Sering Diabaikan, Makanan Ini Bisa Sebabkan Masalah Kulit

Publish by -22 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Sering Diabaikan, Makanan Ini Bisa Sebabkan Masalah Kulit
Ilustrasi foto pixabay

Klikhijau.com – Memiliki kulit yang segar dan terlihat awet muda adalah impian banyak orang, apalagi wanita. Tak tanggung-tanggung, perawatan demi perawatan kecantikan pun dilakukan demi mendapatkannya.

Namun, banyak juga yang tidak menyadari bahwa kesehatan kulit berkaitan erat dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Banyak yang justru sering makan makanan yang memicu sumber masalah pada kulit.

Makanan tidak sehat yang dikonsumsi bisa menimbulkan jerawat, komedo, kulit kusam hingga keriput. Makanan tidak sehat itu misalnya makanan tinggi kalori dan gula serta minim kandungan nutrisi.

Beberapa makanan menyebabkan inflamasi dan kerusakan radikal bebas dalam tubuh yang tentu akan berefek pada kulit. Kondisi tersebut bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan sehat saja.

KLIK INI:  Rutin Konsumsi Kacang Mete, Bisa Peroleh Sejuta Manfaat Ini

Berikut makanan yang bisa mengganggu kesehatan kulit.

# Makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti pasta, pizza, kentang goreng dapat memperlambat metabolisme tubuh. Tak hanya menambah berat badan tapi juga dapat memicu tekanan darah tinggi dan meningkatkan kolesterol.

Tekanan darah dan kolesterol tinggi akan membuat kulit menjadi tidak sehat. Hal ini bisa berakibat pada banyak masalah lainnya.

# Konsumsi banyak gula

Menurut ahli gizi Nancy Steely, gula yang mengikat protein dan lemak dalam tubuh akan menciptakan molekul penuaan. Molekul-molekul ini berdampak pada kolagen sehingga membentuk kerutan dan mempengaruhi warna kulit.

Ahli kecantikan holistik Paula Simpson juga menyebut, kadar gula darah tinggi yang konsisten menyebabkan fluktuasi hormon. Hal tersebut dapat merangsang kelenjar minyak berlebih, serta memicu jerawat bermunculan.

# Makanan berminyak

Minyak yang digunakan berulang-ulang terutama pada gorengan membuat minyak dan lemak mudah teroksidasi. Minyak yang masuk ke dalam tubuh lewat makan berminya akan berubah jadi sangat kental dan sulit didetoks oleh tubuh.

Konsumsi gorengan juga membuat produksi kolagen dan elastin lambat sehingga kulit mudah kusam dan kendur.

Selain itu, proses memasak dengan menggunakan suhu panas seperti saat menggoreng makanan dapat memproduksi terjadinya terhidrogenasi lemak. Lemak yang terhidrogenisasi menyebabkan oksidasi asam lemak dan penghancuran nutrisi anti-oksidan.

Hal ini dapat menjadi pemicu produksi radikal bebas akibat proses oksidasi.

# Makanan olahan atau camilan

Terlalu bayak garam dalam keripik atau camilan kemasan lain dapat mengurangi kelembaban kulit. Itu akan membuat wajah tampak lebih pucat dan tak segar.

Tak hanya itu, garam berlebih juga dapat memicu tumbuhnya jerawat di wajah.

Ahli gizi Nancy Steely mengatakan, makanan olahan cenderung memiliki banyak zat aditif dan pengawet. Selain itu, banyak potensi bahan yang mendorong timbulnya peradangan.

Ketika peradangan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, kulit akan terlihat bengkak, merah, dan noda bermunculan.

KLIK INI:  Agar Tetap Fit Berkendara Motor Saat Cuaca Panas, Ikuti Tips Ini!
Editor: Ian Konjo

KLIK Pilihan!