyediakan bathtub di kamar mandi yang berisi air hangat dan mulailah terapi ini.

Air hangat dapat mengendurkan otot dan mengurangi nyeri pada tubuh. Selain itu, hidroterapi juga dikenal baik untuk penderita demam atau sinus.

# Cuci muka dengan air dingin

Jika sedang merasa kelelahan dan merasa sangat mengantuk, cobalah mencuci muka dengan air dingin. Air dingin dapat membuat tubuh menjadi segar dan mengembalikan stamina Anda.

Umumnya, seseorang akan lebih segar dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas setelah mencuci muka.

Bahkan beberapa dari mereka mendapatkan mood yang baik setelah melakukannya.

KLIK INI:  5 Tips Menjaga Kulit dengan Telur, Klik Ini dan Ketahui Caranya!
Editor: Ian Konjo
Sumber: beberapa sumber

KLIK Pilihan!