Sering Disepelekan, Alami Hal Ini Bisa jadi Gejala Penyakit Jantung

oleh -108 kali dilihat
Sering Disepelekan, Alami Hal Ini Bisa jadi Gejala Penyakit Jantung
Ilustrasi

Klikhijau.com – Beberapa gejala penyakit jantung umumnya dialami oleh orang yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Gejala ini kadang paling banyak dialami dan disertai rasa nyeri di bagian dada.

Namun, tidak semua gejala penyakit jantung mengalami nyeri dada. Banyak gejala sakit jantung yang terlihat sepele dan biasa dialami, yang perlu diwaspadai.

Gejala penyakit jantung itu sering kali seperti kelelahan dan mual. Hal ini membuat banyak orang tidak menyadari jika ia menderita sakit jantung.

Gejala-gejala tersebut sangat penting diperhatikan untuk lebih menyadari kondisi tubuh. Gejala-gejala penyakit jantung berikut ini paling umum terjadi dan sering kali disepelekan.

KLIK INI:  Jenis Makanan Ini Sehat Bagi Penderita Penyakit Ginjal
# Tubuh sakit tanpa sebab yang jelas

Penyumbatan aliran darah otot jantung yang terjadi karena sakit jantung koroner, membuat jantung bekerja lebih keras.
Kondisi tersebut akan membuat tubuh terasa nyeri.

Tetapi, rasa nyeri yang dirasakan belum tentu timbul di dada. Nyeri biasanya timbul di daerah seperti bahu, tangan, rahang, atau perut.

# Kelelahan

Kelelahan sangat wajar dialami dan biasanya disepelekan. Tetapi jika kelelahan terjadi terus menerus, bisa jadi itu adalah gejala sakit jantung.

Penyakit jantung koroner dan gagal jantung memiliki gejala kelelahan yang terus menerus.

# Banyak berkeringat

Jika banyak berkeringat secara tiba-tiba dan tanpa sebab yang jelas, Anda perlu waspada. Bisa jadi itu adalah gejala sakit jantung. Apalagi jika disertai dengan rasa nyeri di dada.

Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

KLIK INI:  Begini Cara Alami untuk Pengobatan Gusi Bengkak
# Kaki bengkak

Kaki yang bengkak bisa menjadi tanda jika jantung tidak memompa darah dengan sempurna. Akibatnya, darah akan menumpuk di pembuluh darah.

Pada kondisi gagal jantung, ginjal akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkan cairan dan sodium di tubuh.

Hal inilah yang menyebabkan terjadinya pembengkakan.

# Mual dan sakit perut

Dalam beberapa kasus, penderita sakit jantung biasanya merasakan gejala seperti mual, muntah dan sakit perut. Kadang, perempuan lebih sering mengalami gejala ini dibandingkan laki-laki.

Sakit perut bisa saja disebabkan oleh berbagai hal. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi pada orang yang mengalami serangan jantung.

***

Itulah gejala-gejala penyakit jantung yang sering disepelekan. Kenali kondisi tubuh Anda agar terhindar dari penyakit mematikan ini!

KLIK INI:  Musim Mudah Berubah, Begini Cara Lindungi Anak dari Sakit